Cara Mengatasi Murai Batu Ciak Bulu Akibat Kebanyakan Atau Jor Exstra Fooding

 



    Master Kicauan - Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh Halo sahabatku semua kicau mania dimanapun anda berada kita berjumpa kembali, pada kesempatan kali ini kita akan coba menjawab pertanyaan dari teman kita yang sudah masuk di email kami, pertanyaanya seperti ini Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh Om Mohon bimbingannya Om, ane punya murai batu pastol masalahnya ciak dari trotol nggak sembuh-sembuh sampai ke pastol! ketika masih trotol saya Jor jangkrik setelah pastol jangkriknya saya kasih 5 dan setelah pastol volumenya burung saya mengecil Apa itu efek dari jor extra fooding Om? Mohon bimbingannya Semoga tambah sukses salam dari Probolinggo Jawa Timur. Oke untuk Omnya Terima kasih sudah mampir dan sudah mau email kami ini ya dan terima kasih juga sudah mendoakan agar tambah sukses amin gitu ya Om.  

jadi barangkali untuk website ini bisa bermanfaat bagi banyak orang terutama untuk kicau mania dan murai batu Mania agar nantinya lebih mudah Bagaimana cara merawat burung murai batu khususnya. jadi murai batu omnya ini sekarang pastol lepas trotol ya dan dulunya ketika dia masih usia trotol itu diberikan jor-joran ekstra puding setelah pastoll jangkriknya itu cuman dikasih 5 dan volume menjadi kecil gitu ya apakah ini efek dari jarak ef jadi kita harus ketahui dulu kondisi Pas trotol itu seperti apa? tentunya kesehatannya itu seperti apa? dan kesehatan tersebut itu tergantung dari sistem metabolisme dia. karena dari situ makanan yang masuk semuanya akan dicerna akan diubah  menjadi partikel yang lebih sederhana yaitu menjadi tenaga menjadi nutrisi - nutrisi tersebut tentunya akan disebarkan ke seluruh tubuh untuk mata bulu kuku untuk semuanya Pokoknya. 

kalau dari kebutuhan badan dia Kemudian untuk aktivitas untuk dia berbunyi untuk dia bergerak untuk dia beristirahat Nah semuanya Itu juga butuh energi itu ya, Jadi kita pahami dulu kondisi trotol itu dia mempunyai sistem metabolisme dia itu bagus karena belum ada yang namanya settingan belum ada yang namanya rawatan apapun Semenjak dia terlahir di dunia gitu ya. kita bisa cek dari cara makan dia dia ketika diberikan jangkrik banyak dia akan makannya rakus kemudian diberikan juga ulet kandang umpamanya ataupun kroto nah dia pasti makannya banyak dengan catatan dia itu sehat tidak mencret dan tidak jilat ya jadi teman-teman. yang punya trotol bisa dibuktikan seberapa banyak seberapa rakus ef kasih burung murai batu trotol kalian di rumah masing-masing Gitu ya. pasti banyak di situ itu punya alasan karena sistem metabolisme pria itu bagus ditunjang dengan kebutuhan atas nutrisi ini atas energi Ini juga, masih banyak ya apalagi ini masa pertumbuhan dia butuh untuk nantinya mencukupi kebutuhan demi bulu-bulu dia ya. 

Nah tetapi dalam arti banyak tentunya juga harus sesuai dengan kebutuhan dia dan tidak boleh kelebihan karena burungnya si Om ini trotolnya di jor ekstra puding mungkin Dengan pemahaman seperti itu bahwa trotol itu harus dijor ekstra puding gitu ya. Nah itu Apakah salah ya tidak salah tetapi di situ ada waktunya tersendiri kapan kita harus meminimkan ekstra puding ya karena extra puding yang banyak tersebut masuk ke dalam tubuh ya ini akan diolah melalui organ tubuh dia yaitu pencernaan. Nah setelah itu akan diolah lagi oleh sistem metabolisme dia disitu dari makanan menjadi energi nah seperti yang tadi sudah saya bahas di awal ya proses tersebut Kalau terjadi dalam jangka yang panjang dalam arti kita Jor terus ekstra fooding di situ maka lama-kelamaan sistem metabolisme tersebut akan tidak berfungsi dengan normal gitu ya, karena seperti kita ketahui Untuk rawatan trotol itu tidak ada ataupun minim yang namanya adalah penjemuran pengubaran sauna nah dari situ kita berikan minim ya karena dengan alasan agar bulu-bulu dia itu tidak kering karena kalau burungnya itu kering kebanyakan akan bermasalah mungkin tidak tuntas ya mungkin harusnya sudah selesai ataupun bulunya sudah ganti semua tetapi ada yang tertinggal. 

jadi sistem metabolisme ini yang melambat ketika makanan masuk itu tidak bisa dirubah menjadi energi tetapi yang terjadi adalah lemak gitu, Jadi otomatis makanan berapapun yang masuk itu tidak akan diproses menjadi energi ya makanya setelah pastol dianya itu tidak ada stamina ya tetapi ini kasusnya dari trotol dia sudah mengalami sistem metabolisme dia yang lambat dan sistem ini tidak bisa mengubah makanan yang masuk menjadi tenaga ini ditandai dengan dia trotol itu mengalami Ciak sayap jadi Ciak walaupun sayap ekor dada itu sama dalam hati dia mengalami kasus yang sama gitu ya bukannya kalau sayap dia mengalami ob namanya kemudian ekor mengalami OB umpamanya kemudian kalau tiada itu dia kekurangan stamina tidak jadi itu sama kasusnya. tetapi karakter murai trotol yang satu dengan yang lain ataupun murai dewasa satu dengan yang lain cara dia membawakan masalah atau tingkah laku itu berbeda-beda ada yang dia OB itu Ciak bulu dada ada yang Murai Batu yang lain OB dia ciak sayap ada juga yang Ciak ekor begitu juga ketika dia mengalami over emosi ada yang ciak bulu dada sayap ataupun ekor. nah di situ tergantung dari karakter burung murai batu tersebut ya.  ini setelah pastol Ciak sayapnya masih berkelanjutan Ya wajar karena yang tadinya trotol dia itu tidak bisa mencerna makanan menjadi tenaga maka berlanjut sampai ke lepas trotol mungkin ya kita tanya dulu si omnya ya ini rawatan mabungnya kemungkinan itu di Jor juga yang namanya extra puding nah ini umum nanti bisa jawab di email Apakah benar ya jadi analisa yang kita berikan. 

kemudian solusi yang akan kita berikan Apakah sesuai dengan rawatan omnya ini itu ya maka ini juga berakibat volumenya bisa kecil dikarenakan ototnya itu tidak terbentuk dengan sempurna jadi makanan yang masuk tidak bisa diolah dan diserap oleh tubuh ya maka ototnya itu tidak akan jadi, maka wajar ketika dia itu mengeluarkan volume tidak bisa keras gitu ya Nah ini yang sering diabaikan oleh teman-teman jadi dengan tanpa pemahaman bahwa trotol itu butuhnya jor extra puding dia membutuhkan bulu dia? oke itu betul tetapi disitu ada takarannya tetapi kita harus pahami kondisi trotol tersebut dari sini kita mainkan logika kita ya jadi makanan yang masuk ketika tidak bisa diproses tidak bisa dicerna menjadi energi otomatis berapapun makanan yang masuk tidak akan menjadi tenaga. Jadi wajar ketika dia trotol Dia tidak punya stamina Dia tidak punya tenaga, wajar dia bulu untuk solusinya si Om ini ya diberikan penjemuran dalam seminggu full sampai dia itu memperlihatkan Ciak sayapnya itu berubah atau membaik gitu ya. karena kalau ini salah jalan ataupun salah penanganan Penanganannya maka ini akan tambah buruk sejak sayapnya dengan catatan burung ini harus di karantina dalam arti jangan di masterkan dulu, jangan didekatkan dengan burung lain apalagi burung murai batu. intinya Berikan dia di tempat yang sepi yang nyaman gitu ya jadi untuk pemandian dikurangi atau bahkan di stop ya untuk durasi penjemuran sekuat Dia dalam arti kalau dia sudah mangap kalau dia sudah gelisah kalau dia sudah banyak minum air maka stop di situ angin-anginkan kemudian krodong. oke ya sampai jumpa di artikel selanjutnya wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.