Cara Rawatan Harian Untuk Murai Batu Over Birahi


    Master Kicauan - Halo assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh, sobat Kicaumania dimanapun anda berada mudah-mudahan Kalian semua pada sehat dan saya juga diberikan kesehatan ada dalam lindungan Allah Subhanahu Wa Ta'ala Amin ya Allah ya Rabbal Alamin. nah pada kesempatan ini berjumpa lagi di Master Kicauan yang akan selalu konsisten memberikan seputar perawatan murai batu khususnya untuk para pemula dan yang berdasarkan apa adanya ya sobat Kicaumania. pada kesempatan hari ini saya akan sedikit memberikan pengalaman ataupun cara mengatasi murai batu yang over birahi atau Murai Batu yang galak ya sobat Kicaumania.

    Jadi begini untuk pola rawatan atau mengatasi murai batu yang over birahi murai batu yang galak atau yang cuma merayu ngejar-ngejar, langkah yang pertama yang harus kita lakukan seperti biasa jam lima kita embunkan lanjut kita jemur. Nanti sekitar selama setengah jam juga udah cukup ya Menurut saya bagi burung yang over atau galak, Sehabis itu kita masukkan ke dalam ubaran ya ke dalam kandang umbaran boleh kita umbar seharian mau di sepit Boleh silahkan bertahap sebanyak 150 mau 100 ataupun 200 nggak jadi masalah itu di dalam umbaran. sediakan bak mandi air minum ataupun pur nya disediakan nah sorenya pun baru kita angkat, baru kita kita krodong kita masukkan kedalam rumah.

    Untuk pola settingan jangkriknya bisa disesuaikan kalau menurut versi saya bisa dikasih dulu itu sebanyak pagi 7 ekor sorenya pun 7 ekor tanpa ekstra puding lain. diusahakan pemberian extra fooding ini kita memakai poor yang standar ya jangan yang berprotein tinggi karena burung kondisi OB. dilanjut pola rawatan untuk harian kita bisa memberikan cacing sebanyak dua ekor seminggu dua kali yang mau di hari Senin dan Kamis mau di hari apa aja. mau pagi ataupun sore tergantung bisanya kalian sesuaikan dengan waktu luangnya kalian bisa memberikan Ya.

    Lanjut lagi burungnya Jangan sampai kita trek dulu atau dilihatkan sejenis murai batu selama proses penyembuhan atau pemulihan. jika dalam kondisi ada hujan boleh kita hujan kan selama 15-30 menit ya sobat Kicaumania boleh di kandang bulat boleh di kandang umbaran kita hujan kan tujuannya biasanya pengalaman saya pribadi dahulu Kalau menghujankan burung itu burungnya merasa senang membangkitkan lagi gairah Fighter dan tempurnya dan menyetabilkan birahinya, burung itu merasa senang riang secara tidak langsung merasa kayak di alam liarnya ya sobat Kicaumania.

  Sehabis dihujankan lanjut kita mandikan di keramba yang untuk membilas atau membersihkan air hujan ya air yang tadi hujan tadi kalaupun mau mandi kau tidak yang nggak jadi masalah kita angin angin habis di angin-angin terus kita krodong boleh krodong kalau ngak boleh buka di dalam rumah dibuka untuk hariannya burung seperti itu burung galak OB apa banyak dikerodong apa boleh dikerodong, sebenernya tidak jadi masalah yang lebih bagus sih dibuka aja tapi berlakunya hanya di siang hari ya untuk pemberian multivitamin lain-lain itu disesuaikan ataupun tergantung si perawatnya masing-masing ya.

    Kalau saya tidak pernah memberikan apa-apa hanya memberikan air biasa saja walaupun kondisinya burungnya kondisinya lagi Ob atau lagi birahi Ayo kita jangan lupa ya tetap yang namanya menjemur itu harus dan wajib walaupun cuman 15/30 menit ya. biar burungnya sehat intinya seperti itu aja jangan dulu di tempel-tempel kan dengan masteran kalau bisa diasingkan dulu disendirikan Ya intinya dijauhkan dulu dari mesteranya difokuskan rawatannya sampai bener burung-burung ini sampai benar burung ini pulih dan on kembali. nah seperti itu ya seperti cuman ya biasanya kalau kita konsisten sabar dan bener-bener memperlakukan atau merawatnya dengan baik nggak perlu waktu lama sih ya biasanya hampir paling dua minggu juga Insyaallah sudah kelihatan berubah dan insya Allah sih udah maksimal. yang terpenting kita jangan memberikan EF tambahan dulu buru-buru sifatnya memancing birahi burung itu sendiri ya, tapi yaitu ya Sekali lagi yang saya harus tegaskan kita harus tahu dulu antara burungnya ini memang bener-bener birahi apa kurang birahi, Apa memang over emosi jadi agar tidak salah menangani sebagai penangannya.

    Seperti itu ciri-ciri yang berikut itu kan sudah saya buatkan di tlisan yang sebelumnya tinggal kita simak baik-baik kita pelajarin aja yang mana yang birahi mana yang over emosi mana. yang over birahi dan mana yang kurang birahi seperti penangannya jadi untuk merawat murai batu seperti itu kita harus tahu dulu karakter tingkah laku kesehariannya Seperti apa terus ketika berjumpa lawan Seperti apa ya baru dari situ kita bisa menyimpulkan atau bisa mengambil tindakan ya untuk kita perbaikin intinya seperti itu aja mungkin saya juga tidak bisa terlalu banyak membahasnya Insyaallah sini lain waktu di Lain kali kita kesempatan. kalau memang saya sudah merasa baikan badannya merasa enak udah Fit Solo Saya bahas kembali. intinya seperti itu aja dulu pola rawatan nya untuk jangkriknya bisa mau di 55 silakan Mau di 77 pagi sore Silakan untuk pola mandinya itu yang saya tadi bilang kalau bisa biarkan semaunya ya ikutin karakter burungnya itu sendiri taruh di umbaran seharian sediakan bak mandi biarkan dia mandi sepuasnya semaunya kapanpun dia mandi. diberikan cacing seminggu dua kali yaitu dua ekor ada cukup mau pagi maupun sore ya sobat Kicaumania pakai poor standar tidak pakai extra puding lain tidak pakai embel-embel yang lain. 

    Kalau memang ada hujan kalau memang umbarannya kena hujan ya dihujankan lebih bagus penggunaannya sangat wajib dibentuk mandi malam saya tidak merekomendasikan atau tidak hingga menyuruh yah intinya mandi yang lebih bagus sore 05.00 itu lebih bagus tujuannya nanti untuk menyetabilkan burung itu sendiri artian menyetabilkan birahinya agar tidak naik turun yang tadinya gacor agar bisa bertahan ya sobat kicaumania seperti itu ya. mungkin itu aja yang bisa saya sampaikan mohon maaf atas kurang lebihnya Insya Allah ya sebagai barokah yang manfaat untuk semua Mungkin itu aja berjumpa lagi bersama saya di perawatan murai batu yang akan datang Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.