Cara Seting Murai Batu Tipe Dingin Agar Tambah Fighter Di Gantangan


    

    Master Kicauan - Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh Apa kabar sahabat kicau mania murai batu, Oke teman-teman di kesempatan kali ini saya akan melanjutkan tulisan sebelumnya ya teman-teman Yang sebelumnya kita bahas adalah cara mengenali ataupun memahami tipe ataupun karakter burung murai batu tipe panas dan juga type dingin. nah Pada kesempatan kali ini saya akan membahas cara merawat murai batu tipe dingin ya teman-teman saat harian dan juga saat dilombakan ya teman-teman, Oke sebelum kita lanjut Apa kabar Semoga kalian sehat selalu Saya doakan kalian murah rezeki dan juga dimudahkan dalam segala urusannya hari ini dan juga kedepannya. nah oke teman-teman untuk ciri-ciri murai batu tipe dingin kita sudah bahas ya teman-teman di artikel lain sebelumnya nah kita langsung saja kita langsung Masuk ke settingan murai batu lomba tipe dingin ya teman-teman. 

Nah teman-teman untuk Penanganannya biasanya saya seperti ini teman-teman untuk durasi penjemuran saya tingkatkan ya teman-teman dibuat suhu tubuhnya ini selalu panas kita jaga suhu tubuhnya ya teman-teman mungkin ya untuk menaikkan emosi burung itu sendiri minimal asupan panas tubuhnya setiap hari harus selalu terjaga dengan baik dan didapat ya teman-teman, terus teman-teman untuk hariannya bisa ditambahkan uh ataupun ulat Hongkong sebanyak 3 ekor ataupun 5 ekor ya teman-teman di pagi hari dan sore hari. kalau untuk takarannya saya pribadi yaitu ekstrim ya teman-teman Nah untuk rekomendasi bagi kalian yang masih pemula kalian bisa berikan sebanyak tiga ekor atau 5 ekor saja ya teman-teman. Nah teman-teman kita lanjut eh ke settingan H-3 dan H -2 ya teman-teman ekstra fooding hariannya kadang ada yang pagi 10 sore 10 ada yang 15 sorenya 15 dengan ulat Hongkong dan untuk ke persiapan lomba biasanya 3 sudah full kerodong total diistirahatkan. 

Nah bisa dipahami ya teman-teman bisa digarisbawahi dan simak baik-baik untuk menyimpan energi dan staminanya terlebih dahulu sebelum saat digantang kanan untuk EF ataupun extra foodingnya kita tambah atau naikkan lagi sedikit demi sedikit untuk di h-2 ya teman-teman baru saya kasih lagi 10 dan sore hari 10 ya teman-teman untuk jk-nya serta burung tidak banyak mandi ya teman-teman tentunya atau durasi pemandiannya bisa kalian kurangi ya teman-teman karena pemandian ini sifatnya dingin yang kita perlukan ini kan membuat suhu tubuhnya menjadi panas ataupun kita menjaga suhu tubuh burung tipe dingin ini selalu terjaga atau kita selalu membuat suhu tubuhnya selalu panas ya teman-teman. 

nah kita langsung ke settingan h-1 dan saat menjelang hamil 1 saya selalu memberikan kelabang sebanyak 1 ekor ya teman-teman yang dibuang kepalanya dan ekornya nah teman-teman tujuannya apa biar aman dan tujuannya agar meningkatkan emosi burung murai batu dan birahi serta emosi burung murai batu tipe dingin ini bisa Bongkar dan terdorong stabil ya teman-teman saat di lapangan. nah oke teman-teman kita langsung masuk ke settingan hari H ya teman-teman dan pengkondisian di lapangan untuk di hari-harinya saya biasa memberikan pagi 10 siang 10 ya teman-teman Kasih lagi sekitar jam 11 atau 1 jam sebelum berangkat lomba kita berikan jangkrik 5 ekor dan 10 ekor ulat Hongkong ya teman-teman. Nah teman-teman jangan takut karena kita memberikan ulat Hongkong ini sesuai dengan tipe burung ya teman-teman yaitu burung tipe dingin atau murai batu tidak dingin nah teman-teman serta untuk pengkondisian di lapangannya kita jangan menghindar atau menjauh dari burung-burung Fighter ataupun mengasingkannya ya teman-teman, akan tetapi kita dekatkan dengan burung-burung yang gacor tekanan terus naik tingkat emosinya mulai naik.

dari situ ya teman-teman namun kondisi harus tetap dikerodong terlebih dahulu ya teman-teman dan ketika lomba dimulai Untuk menggantangnya itu kita duluan ya teman-teman agar burung ini tidak terlalu ketinggalan jauh saat on ya teman-teman Nah untuk penanganan seperti itu yang untuk murai batu tipe dingin ini kalau versi kami ini tidak diberikan voer ya teman-teman karena pakan voer itu sifatnya juga mendinginkan suhu tubuhnya ya teman-teman jadi hariannya full extra fooding saja ataupun full jangkrik ya teman-teman. 

Oke teman-teman jadi itu saja ya tips seputar cara merawat murai batu tipe dingin yang bisa saya share ya teman-teman kepada teman-teman murai batu Mania Selamat mencoba dan semoga bermanfaat dan berhasil ketika di Gantang. terima kasih salam kicau mania murai batu Salam sukses untuk kita semua.