Filosofi Dan Makna Burung Perkutut Katuranggan Rejeki Nglumpuk Ekor 8




    Master kicauan - Assalamualaikum warohmatullohi wabarokatuh salam budaya Nusantara Rahayu Rahayu alam semesta, Jumpa lagi bersama saya apa kabar para pembaca kami doakan atas kebahagiaan kesejahteraan dan secukupnya yang barokah bagi kalian. ngomong-ngomong dalam memilih burung perkutut yang memiliki kekuatan yang istimewa itu tidaklah mudah dibutuhkan ketelitian dan pengetahuan yang luas, yang dimaksud perkutut katuranggan adalah tentang pemahaman katuranggan menurut cerita tutur Tinular ilmu katuranggan itu adalah kitab alam yang digunakan oleh para guru dan orangtua untuk memberikan ajaran budi pekerti dan ilmu pengetahuan untuk mendapatkan jati diri serta tuntunan hidup. perkutut lokal alam lalu mempunyai katuranggam atau ciri mati di bagian tubuhnya misalnya ekor berjumlah sekian pasti dia memiliki nama tersendiri, kalau jumlah sisik kaki sekian juga ada aktif dan namanya tersendiri, sebelum anda memutuskan untuk memelihara burung perkutut lokal ada baiknya anda menyimak jenis burung perkutut yang akan kami sampaikan berikut ini, karena jika anda salah memilih perkutut yang akan pelihara maka akan mendapatkan yang tidak diinginkan walaupun katurangan burung perkutut Anda termasuk kekurangan yang baik dipelihara.

Berikut adalah nama-nama katuranggan burung perkutut berdasarkan jumlah ekornya Sebagai berikut :

  1. Burung Perkutut Ekor 7 = Satrio Pitulungan
  2. Burung Perkutut Ekor 8 = Rejeki Nglumpuk
  3. Burung Perkutut Ekor 9 = Pandowo Wali
  4. Burung Perkutut Ekor 10 = Kembang Kanthil
  5. Burung Perkutut Ekor 11 = Songgo Rewang
  6. Burung Perkutut Ekor 12 = Rojo Dino
  7. Burung Perkutut Ekor 13 = Satrio Pemanah
  8. Burung Perkutut Ekor 14 = Lumrahe
  9. Burung Perkutut Ekor 15 = Pandowo Mijil
  10. Burung Perkutut Ekor 16 = Satrio Wirang
  11. Burung Perkutut Ekor 17 = Satrio Wicaksono
  12. Burung Perkutut Ekor 18 = Brahmono Sakti
  13. Burung Perkutut Ekor 19 = Tutup Rejeki
  14. Burung Perkutut Ekor 20 = Bukak Rejeki
  15. Burung Perkutut Ekor 21 = Busur Bumi

Pada kesempatan kali ini saya akan mengulas tentang burung perkutut Ekor 8 katuranggan rejeki nglumpuk berikut adalah pemaparan burung perkutut ekor 8 memiliki nama katuranggan rejeki nglumpuk. simbol angka 8 sendiri memiliki makna dalam dikehidupan ini mengalahkan samping mempunyai dua bagian yang hampir sama besar yaitu bagian atas dan bawah ini menyimpulkan dua keadaan yang berbeda yaitu baik dan buruk, semangat dan malas, positif dan negatif dan keadaan-keadaan lainnya. hukum pertama dari simbol angka 8 Adalah Kita sebagai manusia hanya akan selalu berada di salah satu lingkaran atas atau bawah saja. kalau kita sedang di bawah maka tidak mungkin kita berada di atas dan begitu sebaliknya. hukum yang kedua adalah berlaku kelembaman dalam setiap lingkungan, jika kita sedang berada di lingkaran atas maka kita akan dengan sendirinya berada di atas kecuali ada gaya luar yang akan menarik kita turun ke lingkar bawah begitu juga ketika kita akan di lingkaran bawah maka kita akan merasa nyaman di lingkaran bawah jika tidak ada sesuatu yang bisa menarik kita ke atas. hukum tiga yang juga berlaku adalah hukum gravitasi hukum ini ingin menegaskan sesuatu yang berada diatas akan dengan sendirinya jatuh ke bawah jika tidak ada gaya yang bisa mengimbanginya tetapi yang ada di bawah mustahil akan naik keatas jika tanpa bantuan gaya tarik ke atas.

Mari Kita Renungkan saat kita sedang dalam keadaan giat belajar maka kita akan semakin giat dan giat belajar, ketika kita malas maka kita akan semakin malas dan malas. ketika kita sudah berbuat baik maka tidak akan berusaha berbuat baik yang punya lebih juga ketika kita sedang berbuat jahat Maka akan muncul kejahatan yang lainnya. dan giat belajar kita akan dengan segera menjadi malas dengan berjalannya waktu jika kita tidak menjaganya tetapi jika kita dalam kondisi malas maka kita akan susah otomatis jadi rajin semakin lama kita dalam satu lingkaran maka gaya kelembaban nya akan semakin kuat gaya inilah yang akan menjaga kita selalu dalam lingkaran. Jadi jika kita ingin selalu  meninggalkan yang diatas atau lingkaran baik maka pastikan diri kita selalu dalam lingkaran itu jangan sekali-kali mencoba turun ke lingkaran bawah, karena akan melepaskan gaya kelembaman kita setia gaya sudah di reset kita akan memerlukan jauh lebih besar kembali ke lingkaran atas lagi. burung katuranggan perkutut rejeki nglumpuk mempunyai mitos bahwa pemiliknya burung ini akan memiliki daya rezeki yang tidak pernah terputus angka 8 dalam bahasa Jawa Ini diucapkan dengan kata wolu. angka ini memiliki lambang dari isi semesta angka wolu ini memiliki punya hubungan erat dengan angka sekawan empat sebab angka 8 ini sendiri meliputi filosofi sebagai delapan perkara yang berada di alam semesta yang harus dijaga oleh manusia. 8 perkara itu adalah  :

  • Pertama Mas kumambang menceritakan manusia yang masih di alam ruh yang ditanamkan dalam rahim atau buah garba seorang ibu.
  • Kedua adalah mijil adalah pola metrum ini merupakan instruksi dari proses kelahiran manusia mijil  brojol dan keluarlah bayi bernama manusia.
  • Ketiga Sinok berarti menggambarkan masa muda yang indah penuh dengan harapan dan angan-angan.
  • Empat kinanti adalah masa pembentukan jati diri dan memilih jalan menuju cita-cita, kinanti berasal dari kata kanti atau tuntun yang bermakna telah kita membutuhkan tuntunan menurut jalan yang benar agar cita-cita kita bisa terwujud.
  • Kelima adalah Asmara dana asmara adalah cinta sehingga ilustrasi ini mengisahkan masa-masa asmara kasih atau larut dalam lautan Kasih Cinta.
  • Keenam adalah Gamu awal Kata gamu adalah cumbu atau bersatu jadi pola ini menceritakan soal komitmen dalam perkawinan untuk menyatukan cinta dalam satu Biduk rumah tangga.
  • Ketujuh adalah dhandhang gulo gambaran pola metrum yakni masadepan yang telah mencapai tahap kematangan sosial serta kesejahteraan cukup sandang papan dan pangan.
  • Kedelapan adalah Durma cuma berhasil Tati dari kata Dharma pola metrum ini menggambarkan bahwa seseorang sedianya harus melakukan sedekah dan berbagai kepada sesama manusia.

menghubung - hubungkan tuah katuranggan perkutut rejeki nglumpuk ini yaitu mendatangkan rezeki merumput ini diyakini dapat mendatangkan rezeki bagi pemiliknya yang bersumber dari alam semesta. bagi masyarakat Jawa rezeki sudah ditetapkan sedemikian rupa oleh sang pencipta Namun bukan berarti kita tidak berpihak dalam jemputnya fasilitas dan kemudahan yang sang pencipta ciptakan berupa alam semesta dan isinya ini enggaknya membuat kita lebih bersyukur yakni bersemangat dalam menyambut rezeki dan tidak berpangku tangan saja.

mungkin seperti itu apa yang bisa kami sampaikan jangan lupa Memberikan komentar dari apa kami sampaikan dan apabila adanya himbauan itu dikabarkan keterbatasan ilmu pengetahuan kami Akhir kata kami akan wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh Salam budaya Nusantara Rahayu Rahayu alam semesta.