Cara Setingan Cucak Ijo Ngempet Di Gantangan


    Master Kicauan - Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh Selamat pagi para Kicaumania khususnya pecinta jamtrok Mania Nusantara kali ini saya akan membahas tentang cucak ijo yang membawakan lagu itu pendek-pendek, Disini saya akan bercerita dan rekan-rekan juga mengalami saya pun juga pernah mengalami cucak ijo saat di gantangan dia mau kerja mau jamtrok mau hyper mau keluar isian tetapi membawakan lagu isianya Dia tidak tuntas atau pendek-pendek itu yang sering kita sebut dengan cucak ijo yang ngempet. nah bagaimana solusinya untuk cucak ijo yang ngempet dan apa penyebabnya cucak ijo ngempet nah Mari kita sering bersama-sama untuk agar kita lebih mengerti dan lebih memahami tentang cucak ijo.

    Disini saya punya cucak ijo yang ngebet saat di gantangan yaitu cucak ijo yang birahi dan ini sepengalaman saya cucak ijo yang dia membawakan lagu tidak tuntas dia mau jamtrok dia mau hiper tetapi bawah lagunya pendek-pendek atau putus-putus untuk membawakan lagunya. itu biasanya burung birahi settingannya berarti kurang pas dia terlalu tinggi untuk settingan Saat lomba ataupun saat harian. kita kupas dulu dari settingan untuk lomba untuk cucak ijo yang ngempet atau dia membawakan lagu putus-putus ini yaitu :

  • Pertama bisa dilakukan dengan mengurangi ef nya antara kroto atau ulat Hongkong nya biasanya bila kita mengasihinya 3/4 itu bisa dikurangin menjadi 3 bisa dikurangin 2, Bila krotonya biasanya satu sendok teh atau kadang memakai yang butiran besar-besar itu yang besar-besar itu dikasih 5, bisa dikasihkan 3/4 nah di dicoba-coba gimana dia biar tidak ngemped. 
  • Nah setelah itu kalau cucak ijonya ini birahi bisa gunakan yaitu diablak atau saat kita sampai di gantangan burung dibuka dulu biar dia buang terlebih dahulu birahinya, setelah itu kalau dia tidak mau turun bisa digunakan dengan ngecas sama sesama cucak ijo rekan-rekan yang ada di gantangan dengan cara Itulah bisa menurunkan sedikit untuk birahi cucak ijo ngempet atau dia membawa lagu pendek-pendek alias dia waktu saat birahi terlalu tinggi. dengan cara itu dibuka atau dengan dicas bisa dengan teman kita yang ada di gantangan.
  • Untuk pengecasan saya rekomendasikan jangan terlalu lama biasanya kalau kita ngecas di gantangan terlalu lama biasanya dia sudah capek untuk cucak ijo kita bisa lemas. Saya pernah juga mengalami tersebut pernah ngecas dulu selama satu sesi lebih hampir 2 sesi itu digantangan tidak bener birahinya turun tetapi tenaganya sudah habis karena terkuras waktu kita ngecas terlalu lama. saya sarankan kalau dia sudah mulai turun mulai nembak-nembak bisa diangkat dari pengecasan bisa dikerodong atau di disendirikan Biar tidak terlalu capek untuk ngecas cucak ijo.
  • Untuk selanjutnya setingan harian setingan harian dan saat mau berangkat lomba untuk setingan harian bisa rekan-rekan cucak ijo yang tepat dan tidak digantangan dia sudah diablak setelah itu dia masih ngemped atau membawa lagu masih pendek-pendek bisa dirubah untuk settingan hariannya, biasanya harian Dia memakai jangkrik 5 bisa dikurangin 4 Bisa dikurangin 3 dan seterusnya dicari yang cocok untuk cucak ijo kita mana harian yang pas untuk hariannya. setelah itu bisa menggunakan kita Kalau sebelum berangkat bisa dimandikan terlebih dahulu cucak ijo kita Sebelum berangkat, misalkan dua jam atau tiga jam itu kita Mandikan dan setelah itu kita jemur sebentar angin-anginkan lalu berangkat. 
    Bisa dicoba seperti itu treatmentnya soalnya saya juga mengalami pernah saya coba semua dan burung yang saya treatment seperti itu Alhamdulillah dia sudah mau Nampil setelah itu burung mana yang cocok untuk burung Anda yang tahu anda sendiri, dalam arti dikurangin efnya harian atau sebelum berangkat harus mandi dahulu atau dia mau sebelum berangkat tak mau mandi bisa disesuaikan dengan burung rekan-rekan masing-masing mana yang cocok mana yang lebih enak kerjanya di gantangan. itulah untuk settingan di lomba atau patokannya seperti itu bila biasanya burung kering dia masih ngempet bisa dimandikan sebelum berangkat biasanya dia sudah mau bongkar atau Los untuk suaranya dia. 

    Nah itulah untuk penanganan burung cucak ijo yang ngempet saat di gantangan bila tulisan ini bermanfaat silakan share biar saya lebih bersemangat lagi untuk menampilkan setingan yang lainnya sekian untuk pembahasan tentang cucak ijo ngempet sekian wasalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.