Filosofi Dan Tuah Perkutut Katuranggan Rondo Semoyo Atau Rondo Tunggu Dunyo

    



    Master Kicauan -  Halo assalamualaikum Rahayu salam sejahtera, Pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang filosofi dan Tuah perkutut katuranggan rondo semoyo atau rondo tunggu dunyo.

dari zaman dahulu hingga sekarang burung perkutut lokal selalu dikaitkan dengan hal-hal gaib atau hal-hal yang berbau mistis, burung perkutut lokal yang memiliki ciri mati atau katuranggan dipercaya dapat membawa pengaruh bagi kehidupan orang yang memeliharanya.

ada yang dapat membawa pengaruh positif dan ada juga yang dapat membawa pengaruh negatif, tergantung dari jenis katurangganya dan juga kecocokan dengan pemiliknya. 

ada banyak sekali jenis katuranggan burung perkutut yang masing-masing memiliki filosofi dan tuah yang berbeda-beda, ada yang dipercaya dapat membawa pengaruh baik bagi pemiliknya dan ada juga yang dapat membawa pengaruh buruk. 

salah satu katuranggan perkutut yang dinilai baik untuk dipelihara adalah katuranggan rondo semoyo atau rondo tunggu dunyo, yang memiliki ciri khusus pada bagian selaput kulit disekitar matanya yang berwarna kekuningan.

rondo adalah bahasa Jawa yang artinya janda dan tunggu artinya menunggui atau menjaga dan dunyo artinya harta atau kekayaan. jadi rondo tunggu dunyo dapat diartikan janda yang menunggui harta atau janda yang banyak harta.

perkutut katuranggan rondo semoyo atau rondo tunggu dunyo dipercaya memiliki Tuah untuk kelancaran rezeki sangat baik di pelihara. dan untuk mengumpulkan kekayaan berikut ini cocok dipelihara oleh para pedagang atau pengusaha. 

tapi sebetulnya filosofi dan makna atau pesan tersirat dari katuranggan rondo tunggu dunyo yaitu agar pemiliknya bisa menjaga dan menyimpan harta Bendanya dengan baik agar dimasa tua yang diibaratkan dengan rondo atau masa-masa kesendirian bisa hidup tenang dan berkecukupan. 

yang disimbolkan dengan tunggu dunyo yang artinya menunggu harta atau penyerta hari tua dari perkutut katuranggan rondo semoyo atau rondo tunggu dunyo adalah untuk kelancaran rezeki,agar pemiliknya dapat menumpuk dan menyimpan hartanya sehingga dapat hidup bahagia sampai tua. 

demikian sedikit informasi tentang filosofi dan tuah perkutut katuranggan  rondo semoyo atau cukup sekian yang dapat saya sampaikan pada tulisan kali ini semoga bermanfaat, terima kasih assalamualaikum Rahayu salam sejahtera.