Tuah Dan Ciri Mathi Perkutut Katuranggan Satrio Pemanah



    Master Kicauan - assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh selamat pagi menjelang siang minta maaf juga buat para sahabat pecinta burung perkutut lokal juga buat suhu-suhu yang ada di indonesia disini, ane akan mencoba memperkenalkan perkutut saya ini perkutut ini memiliki ciri mati atau katuranggan yaitu satrio pemanah. 

satria permanah sendiri itu kalau kita ambil dari kaidah jawa pandawa lima kalau ekornya 15 namanya kan pandawa mijil kalau ekornya 13 namanya satria pemanah itu kalau kaidah dari pandawa sendiri, yang tengah-tengah itu terkenal dengan panahnya arjuna yang namanya arjuna itu terkenal dengan perawakan gagah, tampan, budi pekerti luhur dan banyak dikasihi atau dicintai. 

seperti juga perkutut satrio pemanah ini memiliki tuah ya dipercaya tidak dipercaya yaitu sebagai pengasihan istilahnya. ciri mati satria pemanah ini ekornya berjumlah 13 namun pada perkutut saja ini ada keunikannya lagi yaitu dari bagian kepalanya ini ada agak tidak rapi seperti menjambul tapi bukan satria pinayungan, bukan juga songgo ratu ini hanya spesifik saja. 

maaf perkutut saya ini umurnya sebenarnya gak terlalu tua baru berusia tiga tahunan dia belum bisa manggung namun kalau dari kicauan agak berbeda dengan burung lainnya.

ada suara kuatnya sedikit nah kembali lagi ke katuranggan satria pemanah karena yang akan kita bahas pada kali ini adalah katuranggan satria pemanah dalam primbon jawa dikatakan juga sebagai pengasihan seperti yang saya katakan tadi ya. 

namanya pengasihan ketika ingin dikasihi kayak gitu tapi itu masih percaya tidak percaya namun ketika seorang pecinta perkutut lokal khususnya katuranggan pasti memiliki keunikan. budaya itu yaitu satria pemanah sebagai penutup ahli pengasihan nah seperti itu untuk perkutut saya sendiri ini lebih jelasnya ciri khas atau ciri mati saja. 

memanah bisa saya tunjukkan untuk sahaba para suhu terima kasih, akan saya tunjukkan ciri mati katuranggan dari perkutut selain itu satria pemanah. oke akan saya tunjukkan ciri mati dari perkutut saya satrio pemanah namun buat perkutut yang satu ini memiliki ciri khusus yang berbeda identiknya yaitu di kepala ini ya. 

dengan kepalanya ini agak jambul tapi ini bukan songo ratu ataupun juga bukan satrio pinayungan. perkutut pinayungan bulu putih satu kepala, kalau songgo ratu cenderung satu bulu naik ke atas tapi satu bulu ya bukan banayak nya tapi kalau ini enggak ini cuman variasi saja sebenarnya. 

oke terima kasih sedikit penjelasan burung perkutut katuranggan satrio pamanah sekali lagi ini bukan burung peliharaan atau tangkaran ini adalah burung liar yang saya pelihara seperti itu ya, oke salam burung perkutut lokal terima kasih wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh