Filosofi Dan Tuah Perkutut Katuranggan Noroyono



    Master Kicauan - Assalamualaikum Rahayu salam sejahtera Pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang makna dan Tuah perkutut katuranggan noroyono, perkutut katuranggan noroyono memiliki ciri khusus pada kepalanya yang selalu menunduk kebawah dan memiliki pembawaan yang tenang. perkutut ini termasuk jenis katuranggan yang cukup langka dan dipercaya memiliki Tuah yang baik untuk menambah kewibawaan dan Kharisma pemiliknya. perkutut katuranggan noroyono termasuk pemilih dan lebih cocok dipelihara oleh seorang pemimpin. 

Noroyono adalah nama lain dari Krisna yang memiliki makna perlindungan dan pengayoman bagi semua orang, perkutut katuranggan merupakan pesan atau pejalan tersirat untuk para pemimpin agar dapat meniru kepemimpinan Kresna yang bisa melindungi dan mengayomi serta selalu bersikap rendah hati, yang digambarkan dengan kepalanya selalu menunduk. dari filosofi yang tersirat tersebut dapat diambil pelajaran agar dalam menjalani kehidupan ini hendaknya kita selalu bersikap rendah hati dalam menyikapi segala hal selalu menunduk ke bawah juga merupakan perlambang agar kita senantiasa belajar dari sifat bumi atau tanah yang merupakan salah satu sifat dari Krisna atau Batara Wisnu. 

watak Batara Wisnu digambarkan sebagai karakter bumi yang memiliki sifat kaya akan segalanya dan suka berdarma, Pemimpin yang memiliki sifat bumi adalah seseorang yang memiliki sifat Kaya hati. dalam terminologi Jawa baik hati disebut sodrono Ati Jembar legowo dan lembah Mana Itulah sifat bumi yang rela menghidupi dan menjadi sumber penghidupan bagi seluruh makhluk hidup di bumi. secara alamiah juga berwatak melayani segala yang hidup bumi dengan unsur tanahnya memiliki sifat dingin tidak kagetan dan tidak gumunan Tapi sebaliknya bersifat Luwes atau fleksibel mudah beradaptasi dengan tanpa harus mengubah bagian-bagian penyusun tanah dengan cara, bentuk, atau bentuk apa pun. 

maknanya sekalipun seseorang bersifat mudah beradaptasi atau fleksibel tetapi tidak mudah dihasut dan tidak mudah diprovokasi karena selalu berbekal ketenangan pikiran kebersihan hati dan kejernihan batin. dalam menghadapi berbagai macam persoalan dan perubahan bumi juga selalu menempatkan dirinya di bawah menjadi alasan atau pijakan bagi seluruh makhluk, artinya seseorang yang memiliki sifat bumi akan bersifat rendah hati Namun mampu menjadi tumpuan dan harapan untuk banyak orang sifat tanah juga berlawanan dengan sifat negatif api makanya tanahlah yang memiliki kemampuan efektif untuk memadamkan api atau Nar, mewakili sifat ke-aku-an yang sehingga adalah sifat iblis yaitu sifat negatif dan hawa nafsu dalam diri manusia, seseorang yang memiliki sifat bumi atau tanah ia tidak akan lepas kendali dan mengikuti sifat-sifat api atau sifat iblis bumi, memiliki prinsip keseimbangan dan pola-pola hubungan yang harmonis serta Sinergi dengan kekuatan apapun Namun demikian pada saat tertentu bumi juga dapat berubah karakter menjadi tegas lugas dan berwibawa.

bumi dapat melintas kekuatan apapun yang bertentangan dengan hukum-hukum keseimbangan alam seseorang yang memiliki watak bumi, juga bersikap sangat tegas dan mampu menunjukkan wibawanya di hadapan para musuh lawan-lawan yang akan mencelakai dirinya akan tetapi bumi tidak pernah melakukan tindakan indisipliner yang bersifat aksi onar dan sepihak karena ketegasan bumi merupakan bentuk akibat atau reaksi atas segala perilaku dis harmoni terhadap dirinya tindakan tegas berkomentar wujud disimbolkan dengan katuranggan wisnumurti sifat-sifat bumi tersebut hendaknya dimiliki oleh seorang pemimpin Karena sifat-sifat itulah yang bisa mengantarkannya menjadi sosok pemimpin yang diharapkan. 

konteksnya adalah Bagi siapapun yang ingin menjadi pemimpin hendaknya dia bisa meniru kepemimpinan Kresna itulah filosofi dari perkutut katuranggan noroyono yang bisa dijadikan sebagai tuntunan itu terutama bagi para pemimpin. perkutut katuranggan noroyono dipercaya memiliki dua untuk menambah kewibawaan pengayoman dan kekuasaan sehingga orang yang memelihara perkutut ini akan di hormati oleh banyak orang memiliki kehidupan yang tenteram dan bisa mencapai kedudukan tinggi.

demikian sedikit informasi tentang makna filosfi dan tuah perkutut katuranggan noroyono yang dapat saya sampaikan pada tulisan kali ini semoga bermanfaat terima kasih assalamualaikum Rahayu salam sejahtera.