Filosofi Dan Tuah Perkutut Katuranggan Badranaya / Bodronoyo

  



    Master Kicauan - Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh, Selamat datang kembali kali ini kita membahas perkutut katuranggan bodronoyo. katuranggan berasal dari kata katur dan Angga katur disini berarti menyampaikan dan Angga berarti badan jadi katuranggan adalah pengetahuan yang menyampaikan pengertian tentang bentuk-bentuk badan. sedangkan bahasa Belanda istilah katuranggan ini dikenal dengan sebutan eksterior atau bentuk lahiriyah bagian badan yang nampak di luar, menghubung-hubungkan katuranggan burung dengan kualitas burung mungkin sudah menjadi tradisi penggemar burung di Indonesia tidak terkecuali burung perkutut. bagi penggemar burung perkutut pemilihan katuranggan ini menjadi satu hal yang sangat penting selain bunyi suara tentunya sewaktu memilih burung perkutut bakalan untuk dijadikan burung kesayangannya.

sebab hanya dengan mengetahui katuranggan dari burung tersebut pemiliknya bisa meramalkan Bagaimana kualitas burung, katuranggan adalah ilmu tentang sifat suatu benda manusia hewan berdasarkan penampakan fisiknya bukan sepenuhnya hal mistis karena katuranggan itu masuk dalam jajaran ilmu Titen alias ilmu yang diperoleh berdasar pengamatan terhadap sekelompok orang dengan kriteria tertentu. semacam survei begitu ciri mati perkutut bodronoyo dan pamornya misteri dan Tuah perkutut bodronoyo seperti sudah kita ketahui bersama bahwa ada banyak sekali jenis perkutut katuranggan, di dalam setiap perkutut katuranggan tersebut menyimpan filosofi dan bahkan banyak yang percaya memiliki Tuah dan Yoni. 

salah satu katuranggan yang unik adalah perkutut katuranggan bodronoyo dari namanya sudah unik yaitu bodronoyo yang sama dengan salah satu tokoh wayang yang bijaksana yaitu Semar bodronoyo, jika diartikan sesuai dengan tokoh wayang tersebut maka bodronoyo memiliki arti sebagai utusan dari Tuhan untuk membangun kesejahteraan manusia. nah kenapa perkutut ini disebut bodronoyo karena perkutut ini selalu mendongak keatas, berbicara tentang perkutut katuranggan penamaannya bisa didasarkan pada ules bulu, bentuk tubuh dan anggungan. namun katuranggan burung perkutut juga bisa ditinjau dari sifat kelakuan contohnya katuranggan badranaya, katuranggan Jagabaya, perkutut katuranggan Lurah dan lain-lain. 

maka dari itu ciri mati perkutut bodronoyo ini adalah kepala selalu mendongak keatas sedangkan jika perkutut selalu menunduk sering disebut dengan perkutut katuranggan noroyono Sebenarnya ada beberapa jenis perkutut yang namanya berhubungan dengan nama Wayang seperti perkutut pendowo mijil, perkutut wisnumurti, perkutut noroyono dan lain sebagainya. mitos memelihara perkutut bodronoyo selalu ada mitos maupun mistis yang mengiringi perkutut katuranggan demikian halnya dengan perkutut bodronoyo ada beberapa mitos yang diyakini kebenarannya oleh beberapa pecinta perkutut. mitos memelihara burung katuranggan bodronoyo akan mendapatkan kedamaian ketentraman dan akan terkabul yang menjadi cita-citanya, biasanya orang yang memiliki burung katuranggan bodronoyo memiliki sifat Welas Asih yang tinggi serta suka mempelajari hal-hal yang gaib sesuai dengan namanya yang berhubungan dengan Semar bodronoyo. maka pemilik perkutut ini sering dihubungkan dengan suasana damai tenang bijaksana karena memang tokoh wayang Semar sendiri merupakan sosok yang bijaksana. filosofi perkutut bodronoyo Jika dilihat dari bahasanya bodronoyo memang memiliki banyak Padanan kata seperti misalnya bodro atau badra itu memiliki nama lainnya basanta Candra Kirana sasadara, si Tengo Soma Rembulan Dan yang dalam bahasa Indonesia artinya adalah bulan.

sedangkan memiliki nama lain liring jaswa Nitya sedangkan arti bahasa Indonesianya adalah memandang jati diri sini bisa ditarik arti bahwa badranaya bisa diartikan sebagai memandang bulan. filosofinya adalah bahwa makna tersirat dari perkutut bodronoyo itu adalah diharapkan caranya selalu bisa mengingat dan menghormati jasa orang yang sudah memberikan kasih sayang yang tanpa mengharapkan suatu imbalan atau ada beberapa yang menafsirkan bahwa dalam hidup kita harus bisa menjadi bulan atau setidaknya berusaha menjadi bulan-bulan selalu memberi kehangatan di tengah Dinginnya malam tanpa meminta imbalan, selalu memberi penerangan di tengah kegelapan malam tanpa meminta balasan jika kita bisa menjalani hidup seperti itu maka akan membawa kita menuju kedamaian jiwa ketenangan dan kebijakan. maka dari itu sebisa mungkin kita harus bisa menarik kesimpulan atau mendapatkan hikmah dalam memelihara perkutut katuranggan. 

karena leluhur kita sudah begitu bijak dan cerdas dalam menyelipkan pesan kehidupan di dalam setiap perkutut katuranggan baik Itulah katuranggan perkutut yang baik dipelihara yang akan mendatangkan banyak rezeki, kewibawaan, kebahagiaan, ketenangan, keselamatan. jadi memberikan kesan Wibawa untuk pemiliknya dan ini hanyalah lantaran untuk di dunia semuanya kita kembalikan kepada Tuhan Yang Maha Esa Allah subhanahuwata'ala sang Maha kaya, Maha mengatur dan dengan mudah membolak-balikkan kehidupan kita. untuk burung perkutut sebaiknya jangan terlalu bergantung kepadanya karena bagaimanapun juga semuanya tetap berasal dari Tuhan Yang Maha Esa seperti jika ada tuah perkutut katuranggan ada baiknya itu dijadikan sebagai sugesti positif di alam bawah sadar kita, untuk menjadi lebih baik dengan demikian maka kita akan menjadi lebih semangat dalam menjalani hidup apalagi terkait rezeki maka kita akan lebih semangat lagi dalam bekerja mencari rezeki yang halal .

 semoga ulasan diatas bisa menambah Khazanah pengetahuan kita terkait dengan perkutut katuranggan doakan admin tetap sehat dan lancar rezeki agar bisa tetap berbagi pengetahuan mengenai perkutut katuranggan. Oh iya jika ada kekurangan dalam ulasan kami mohon maaf dengan melalui kolom kontak untuk saling berbagi semoga artikel ini bermanfaat,tentang burung perkutut lokal katuranggan untuk kalian sahabat-sahabat master kicauan tetap semangat dan jangan lupa bahagia hari ini sukses dan jaya selalu Salam Satu hobi Cukup sekian wasalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.