Penjelasan Arti Katuranggan Pada Perkutut



    Master Kicauan - Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh, kembali lagi di Master kicauan yang mudah-mudahan bermanfaat kita semua. kali ini saya akan membahas dan menjelaskan apa itu katuranggan dalam burung perkutut untuk lebih jelasnya, oke teman-teman apa itu artinya katuranggan dalam perkutut katuranggan disebut-sebut memiliki tanda-tanda fisik karakter dan bunyi yang berbeda konon perkutut jenis ini memiliki karakter ghaib yang dapat memberikan faidah serta kebaikan untuk pemiliknya. 

akan tetapi disisi lain ada sebagian burung perkutut yang mempunyai sifat yang malah tidak baik untuk dipelihara. istilah nama katuranggan sebenarnya berasal dari kata bahasa jawa yaitu katurangga yang terdiri dari kata katur " menyampaikan " serta angga yaitu " badan "  jadi arti keseluruhan dari katurangga adalah pengetahuan yang dalam mengartikan bentuk-bentuk badan burung perkutut. 

menurut kepercayaan tradisi masyarakat jawa sejak ratusan tahun yang lalu burung perkutut katuranggan sering disebut burung alam gaib, seseorang yang memelihara burung ini diyakini akan mendapatkan rezeki yang jauh lebih besar, ketentraman, kebahagiaan dan lain-lain. dimana hingga saat ini masih banyak orang-orang yang meyakini hal tersebut untuk bisa mengetahui baik atau buruknya seekor burung perkutut bisa kita lihat melalui katuranggan atau ciri mati bukan berasal dari kata mati berupa ciri fisik misalnya warna bulu, bentuk tubuh, kaki, paruh, serta perilaku atau sifat pada saat manggung yang bisa dijelaskan seperti berikut. 

contohnya perkutut songgo ratu perkutut songgo ratu diyakini sebagai titisan putra raja bali di era majapahit yang melarikan diri dari serangan musuh hingga desa tutul blambangan banyuwangi perkutut songgo ratu memiliki ciri-ciri fisik seperti jambul di kepala yang tampak seperti mahkota berwarna putih, paruh serta kakinya berwarna hitam dan warna bulunya agak kehitaman. songgo ratu dikenal jarang mengeluarkan bunyi karena memiliki yoni yang besar burung ini lebih suka tinggal di tempat sepi dan kuat menahan haus dan lapar hingga beberapa hari. 

konon perkutut jenis ini dapat menangkal ilmu hitam melancarkan rezeki dan meningkatkan kewibawaan bagi pemiliknya, berikut adalah mitos perkutut putih katuranggan perkutut putih bukanlah perkutut biasa tetapi merupakan pusaka yang tidak bisa dimiliki oleh sembarangan orang perkutut putih akan memilih sendiri siapa yang akan menjadi pemiliknya atau tuannya yang biasanya adalah orang-orang pilihan. yoni perkutut putih sangat kuat dan burung perkutut putih ghaib tidak bisa dipikat oleh tukang pikat handal sekalipun pasalnya burung ini bisa hidup di dua alam. kalaupun mau dipelihara burung tersebut akan memberikan beberapa persyaratan namun adapula perkutut putih alam yang memilih calon pemiliknya. 

biasanya burung tersebut akan masuk sendiri ke dalam rumah atau datang melalui mimpi selain itu burung perkutut warna putih ini baru mau dipelihara selanjutnya ada katuranggan pondowo mijil,  katuranggan yang lain teman-teman bisa melihatnya di artikel yang lain. berikutnya saya peringatkan lagi percayalah hanya kepada allah subhanahuwata'ala ini semua semata-mata hanyalah sebuah mitos yang belum pasti kebenarannya jadikan mitos katuranggan burung perkutut yang baik sebagai acuan kita untuk lebih bersemangat menjalani kehidupan kita sehari-hari. 

karena sugesti yang baik dari katuranggan burung perkutut yang tertanam di pikiran kita akan menimbulkan aura yang baik juga buat kita. oke teman-teman terima kasih sudah membaca penjelasan tentang katuranggan ini. mudah-mudahan artikel ini bisa bermanfaat untuk pecinta perkutut nusantara jika ada kata-kata tidak benar atau kurang sopan saya mohon maaf, semuanya kembali lagi dari allah dan jika anda kata saya salah itu semua semata-mata hanya kebodohan dan kelalaian saya sekian salam perkutut lokal alam nusantara salam lestari assalamualaikum warohmatullohi wabarokatuh.