Cara Merawat Cucak Ijo Mini Bahan Dari Ombyokan Agar Cepat Rajin Bunyi




    Master Kicauan - Halo sobat kicau mania gimana kabarnya Semoga sehat selalu,  kali ini saya ingin update perkembangan dari burung cucak ijo mini yang kemarin saya beli dari ombyokan karena banyak sekali dari teman-teman yang menanyakan mengenai perawatan dan juga keadaan burung cucak ijo mini nya yang sekarang. Oke jadi burung cucak ijo mini untuk perawatannya sebenarnya tidak terlalu sulit bisa dikatakan cukup mudah hampir sama dengan perawatan burung yang lain Jadi untuk pola perawatan yang saya terapkan sendiri, Contohnya seperti ini pagi hari kita keluarkan burung tapi di sini juga bebas teman-teman bisa lakukan pengembunan jam lima juga boleh ini saya keluarkan biasanya pukul enam pagi. Kemudian Setelah itu kita ambil pakan dan juga bersihkan air minumnya kemudian air minum kita ganti dengan yang baru setelah air minumnya sudah kita ganti dengan yang baru burung bisa kita gantung. 

jadi proses Pagi ini kita tidak berikan pakan dulu ya teman-teman ini adalah salah satu terapi yaitu terapi lapar jadi burungnya tinggal kita gantung saja dan di dalam sangkarnya kita Sisakan air minum saja. Kemudian burung digantung dan menghadap ke sinar matahari dan proses ini sekalian proses penjemuran, Kemudian untuk proses penjemuran sendiri kita lakukan tidak usah selama yaitu cukup 30 menit saja atau maksimal satu jam. Setelah kita lakukan penjemuran saatnya kita berikan extra fooding untuk menaikan birahinya ada dua yang saya gunakan ada jangkrik dan juga ulat Hongkong, untuk jangkrik sendiri berikan dua ekor yang kecil kemudian kita langsung berikan kepada burungnya ini adalah salah satu terapi untuk menjinakkan burung cucak ijo mini. jadi Setelah dari pagi burungnya tidak kita kasih makan otomatis dia akan merasa lapar dan ketika melihat extra fooding atau jangkrik seperti ini maka dia akan langsung menyambar.

kemudian berikutnya adalah ulat Hongkong untuk ulat Hongkong sendiri kita berikan lima ekor setiap hari untuk memberi hanya cukup teman-teman taruh di dalam cepuk kecil dan sediakan di sangkarnya saja. Kemudian untuk pemberian ulat Hongkong ini kita berikan satu kali ya teman-teman jadi hanya pagi saja dan sore tidak usah, kita berikan lagi cukup pagi saja tapi untuk jangkriknya sore tetap kita berikan jadi untuk pemberian extra fooding nya untuk jangkrik kita berikan pagi 2 ekor dan sore 2 ekor. Kemudian untuk porsi ulat Hongkong nya kita berikan lima ekor dan diberikan pada saat pagi saja sorenya tidak perlu kita berikan lagi. setelah kita berikan extra fooding kemudian selanjutnya tinggal kita masukkan kembali makanan pokoknya yaitu buah pisang untuk pisang sendiri saya biasa kasih bisa kepok. Oke dengan begini perawatannya sudah selesai temen-temen jadi sangat mudah dan simpel sekali. 

tapi saya rasa untuk teman-teman pasti akan banyak sekali bertanya bagaimana untuk Mandinya untuk mandi sendiri tidak saya berikan dikarenakan burungnya sudah cukup mapan dan tidak terlalu giras namun jika burung cucak ijo mini teman-teman itu sangat giras sekali teman-teman bisa lakukan pemandian jadi setelah tadi kita jemur kurang lebih sekitar 15 menit teman-teman bisa angkat burungnya kemudian teman-teman mandikan burungnya sampai basah kuyup. setelah itu teman-teman bisa lakukan penjemuran kembali dan letakkan di atas tanah atau di bawah Jangan digantung ini agar burungnya cepat beradaptasi dengan lingkungannya. jadi perlu diingat teman-teman jika burungnya sangat giras teman-teman bisa berikan mandi pada burungnya tapi jika burungnya kondisinya seperti punya saya jinlat bukan giras ya tidak perlu kita berikan mandi cukup kita lakukan terapi lapar saja kemudian setelah kita berikan extra fooding dan juga buah pisangnya tinggal kita Gantungkan saja atau angin-anginkan di tempat yang ramai. teman-teman bisa gantung di depan rumah di teras rumah atau dimana saja yang penting tempatnya Teduh dan ramai.ini untuk ajakan burung dengan keadaan disekitar dan nantinya ketika burungnya berbunyi tidak akan takut dengan keadaan di sekitarnya misalkan ada motor lewat atau orang lewat burungnya tidak akan takut berbunyi. 

Oke jadi untuk sementara seperti itu teman-teman yang terpenting disini adalah lakukan perawatan secara konsisten untuk kondisi harian sendiri burung Ini sudah mau berbunyi ya Meskipun masih berbunyi semaunya tapi bisa dikatakan cukup rajin teman-teman, contohnya setiap pagi siang atau sore biasanya burungnya sudah mau berkicau dan mengeluarkan sedikit variasinya nanti kedepannya tinggal kita lakukan proses perawatan secara konsisten agar burungnya lebih nyaman dan juga agar lebih gacor lagi. Oke teman-teman mungkin segini dulu dan juga sedikit perawatan tentang burung cucak ijo mini semoga tulisan ini dapat memberikan manfaat edukasi dan juga informasi di teman-teman semuanya sampai jumpa di artikel selanjutnya dan salam kicau mania.