Setingan Cucak Ijo Lamban Panas Tipe Dingin



    Master Kicauan - Assalamualaikum warahmatullahi ta'ala wabarakatuh Apa kabar teman-teman sahabat. kali ini saya mau membahas Bagaimana cara setting terbaik cucak ijo tipe dingin atau lamban panas. seperti ini kasus pada cucak ijo yang lamban panas atau kategori dingin itu memang kita membutuhkan  yang namanya EF pendukung dan EF pendukung itu berupa ulat hongkong. caranya seperti ini biasanya kalau kalau cucak ijo yang lamban panas terkadang sudah dikondisikan dengan baik di terlokasi gantangan, ya biasanya itu dia enggan untuk merespon atau lama sekali untuk kesiapan atau on pada burung itu.

     Biasanya setelah sampai lokasi terus kita kondisikan burung tidak ada tanda-tanda. baru ada tanda-tanda akan on dari penampakan burung itu siap, supaya burung yang lamban panas ini bisa cepat panas artinya mu cepat naik birahinya kita menggunakan ulat Hongkong yang kita sajikan sumsumnya, artinya ulat Hongkong itu hanya kita berikan dagingnya tetapi kulitnya Kita buang. caranya ini untuk penggunaan seperti ini pada ulat Hongkong kita potong karena kita akan mengambil dagingnya dagingnya  jadi kepalanya itu kita buang dahulu, setelah itu dipencet  nanti kan keluar isinya itu yang kita gunakan sebagai setting colokan saat di lokasi lomba.

    Terus berapa biji daging ulat Hongkong ini kita berikan semampu burung makan karena untuk daging ulat Hongkong itu ini beresiko untuk ambrol bulu sangat minim. beda kalau kita berikan secara langsung atau memberikan beserta kulitnya, karena saat kita menggunakan sumsum atau daging ulat Hongkong ini memang sangat efektif khususnya pada cucak ijo yang lamban panas atau cucak ijo itu susah sekali on di lokasi lomba. terus untuk selanjutnya setelah anda memberikan daging ulat Hongkong semampu burung makan Anda bisa putarkan suara MP3 lewat HP atau diputarkan di YouTube video cucak ijo. di situ nanti setelah dia mengkomsumsi daging ulat hongkong itu emosi dan birahi akan naik dalam hitungan menit ya bukan detik tapi cuman menit sebagai contoh cucak ijo itu sudah anda kondisikan sudah anda suapi dengan daging ulat Hongkong kita tunggu sekitar 10-15 menit biasanya akan ada penampakan mulai mencekik lebih kenceng dan neken atau kayak tegang kalau biasanya kayak burung tegang. itu  hanya noleh ke sana noleh kesini itu tandanya untuk yang karakter dingin itu sudah siap untuk dilombakan meskipun di saat pengkondisian itu tidak ada tanda-tanda  ataupun getar-getar sayapnya tanda yang paling utama yang bisa anda jadikan patokan untuk yang tipe dingin ini Apabila setelah ada menyuapi dengan daging ulat Hongkong burung sudah kenyang terus burung itu seperti apa? istilahnya dua tegang hanya noleh sana noleh sini sambil sesekali berbunyi kik kik kik dengan nada yang pelan Itu menandakan cucak ijo dengan karakter dingin sudah siap untuk dinaikkan ke lokasi lomba atau dinaikkan ke tiang besi.

    Jadi waktu zat pengkondisian itu memang kita tidak usah menggunakan jangkrik dan apabila ingin digunakan jangkrik? jangkrik itu diberikan sebelum diberikan daging ulat Hongkong jadi ulat Hongkong itu kita gunakan untuk dorongan supaya lebih kenyang setelah sebelumnya kita berikan dahulu jangkrik. jangkrik itu bisa tetap berikan saat masih di rumah terus di lokasi lomba Sebagai tambahan colokan juga boleh tetapi paling bagus kita berikan sewaktu masih di rumah jadi nanti apabila diberikan colokan berupa daging ulat Hongkong itu cucak ijo tuh akan makan dengan lahap dan banyak. Nah setelah burung on dengan tanda-tanda tegang itu Anda bisa memberikan suara pancingan masteran atau video melalui YouTube Tetapi setelah tegang dengan buru-buru ablak separo jangan buru-buru dikerodong akan lebih baik burung itu kita antar ketiang besi atau ke gantangan dan di krodong tetapi diangkatnya dan usahakan bahu dan pundak kita  keatas, jadi burung itu on-nya itu tidak terganggu oleh pemain lain atau burung yang lain.

    Kalau bisa memang diangkat tinggi jadi kita perhatikan agar kita antar pelan-pelan ke tiang gantangan dengan posisi burung masih tegang, Nah setelah dia dicantol di tiang besi biasanya langsung akan bekerja, biasanya Awalnya dia akan geter geter dahulu setelah itu akan mengeluarkan variasi variasi tembakan. biasanya untuk yang karakter dingin memang seperti itu jadi kuncinya untuk karakter dingin ini settinglah disaat pengkondisian dengan menggunakan daging ulat Hongkong. berapa banyak seperti jumlah yang diberikan di sini tidak ada takaran intinya semampu burung mau makan berapa banyak.

    Setelah sampai rumah untuk jaga-jaga burung tidak ambrol dan lainnya paginya burung bisa di mandikan dan disterilkan dengan buah paya atau buah yang mengandung banyak air mentimun juga bisa itu untuk menetralisir supaya suhu tubuh itu kembali turun normal dan tidak ada bulu yang jatuh. Hanya itu yang bisa untuk sampaikan di pembahasan singkat ini khusus cucak ijo lamban panas atau cucak ijo yang lampan on dengan settingan menggunakan daging ulat Hongkong. begitu saja yang sampaikan salamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.