Cara Menjinakan Burung Cucak Ranting Dengan Cepat


    


    Master Kicauan - Hallo sahabat kicau Gimana kabarnya? Oke teman-teman jadi kali ini saya mau berbagi tips cara menjinakkan burung cucak ranting buat teman-teman yang di rumah kebetulan baru saja mengambil burung cucak ranting atau Kebetulan juga di rumah mempunyai burung cucak ranting yang masih giras dan belum jinak silahkan simak artikel ini dan semoga bisa bermanfaat buat kalian untuk menjinakkan burung cucak ranting. ini sebenarnya tidak terlalu sulit ya teman-teman dan pada  kali ini untuk menjinakkannya saya menggunakan cara terapi lapar atau kita menunda memberi makan si burung sampai si burung benar-benar merasakan lapar baru kita berikan makanan.

Nah jadi gimana kita melakukan terapi ini caranya sangat mudah sekali langsung saja kita praktekkan Dan kita mulai step-stepnya pada sore hari sekitar 15.00 sore ketika burung akan beristirahat kita bisa mengambil pakannya dahulu ini bertujuan agar Keesokan paginya si burung merasa benar-benar lapar. 

langkah yang selanjutnya keesokan harinya kita bisa mengeluarkan burung seperti biasa ya pagi-pagi kita keluarkan untuk kita berikan udara yang segar. nah pada saat ini kita jangan langsung memberikan pakan Namun kita bisa menggoda menggoda si burung jadi seakan-akan kita akan memberikan pakan pada tangan kita namun disini saya belum memberikan pakan dan hanya menggoda saja, nah biasanya burung seperti ini terbiasa dikarenakan kita memberikan jangkrik.pada saat ini kita belum memberikan jangkrik dengannya menggoda saja dan ini untuk melatih juga keakraban kita dengan si burung agar kedepannya memiliki hubungan pertemanan yang lebih  kemudian kita biarkan si burung tidak makan sampai 08.00, Nah sambil menunggu 08.00 kita bisa melakukan aktivitas seperti biasa contohnya kita bisa memandikan si burung jika cuacanya memungkinkan. 

Langkah selanjutnya ketika waktu sudah mendekati pukul delapan pagi kita bisa mempersiapkan pakannya untuk cucak ranting sendiri makanan Pokoknya kita bisa menggunakan pisang kepok Kemudian untuk extra fooding nya kita bisa menggunakan jangkrik sebanyak lima ekor. 

langkah selanjutnya tepat pukul 08.00 kita bisa memberikan pakan kepada si burung nah tahap pertama yang kita berikan adalah extra fooding atau jangkriknya dan untuk cara pembeliannya sendiri kita tidak boleh memberikan di dalam cepuk namun langsung kita berikan menggunakan tangan kita dan jangan lupa kita masukkan tangan kita ke dalam sangkar. jadi ini bertujuan untuk membuat kebiasaan kepada si burung ketika kita memberikan ef jangkrik kita bisa langsung memberikan menggunakan tangan kita sekarang seperti ini sangat efektif sekali untuk membuat cucak ranting ini cepat jinak atau beradaptasi dengan lingkungannya. jadi dengan kata lain terapi lapar Ini adalah kita membuat si burung merasa Ketergantungan dengan kita dikarenakan pada saat proses terapi ini kita sama sekali tidak memberikan pakan kepada si burung dan si burung hanya menunggu kita memberikan pakan kepada dia.

Jadi ini salah satu terapi yang sangat efektif sekali untuk menjinakkan burung cucak ranting atau burung yang lainnya juga. kemudian Berapa lama terapi ini kita terapkan untuk batasannya sendiri tidak terbatas jadi semua tergantung dari teman-teman sendiri jika teman-teman sudah menerapkan selama satu minggu dan dirasa burung cucak ranting nya sudah jinak maka kita bisa berhenti melakukan terapi ini dan untuk berikutnya kita bisa melakukan perawatan seperti biasanya. namun untuk kedepannya kita wajib memberikan jangkrik atau ef menggunakan tangan kita ini untuk menjaga si burung agar tetap jinak. setelah kita selesai memberikan extra fooding jangkrik Sekarang saatnya kita masukkan kembali makanan pokoknya yaitu berupa pisang kepok. 

langkah yang terakhir kita bisa angin-anginkan burung di tempat yang teduh ramai dan tidak terlalu tinggi, contohnya kita bisa angin-anginkan burung di teras depan rumah dengan keadaan lalu lalang kendaraan dan juga orang yang banyak. Kemudian untuk ketinggian gantungannya sendiri Kita buat setinggi kepala orang dewasa atau sejajar dengan kepala orang dewasa ini bertujuan untuk membiasakan si burung agar tidak takut ketika ada kendaraan atau orang yang lewat di sekitarnya.

Oke teman-teman jadi seperti itulah ya tips menjinakan burung cucak ranting yaitu kita bisa menggunakan terapi lapar nah buat teman-teman di rumah yang kebetulan punya burung cucak ranting yang masih giras dan mencoba tips ini dan semoga bisa bermanfaat buat teman-teman semuanya. oke teman-teman mungkin segini dulu ya tulisan kali ini, Terima kasih sudah membaca sampai habis sampai jumpa di artikel selanjutnya dan salam kicau mania.