Filosofi Dan Tuah Perkutut Katuranggan Banyu Mili


 

    Master Kicauan - Harus digaris kebawahi yang diharapkan kepada pemilik untuk selalu ingat kepada Tuhan sang pencipta untuk memberikan sugesti pada diri kita. Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh  Rahayu salam sejahtera bagi sobatku semuanya, Oke sobat untuk pembahasan kali ini adalah perkutut katuranggan banyumili filosofi dan makna sebenarnya. 

sobat perkutut katuranggan  memang memiliki banyak keunikan tidak saja unik sobat bahkan pada beberapa masyarakat yang percaya perkutut katuranggan memiliki daya mistis atau Tuah, Tuah perkutut Banyu Mili ini banyak juga diakui oleh pecinta perkutut. Oh ya sobat perkutut Banyu Mili dan perkutut   Udan Mas keduanya mirip tapi beda sobat.

ciri-ciri  perkutut katuranggan banyu mili yaitu pada bagian leher depan sampai pangkal ekor terbelah yaitu ada  belahan seperti garis kebawah yang nampak jelas, perkutut katuranggan banyu mili berasal  dari bahasa Jawa yang artinya air yang mengalir. Tuah dan mitos terdahulu terdapat anggapan dan sugesti bahwa setiap pemilik perkutut katuranggan Banyu mili rezekinya mengalir deras seperti air yang mengalir, akan tetapi ada makna yang sesungguhnya bagi pemilik katuranggan banyu mili yaitu : 

yang pertama adalah sesuai dengan sifat air yang tenang akan tetapi tetap mengalir. dan mengalir sifat ketenangan ada modal utama dalam pembelajaran hidup membuang semua pikiran-pikiran buruk dan negatif hingga melatih untuk selalu menghadapi ujian cobaan di dunia.ketika manusia dapat mengolah pikirannya seketika itu juga dapat mengatasi segala hal yang terjadi di dunia layaknya Banyu mili sumber air yang mengalir berkelok-kelok namun tetap pada alirannya. ketenangan adalah simbol pertama dari bentuk banyu mili. 

yang kedua  sifat dari air yang selalu mengalir dari atas ke bawah sobat yang mengisyaratkan bahwa hendaklah kamu seperti air yang mengalir dan setiap aliran yang kamu lalui bisa  dapat membawa manfaat lagi disekitarnya. makna lebih dalam lagi mengajarkan manusia untuk selalu rendah hati dengan sesama dalam hal ini  memberikan arti setiap tutur atau bicara dan tingkah pola dari laku manusia harus memberi kedamaian ketenangan dan setiap ucapannya selalu  tenang dan tidak akan menimbulkan permusuhan, perdebatan juga keburukan bagi orang-orang sekitarnya, hingga akhirnya kita juga akan mendapatkan manfaat kembali dari semua hal itu.

kemudian yang ketiga manusia hendaknya senantiasa  mengisi kekurangan dari orang lain senantiasa  memberi bantuan kepada orang lain yang sedang membutuhkan baik dengan bersedekah memberi  berbagi dengan sesama, dan juga meskipun hanya sekedar memberikan senyuman karena sebaik-baiknya  manusia adalah yang mereka yang memberi manfaat  kepada sesama. makna ini tergambar dari sifat  air yang selalu mengisi setiap ruang yang kosong.

keempat sobat Sejauh apapun muara  sungai air akan selalu dapat mencapainya sifat air yang satu ini menggambarkan sebuah  perjuangan tiada henti ketika ingin mencapai sebuah tujuan begitu pula dengan manusia harus senantiasa berpegang teguh dengan visi dan tujuan yang kita miliki kerja dengan  semangat tinggi sampai kita mendapatkannya dan tidak akan surut walaupun banyak  rintangan yang Menghadang di depan kita.

kesimpulan dalam perkutut katuranggan  banyumili adalah diharapkan kepada pemilik untuk selalu ingat kepada Tuhan sang  pencipta memberikan sugesti pada diri kita Hai bahwa Jika menginginkan suatu kerejekian yang  sempurna dan selalu mengalir ke dalam kehidupan pemilik, maka hendaklah untuk selalu menerapkan  sifat-sifat dari air yang mengalir yaitu Selalu rendah hati selalu tenang dalam menghadapi hal apapun selalu berbagi dan mengisi dengan sesama. bersemangat kerja keras tinggi untuk  menggapai apa yang menjadi sebuah tujuan kita yaitu kesuksesan rezeki yang mengalir tanpa henti dan tanpa putus Amin ya robbal alamin. Akhir kata dari kami ucapkan Assalamualaikum warahmatullahi  wabarakatuh dan sampai jumpa di tulisan berikutnya