Cara Ampuh Menurunkan Over Birahi Pada Burung Kenari




    Master Kicauan - Halo sahabat kicau mania apakabar semua kali ini gw mau membahas tentang OB pada burung kenari. dimana Keinginan berlebihan pada burung adalah suatu kondisi di mana tingkat keinginan atau ob pada burung tidak stabil atau tidak terkendali. 

yang berakibat pada penurunan performa, terutama pada burung-burung yang dilombakan. Over birahi (OB) bisa di alami oleh semua jenis burung kicau termasuk burung Kenari. 

Kondisi over birahi pada Kenari lomba memang sangat mengganggu, karena burung cenderung akan mengalami penurunan performa yang drastis saat dilombakan. 

Suara kicauannya tidak bisa maksimal, karena Kenari menjadi nakal dan agresif, ngeruji, dan sering turun ke dasar sangkar, bahkan ada yang sampai bertingkah mengejar-ngejar juri sambil mengepak-ngepakkan sayap dengan suara nyericit. 

Dengan kondisi seperti itu, tentunya Kenari tersebut tidak akan mendapatkan nilai yang bagus dari juri. Cara menurunkan birahi kenari bisa dilakukan dengan beberapa cara berikut ini: 

Kurangi atau hentikan sebentar pemberian Extra Fooding yang mungkin dapat membangkitkan ob Kenari. seperti telur puyuh rebus, kroto, dan buah apel. 

Berhenti sejenak memberikan makanan biji-bijian yang mampu menghangatkan tubuh burung kenari dan meningkatkan birahinya, misalnya biji niger seed hingga kondisinya kembali normal seperti sedia kala. 

Berikan sayur-sayuran hijau seperti selada dan sawi. Berikan mentimun setiap hari untuk menurunkan birahi Kenari sampai kondisi birahinya normal kembali. 

Frekuensi mandi ditambah, misal kebiasaan Kenari setiap hari dimandikan sekali, ditambah menjadi dua kali setiap hari. 

Durasi penjemuran dikurangi, misal, biasanya Kenari dijemur tiap hari selama dua jam, dikurangi menjadi satu jam saja. 

Kawinkan Kenari jika kondisi over birahinya sudah terlalu parah, caranya dengan kawin cabut. Masukkan Kenari jantan ke dalam kandang Kenari betina yang sudah siap kawin, pantau sampai Kenari jantan mengawini Kenari betina beberapa kali. 

Setelah Kenari jantan selesai mengawini Kenari betina, segera pisahkan lagi keduanya. Jauhkan keduanya, jangan sampai Kenari jantan melihat atau mendengar suara Kenari betina, karena akan memicu kembali birahinya. 

Lihat kondisi Kenari jantan keesokan harinya, jika kondisi birahinya masih belum stabil, ulangi lagi proses kawin cabut tersebut sampai kondisi birahi Kenari jantan normal kembali.

itu sedikit penjelasan dan penanganan burung kenari yang bisa gw sampaikan sama sahabat kicau mania, apa bila ada pertanyaan langsung kirim saja melalui form yang sudah di sediakan. terimakasih salam kicau mania.