Cara Mengatasi Burung Konin Ngembung, Nyilet Dan Lesu




    Master Kicauan - Halo temen-temen pada kali ini saya akan membahas tentang konin yang gembung dan lesu ya teman-teman saya yakin temen-temen yang suka main konin pasti sudah pernah mengalami hal ini juga yaitu kondisinya gembung, lesu dan juga tidak aktif. Nah nanti di kesempatan kali ini saya akan sedikit membahas Kenapa konin bisa  ngembung dan juga bisa lesu dan tidak aktif atau tidak lincah dan bagaimana cara penanganannya. penyebab konin tersebut bisa ngembung tidak aktif dan lesu itu karena beberapa hal yang temen-temen yang bisa amati.

- Pertama karena konin tersebut sedang beradaptasi dengan nektar barunya,

- Kedua konin tersebut stres,

-Ketiga adalah koloni tersebut dalam kondisi nyilet atau kondisi kurus ya teman-teman. 

Nah beberapa kasus 90% konin tersebut bisa ngembung adalah kasus konin tersebut sedang nyilet atau kondisi tubuhnya kurus sekali ya teman-teman makanya dia lesu bulunya mengembang dan juga biasanya dia tidak aktif atau dia pasti diem. jadi yang pertama teman-teman harus lakukan adalah perhatikan nutrisi yang masuk ke tubuh sikonin tersebut nah Disini saya akan menunjukkan Bagaimana cara membuat nektar yang sudah diperkaya dengan nutrisi yang dapat membantu tubuh konin tersebut recovery atau kembali pulih sehingga konin tersebut bisa kembali Fit. 

    pertama teman-teman harus siapkan tentunya dalam cepuk atau wadah pakannya disini saya pakai cepuk nomor 4 atau yang khusus dipakai untuk kolibri.

    kedua adalah nektar disini saya pakai nektar bikinan saya sendiri ataupun teman mungkin temen-temen nanti punya nektar pilihan teman-teman sendiri bisa dipakai ya temen-temen.

    ketiga adalah super-n saya yakin teman-teman sudah tahu super-n itu apa dan dimana harus carinya kalau temen-temen belum tahu dimana harus beli Super-N temen-temen bisa langsung meluncur ke kios-kios burung terdekat untuk beli Super-N nah ini untuk vitaminnya. saya pakai vitamin saya sendiri racikan saya sendiri kalau temen-temen punya vitamin sesuai referensi the temen-temen bisa pakai tentunya dengan dosis yang sudah disesuaikan.

Terakhir yang ke empat adalah alat pengaduk nya. nah kemudian kita tuang nektar ke dalam cepuknya temen-temen untuk jumlah atau komposisinya teman-teman bisa sesuaikan dengan kebutuhan kolibri teman-teman sendiri kalau disini saya pakai komposisinya dah sampai sepenuh ya cepuk temen-temen mungkin sekitar setengah aja karena disini nektarnya agak sedikit encer nah kemudian saya teteskan super-N nya temen-temen untuk dosisnya disini saya pakai 2 tetes super-n. karena memang kondisinya agak sedikit gemblung parah ya lesunya juga akan sedikit parah mangkanya untuk dosisnya saya pakai dua tetes untuk super n-nya namun untuk vitaminnya sendiri Saya pakai sesuai dengan jumlah dosis super-n nya tadi saya pakai dua tetes karena sudah saya sesuaikan dengan kebutuhan konin saya sendiri.

kalau nanti temen-temen bisa Lihat kondisi konin temen-temen dulu kalau sekiranya kembungnya parah atau lesunya gak parah mungkin nanti vitaminnya juga agak sedikit ditambah ya temen-temen agar nanti proses recovery nya agak lebih cepat kemudian kita aduk agar semua tercampur kemudian kita bisa langsung berikan ke koninnya teman teman. bisa lihat sendiri kan disini konin saya kondisinya enak sekali ketika nyerobot nektarnya temen-temen tentunya kondisi ini yang diharapkan oleh temen-temen mengembalikan nafsu makan sikonin sehingga tubuhnya nanti bisa ternutrisi dengan baik dan bisa segera keluar dari kondisi ngembung lesu dan nyilet, jangan lupa untuk jemur juga burungnya temen-temen untuk durasi jemurnya sekitar 10-15 menit hal ini untuk merangsang burung agar lebih aktif dan juga agar burung mendapat asupan vitamin yang lebih bagus.

ini kondisi burung konin saya terbaru ya temen-temen temen-temen bisa bandingkan dengan kondisi awal dia di awal yang ngembung parah dan lesu sekarang Kondisinya sudah cukup lincah dan ngembongnya sudah banyak berkurang. saya rasa segitu dulu ya temen-temen untuk artikel kali ini saya ucapkan banyak-banyak terima kasih yang sudah nyimak dari awal hingga akhir saya juga saya ucapkan banyak-banyak terima kasih untuk yang sudah support segitu dulu saya ucapkan terima kasih wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh Salam Lestari.