Cara Membedakan Ciblek Gunung Jantan dan Betina di Ombyokan Dengan Mudah

    

    Master Kicauan - Halo sobat kicau Gimana kabarnya Semoga sehat selalu, kali ini saya ingin berbagi tips cara membedakan burung cigun atau burung ciblek gunung jantan dan betina buat teman-teman kicau yang mungkin sedang bingung atau masih belum bisa membedakan burung cigun jantan dan betina. maka teman-teman bisa simak artikel ini untuk referensi kepada teman-teman semuanya yang mungkin ingin membeli burung cigun di ombyokan agar nantinya tidak bingung dan dapat membedakan jantan dan betinanya. 

namun perlu diingat untuk tips yang akan saya bagikan kali ini hanya berlaku untuk burung cigun yang sudah dewasa bukan burung cigun yang masih anakan atau yang usianya masih muda, jadi untuk membedakan burung cigun jantan dan betina usia dewasa itu gampang-gampang susah. gampang jika burung tersebut ada beberapa ekor sebagai perbandingannya namun akan susah bila burung tersebut hanya terdapat satu ekor dan tidak ada perbandingannya. namun tidak perlu khawatir setelah teman-teman melihat artikel ini saya yakin teman-teman dapat membedakan burung cigun jantan dan betina yang sudah dewasa. Berikut ini adalah perbedaan burung cigun jantan dan betina dan di sini teman-teman bisa lihat terdapat dua ekor burung ciblek gunung dan ini adalah jantan dan betina.

    Sekarang kita akan coba lihat perbedaannya untuk yang betina dulu dan di sini teman-teman bisa lihat ini adalah burung ciblek gunung betina. untuk betina sendiri sangat jauh berbeda dengan yang jantan terutama kita lihat dulu pada postur tubuhnya, untuk burung ciblek gunung betina Dia memiliki postur tubuh yang agak kecil kemudian tidak terlalu panjang atau pendek dan juga memiliki dada yang tidak terlalu besar atau dadanya terlihat kecil dan perbedaan ini sangat terlihat sekali jika terdapat beberapa burung cigun. berikutnya kita lihat dari warna bulu untuk burung cigun betina warna bulunya terlihat lebih terang dan tidak terlalu gelap, terutama warna punggungnya warna coklatnya tidak terlalu gelap dan cenderung berwarna terang. perbedaan berikutnya terdapat pada bulu di atas kepalanya untuk cigun betina bulu atas kepalanya tidak terdapat banyak garis-garis hitam jadi untuk garis-garisnya hanya terdapat sedikit warnanya cenderung terang dan juga tidak terlihat jelas. dan perbedaan berikutnya lagi ada pada bagian warna bulu dada, untuk betina cenderung lebih banyak warna coklatnya dibandingkan dengan warna putihnya dan menyelimuti hampir di semua bagian dadanya. perbedaan berikutnya adalah dari segi paruh untuk paruh sendiri untuk burung cigun betina memiliki paruh yang pendek dan juga kecil dan perbedaan yang sangat jelas adalah dari segi warnanya. untuk burung cigun betina paruh atasnya cenderung berwarna coklat bukan hitam dan untuk paruh bawah sendiri didominasi oleh warna putih sedikit kemerahan. Jadi kesimpulannya untuk warna paruh sendiri didominasi oleh warna coklat terang dan juga perpaduan warna putih dan tidak terdapat warna hitam. 


    untuk tampilan yang jantan sendiri kurang lebih seperti ini, tampilannya jauh berbeda dengan yang betina terutama dari postur sendiri untuk bodinya terlihat sangat besar panjang dan memiliki dada yang bidang atau yang lebar. kemudian kita lihat lagi untuk bulu di bagian punggung untuk yang jantan warna coklat di bagian punggungnya cenderung lebih gelap atau berwarna abu-abu gelap. berikutnya kita lihat lagi pada bagian bulu atas kepalanya untuk burung Cigun jantan bulu atas kepalanya berwarna lebih gelap dan juga lebih tajam Kemudian untuk garis-garis di atas kepala juga lebih banyak dibandingkan dengan yang betina dan warna garisnya juga lebih hitam lebih tajam sama sekali tidak pudar atau terlihat terang. berikutnya lagi kita lihat pada bagian paruh untuk paruh sendiri untuk burung cigun jantan memiliki paruh yang besar panjang dan kemudian warnanya sendiri sangat hitam sekali kurang lebih seperti ini teman-teman. bisa amati terutama pada bagian paruh atasnya terlihat lebih gelap dan juga lebih hitam kemudian, kalau untuk paruh bawah sendiri hampir sama seperti yang betina yaitu berwarna putih sedikit kemerahan. kemudian kita lihat lagi pada bagian dadanya untuk burung cigun jantan warna bulu dadanya cenderung didominasi oleh warna putih atau warna yang terang Sedangkan untuk yang betina tadi berwarna kecoklatan dan bulunya ini juga lebih tebal lebih banyak. kemudian lebih halus dibandingkan dengan yang betina dan secara keseluruhan warnanya lebih terang atau lebih putih. 

    Oke sekarang kita akan bandingkan secara langsung antara jantan dan juga betinanya dan jika kita lihat langsung antara jantan dan betina kurang lebih tampilannya seperti ini jadi untuk tampilannya sendiri sudah jauh berbeda terutama dari segi postur yang jantan lebih besar. berikutnya untuk bagian punggung sendiri juga jauh berbeda bisa diamati untuk Ya jantan memiliki warna bulu yang lebih hitam lebih gelap, Sedangkan untuk yang betina sendiri warna punggungnya jauh lebih terang dan sedikit kecoklatan. berikutnya untuk warna bulu di atas kepalanya juga sangat berbeda sekali untuk yang jantan memiliki warna bulu di atas kepala yang terdapat banyak sekali garis-garis hitam dan terlihat lebih gelap dan juga lebih tajam dan perbedaan berikutnya kita lihat pada bagian bulu dadanya bisa dilihat untuk yang jantan memiliki warna bulu dada yang jauh lebih putih dibandingkan dengan yang betina. sedangkan betina sendiri memiliki warna bulu dada yang cenderung kecoklatan dan untuk warna putih sendiri hanya sedikit sekali berikutnya kita lihat pada bagian paruh. untuk Perbedaannya sangat jauh sekali yang jantan memiliki paruh yang lebih besar lebih panjang dan warnanya jauh lebih hitam dan juga lebih tajam.

Nah jadi kurang lebih seperti itulah perbedaan burung cigun jantan dan betina yang usia dewasa jadi buat teman-teman yang mungkin ingin memilih burung cigun jantan di ombyokan teman-teman bisa gunakan patokan atau poin berikut ini yang pertama kita lihat dari posturnya, Yang kedua kita lihat dari warna bulunya baik warna punggung maupun dadanya, yang ketiga kita lihat garis-garis di atas kepalanya, dan yang terakhir kita lihat pada bagian warna paruhnya. jadi 4 poin tersebut sudah sangat cukup sekali untuk membedakan burung cigun jantan dan betina usia dewasa dengan catatan ketika teman-teman memilih di ombyokan terdapat cukup banyak burung cigun atau beberapa ekor agar nanti teman-teman tidak bingung dan dapat membedakannya dengan mudah dikarenakan ada perbandingannya.

Oke teman-teman jadi kurang lebih seperti itulah cara membedakan burung cigun atau ciblek gunung jantan dan betina. untuk (merawat cigun klik) semoga artikel ini dapat memberikan manfaat edukasi dan juga informasi untuk teman-teman semuanya sampai jumpa di artikel selanjutnya dan salam kicau mania.