8 Jenis Perkutut Katuranggan Yang Tuahnya Untuk Pagar Gaib Dan Tolak Bala

 



   Master KicauanHalo sobat senusantara pada artikel kali ini ane akan membahas tentang beberapa jenis perkutut  katuranggan yang mitosnya energi serta yoninya  dapat menjadi tolak bala serta dapat menjadi pagar Ghaib di sekitar pekarangan pemiliknya. informasi  ini ane rangkum dari primbon Jawa dan petuah  para leluhur pada zaman dahulu, untuk itu simak hingga selesai untuk menambah informasi  dan pengetahuan seputar perkutut di alam nusantara. Oke mari langsung saja pada pembahasan utama sebagai berikut : 

1. Perkutut Puser Bumi

perkutut katuranggan puser bumi termasuk perkutut  yang cukup langka dan agak sulit ditemukan untuk mitos dan tuahnya, perkutut puser bumi ini cukup  populer di kalangan kung mania perkutut puser bumi dikatakan memiliki energi gaib yang cukup besar dan bersifat dingin. Tuah dan Yoni perkutut puser bumi ini banyak digunakan sebagai perlindungan dan penjagaan secara gaib, karena besarnya energi perkutut puser bumi tersebut bahkan bisa mampu  menarik dan menetralkan energi negatif yang ada di sekitarnya seperti serangan santet tenung dan ilmu hitam lainnya yang dikirimkan kepada pemilik. perkutut puser bumi energi negatif tersebut biasanya akan luntur seketika sifat dingin dari energi perkutut puser bumi mampu meredam dan menetralkan ilmu hitam tersebut. karena fungsi dan manfaatnya tersebut perkutut ini bisa dan biasa disebut sebagai perkutut tinggi. artinya bisa menindih energi negatif di sekitarnya selain bisa meredam energi negatif perkutut puser bumi juga biasa dijadikan sebagai pemikat burung perkutut lain energi burung ini juga mampu menarik perkutut yang tidak biasa seperti perkutut  Punden beryoni atau perkutut berkhodam lainnya.

2. Perkutut Sriwiti 

perkutut lokal alam katuranggan sriwiti dengan ciri perkutut katuranggan sriwiti yang mempunyai leher tegak lurus menyerupai ular kobra karena bentuk lehernya itu banyak orang menyebutnya burung perkutut leher kobra.  fungsi Tuah perkutut ini untuk penjagaan rumah dan pekarangan pemiliknya dari pengaruh ilmu  gaib serta dapat menjadi benteng gaib di sekitar pekarangan pemiliknya.

3. Perkutut Kol Buntet

perkutut lokal alam kol buntet Majapahit, dengan ciri burung ini memiliki ciri terdapat ules hitam pekat seperti ayam cemani. ules lurik itu terhubung dari leher hingga ke dubur ulas itu akan tetap ada dan tidak hilang meski perkutut sudah mengalami proses mabung. fungsi dua perkutut ini untuk menangkal  serangan ilmu hitam atau santet yang dikirim untuk mencelakakan pemiliknya.

4. Perkutut Satrio Pinayungan / Kinayungan

perkutut lokal alam Satrio kinayungan, perkutut katuranggan Satrio kinayungan memiliki ciri khusus terdapat bulu berwarna putih di tengah kepala bagian atas. fungsi tuah perkutut ini dipercaya untuk  perlindungan dan dijauhkan dari segala bentuk marabahaya bagi pemiliknya, Satrio artinya Kesatria  kinayungan artinya memayungi Garis besarnya adalah Kesatria yang memayungi atau melindungi. energi  perkutut ini juga mampu menetralisir energi negatif di sekitar pekarangan pemiliknya.

5. Perkutut Rajek Wesi

perkutut lokal alam rajegwesi, ciri khas dari burung perkutut katuranggan rajegwesi adalah  terdapat sisik pecah silang merata pada salah satu pergelangan kakinya dan berwarna hitam mengkilap  seperti layaknya warna sebuah besi. fungsi tuah perkutut ini untuk pemagaran atau benteng gaib di rumah sekitar pekarangan pemiliknya juga sekaligus dapat menjadi penolak bala dan sengkolo yang akan menghampiri pemiliknya.

6. Perkutut Muncis 

perkutut lokal alam muncis burung  ini memang memiliki ukuran tubuh yang lebih  kecil dibandingkan perkutut jenis lainnya. tubuhnya bahkan hanya seukuran cepuk atau wadah pakan burung biarpun begitu perkutut muncis memiliki energi dan Yoni yang sangat besar sekali. menurut para sesepuh zaman dahulu perkutut  jenis ini konon katanya menjadi peliharaan para raja-raja pada zaman dahulu karena energinya  yang cukup besar. maka tidak boleh sembarang orang memelihara perkutut jenis ini fungsi Yoni dan tuahnya untuk keselamatan dan penjagaan pemiliknya dari serangan gaib dan ilmu hitam yang  mencoba untuk mencelakai pemiliknya.

7. Perkutut Singkir Sengkolo

perkutut katuranggan singkir sengkolo  berasal dari dua suku kata singkir yang artinya menyingkirkan atau menghalangi dan sengkolo yang berarti sebuah energi negatif yang dapat membuat malapetaka. definisi dari singkir sengkolo adalah kekuatan metafisika yang  mampu menyingkirkan atau menghalau datangnya  malapetaka yang ingin mencelakai pemiliknya.  energi yang ada pada perkutut jenis singkir  sengkolo sangat besar sehingga makhluk halus dan sihir Tidak akan berani mendekatinya, tuahnya  sangat bagus untuk menolak sengkolo atau menjadi  penolak Bala yang sangat ampuh bagi pemiliknya.

8. Perkutut Jogo Boyo

perkutut  yang memiliki kebiasaan tidur di bawah dan berada  di depan pintu kandang atau lebih dikenal dengan perkutut katuranggan jogoboyo. mitos dan tuah perkutut ini akan melindungi pemiliknya dengan  menjadi pagar mistis dari serangan gaib atau kiriman ilmu hitam yang akan masuk ke dalam  pekarangan pemiliknya. serangan energi negatif  tersebut akan dihalangi oleh energi burung tersebut sebelum sampai ketuanya, selain dapat  menjadi tolak bala juga dapat memberikan Tuah yang positif serta keberuntungan bagi pemiliknya.

    Demikian penjelasan singkat tentang Tuah perkutut yang memiliki energi dan Yoni untuk penolak bala  pada tulisan kali ini semoga dapat menambah wawasan sobat Kung Mania senusantara, yang membahas  tentang mitos dan misteri burung perkutut di alam  nusantara sampai jumpa pada artikel selanjutnya  salam Rahayu salam sejahtera dan salam Kung Mania.