Cara Mencari Setingan Harian Dan Lomba Burung Kacer



    Master Kicauan - Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh kicau mania kacer mania dimanapun kalian berada kita berjumpa kembali pastikan kalian tetap selalu sehat, selalu ceria, selalu gembira, tidak kurang satu apapun. Pada kesempatan kali ini saya akan membahas suatu pembahasan langkah awal mencari setingan kacer mulai dari  mana? seperti yang pernah saya bahas kita harus pahami dulu kita harus mampu membedakan dulu antara rawatan harian dan settingan jangan kita itu melompat-lompat. belum satu udah tiga belum dua udah lima itu kan namanya melompat seperti ini kalau kita mau mendirikan bangunan yang harus kita siapkan adalah pondasinya nggak mungkin langsung ke atapnya nggak mungkin langsung ke gentengnya nggak mungkin juga langsung ke kulkasnya bangunan belum terbentuk sudah beli kulkas kan nggak bener ya hehe. Jadi kita itu jangan melompat-lompat Supaya apa supaya kita nggak stres, supaya kita nggak bingung bagaimana burung kacer kita bisa main bagus. 

Step pertama yang harus kita berikan adalah perawatan yang tepat Seperti apa tepat membuat dia sehat membuat dia  tidak tertekan mentalnya di rumah, Bagaimana mungkin kita memberikan settingan burung kacer kalau dia enggak sehat kan seperti itu burung kacer pencernaannya nggak sehat kemudian mentalnya terganggu selalu tertekan ketika dia di rumah. Bagaimana mungkin kita mau nyetting dia dan seperti itu, Jadi itulah mengapa saya memberikan perawatan memperbaiki metabolisme tubuhnya ada yang metabolisme tubuhnya lambat Bagaimana supaya bisa sehat bisa cepat. ini berhubungan dengan sistem pencernaannya ketika burung kacer ini mampu mengolah makanan menjadi energi burung kacer  sehat, kalau dia sehat tentu menunjukkan atau gejalanya akan sehat burung kacer kan Fighter. kalau burung kacer sehat tentu fighternya akan keluar setelah fighternya keluar maulah Dia ini ketika dia sudah mau narung baru kita berikan settingan atau carikan settingan yang pas supaya narungnya itu maksimal. 

nah kebanyakan kesalahan pada perawatan kacer itu pemiliknya terlalu cepat untuk nyari setingan padahal burung kacer nya belum sehat. di gantangan banyak yang sering bertanya om burung kacer saya itu kenapa ya kalau di lapangan enggak mau narung plonga-plongo, saya baru beli padahal itu rawatan hariannya jangkrik 10 pagi 10 sore. Kemudian saya berikan penjemuran selama dua jam kemudian saya berikan mandi itu seminggu dua kali. dari mana ini didapatkan jalan dari mana kok bisa menghasilkan jangkrik itu 10 pagi 10 sore atau 12 Pagi 12 sore Atau malah lima pagi 5 sore dari mana itu semua kan seperti itu dari mana? kok bisa menyimpulkan burung kacer ini makan jangkriknya Apakah tepat Apakah itu bisa dicerna dengan baik dari mana kita mengambil ini lantas kita bertanya om kenapa burung kacer saya enggak mau narung terus saya tanya rawatan harian Seperti apa rawatan harian ef jangkrik 12 pagi 12 sore kok bisa memutuskan 12 Pagi 12 sore dari mana? saya coba-coba aja lah ini kan berarti enggak ada alasannya sekarang saya tanya lagi apakah burung kacer mu itu sebelum kalian berikan jangkrik 12 pagi 12 sore metabolisme tubuhnya Apakah sudah bagus? jawabannya enggak tahu Om metabolisme tubuhnya itu bagus atau nggaknya. ngapain kita berikan jangkrik 12-12 harapannya kalau saya berikan jangkrik 12 - 12 mainya lebih sangar, ya nggak bisa seperti itu kalau kita berikan jangkrik 12-12 pagi sore sedangkan metabolisme tubuhnya nggak bagus dalam artian sistem pencernaannya kurang sehat nggak bisa, karena makanan dengan baik maka yang terjadi burung kacer ini ya sia-sia kita berikan jangkrik sebanyak itu kan seperti itu. 

Nah kalau burung kacer ini sudah kita berikan no extra puding kemudian kotorannya Kelihatan bagus kecil-kecil padat ya baru kita berikan ef satu persatu maka akan ketahuan permasalahannya dimana settingannya mau seperti apa? perawatan harian inilah yang menjadi pondasi untuk settingan kita kalau rawatan harian kita berikan gak menyehatkan dia maka settingannya pasti akan ngawur hasilnya pun enggak bersesuai dengan keinginan kita kan seperti itu. Jadi kita harus pahami dulu burung kacer kita itu dalam rawatan kita sudah bener atau belum dilihat dari mana dilihat dari bentuk kotorannya tingkah laku dia minumnya, penjemurannya, pemandiannya itulah dia sekitar Perhatikan Kalau perawatan kita itu sudah menyehatkan dia Nah dari sini kan Pasti kalian sudah terbaca. Oh iya burung kacer saya kemarin baru beli itu kotorannya besar-besar sekali terus tambah jangkrik 30 pagi 30 sore hasilnya burung kacer saya tuh plonga-plongo Bagong ngunci lompat sana lompat sini jadi giras. macem-macem kok tingkah lakunya itu Yang hancur-hancuran wajar saja karena kotoran masih besar-besar kemudian kita berikan extra fooding yang banyak protein dari poor yang sedikit saja dia nggak bisa memproses Apalagi ditambah protein dari jangkrik yang 20 ekor dan seperti itu. 

maka akan sangat wajah hasilnya pun karena hancur heran kalau kita tahu kotoran burung kacer saya ini besar-besar saya mau tetap no extra puding karena protein dari poor itu berapa persen jadi saya mau lihat nih kotorannya Seperti apa Nol extra fooding kemudian saya tambah dengan penjemuran kemudian kotorannya mulai mengecek mulai mengecil padat-padat padat-padat nah ini mau saya tes dulu bunyi burung kacer Ini. kan udah sehat dari kotorannya mau tak coba untuk bawa tempat latihan tanpa ef sama sekali Nah kita lihat hasilnya seperti apa kan seperti itu. oh burung kacer saya nih kotoranya udah padet kok tempat latihan Mainnya udah mulai mau narung udah mau mulai mau keluar materi tapi kurang maksimal. Nah dari sini kan kita akan tahu kemarin saya tidak berikan  ef cuman main penjemuran mainnya seperti ini bagaimana kalau saya tambah dengan ef jangkrik pagi satu sore satu masih tetep tidak ada pemandian coba saya bawa lagi ke tempat latihan ternyata mainnya mulai-mulai bongkar lagunya mulai mengalir. Nah dari kita tahu settingan berikutnya itu seperti apa Jadi kita itu harus cerdas dalam merawat burung enggak sembarangan gak cuman ngasih jor-joran tapi kita tahu dulu Bagaimana sistem metabolisme tubuhnya. 

itulah gunanya itu sangat berguna kalau kita tahu gunanya untuk apa Om ia kita bisa lihat kotorannya, kotorannya itu seperti apa ya kan kalau kotoran dari ef  nggak akan kebaca oleh kita kalau kotoran poor tentu akan kebaca oleh kita, Oh begini karena kotorannya berbentuk kalau kotoran ef ya kotorannya ekstrak puding tentu akan kecil-kecil kan seperti itu ya itulah mengapa burung kacer yang belum ngepur kita berikan voer yang warna merah kalau kotorannya sudah merah berarti kan burung kacer ini udah ngevoer iya kan logikanya seperti itu, kan itu salah satu manfaat dari voer ada yang merah ada yang berwarna hijau Fungsinya untuk apa untuk kita mengetahui apa yang terjadi pada sistem pencernaannya kalau kita sudah tahu Oh dia makan voer saja dengan kadar protein yang cuman beberapa persen ini sudah bagus berarti kan. Saatnya untuk nambah extra fooding dan seperti itu kalau kotoran besar-besar ya gak mencret-mencret langsung kita main jor-joran saja maka yang terjadi ini berarti kita itu enggak ngerti kesehatan burung kacer kita. bagaimana kita mau mencari settingan tenang saja kalau burung kacer udah sehat udah bagus sistem pencernaannya nyari setingan tuh gampang settingan itu mengikutin kesehatan dia. kalau dia sudah kita berikan rawatan yang sehat tinggal kita ikutin aja alurnya itu seperti apa Dan seperti Itulah mengapa saya memberikan pembahasan tentang kesehatan burung kacer. 

tentang kekurangan protein kelebihan protein metabolisme tubuh Fungsinya untuk apa sih supaya kalian mengerti tentang kesehatan burung kacer kalian masing-masing ya gak ada orang itu yang membeli burung kacer dengan harga yang mahal 5.000.000 belinya karena burung kacer ini juara terus menguasai lapangan sampai rumah dirawat seminggu sama dia nggak taunya burung kacer ini berubah yang tadinya bagus jadi ancur akhirnya bingung lah di mana nih Beli sudah mahal ya Gak mau dijual lagi nggak mungkin orang mau beli lagi 5.000.000 itu enggak mungkin akhirnya dijual dengan terpaksa tadi beli 5.000.000 akhirnya jual 600.000 hah ya kan ini kan sangat memperihatinkan sekali ya gak karena apa? Karena perawatan yang diberikan ya cuman ngikutin Oh ini settingan hariannya jangkrik lima pagi 5 sore 5 yang ini kasih kroto, ini kasih ulat Hongkong. yang ngikutin hanya mengikuti tanpa tahu ilmunya yang terjadi adalah hasilnya pun kita nggak akan tahu dengan karena kita cuman mengikuti hasilnya kita nggak akan tahu tapi kalau kita tahu, Oh burung kacer ini enggak sehat nggak mungkinlah saya berikan extra puding kotorannya masih besar-besar seperti ini, saya harus memberikan rawatan penjemuran supaya metabolisme tubuhnya bagus supaya kandungan protein dalam tubuh itu bisa dicerna yang cuman 16 persen 18 persen dia bisa cerna dengan baru. 

setelah kotorannya bagus kita berikan ef Tapi sebelum memberikan ekstra puding harus dicas dulu supaya kita tahu Bagus atau tidak akan seperti itu saya berikan contoh ada temen saya dia punya burung kacer yang dirawat untuk jerawat biasa-biasa saja bahkan dikatakan enggak terlalu Dirawat sama sekali nggak ada perhatian sama sekali burung kacer nya hanya digantung di teras kemudian tempat makannya cuman voer saja nah kemudian dia iseng-iseng ikut latihan karena kepengen kan kok lihat teman-teman ini ngumpul-ngumpul Asik ngopi ngerokok aja pengen lah ikut latihan burung kacer dibawa ke tempat latihan ternyata burung kacer nya ini kan lepas bahan bukan burung kacer yang sudah mapan tetapi burung kacer yang lepas bahan tapi udah lama jadi sampai di tempat latihan ternyata burung kacer nyariin mau narung Mau buka suara Akhirnya dipuji-puji oleh kami kan. Oh bagus nih burung kacer nya nih punya mental ini burung kacer prospek ini harus Kamulah rawat dengan baik akhirnya di otak dia om saya berarti harus merawat dengan baik ini burung kacer ini ah mulai besok tak berikan pemandian rutin pagi Kemudian sore Kemudian extra fooding yang mau tak kasih jangkrik 12 -12 akhirnya Minggu berikutnya Dia bawa lagi ke tempat latihan hasilnya apa ternyata burung ini berubah 180° yang tadinya mau narung, sekarang enggak mau narung sama sekali plonga-plongo bengong yang perawatnya bingung lah kemarin mau narung kok ini nggak mau narung lagi. 

akhirnya malu sama temen-temen kemarin dipuji-puji sama temen-temen sekarang malah hancur kenapa bisa seperti itu karena dia terlalu cepat untuk memberikan rawatan Mandi kemudian extra puding terlalu cepat melompat dengan dia karena dia enggak tahu kondisi sistem pencernaan burung kacer nya sistem metabolisme tubuhnya, Seandainya saja Dia santai Oh burung kacer saya ini nggak dikasih apa-apa cuman dirawat seperti itu saja nol extra puding nggak mandi sama sekali burung kacer ini mau narung. Oh berarti burung kacer ini tetap perawatan seperti ini cuman butuh istirahat saja yang ternyata berikan 1 pagi dan 1 sore nanti mau tak lihat perubahannya Seperti apa kan dari situ akan ketahuan ya gak muka burung kacer nya no extra puding nggak dikasih apa-apa udah mau narung di lapangan udah mau narung di tempat latihan. nah begitu cara nyari setingan Jangan keburu nafsu jangan main langsung Joor mentang-mentang burung dipuji-puji Wah bagus ini burung kacer ini punya mental ini langsung main jor-joran langsung. dirawat dengan kasih sayang jangan dikasih makan sekencang-kencangnya burung kacer enggak tahu kondisinya seperti apa Nah jadi kalian dari sini pasti bisa memahami ketahui dulu kesehatan burung kacer kita saya kan kalau dia sudah sehat dengan menggunakan poor saja atau kalian balik dengan ekstra puding saja tanpa voer sama sekali kalian melihat dia sehat baru kita berikan settingan yang pas untuk dia bertahap step-by-step jangan kau nafsu kalau kita enggak bertahap kita nggak akan tahu hasilnya kalo kita hitungan 12345 karena kalau 1387 itu kan kita akan pusing sendiri. 

Oke pembahasan kali ini semoga infonya bermanfaat silahkan pahami burungny masing-masing jangan langsung seting kalau belum tau keadaan burung sampai di sini dulu sekian dan terimakasih wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh salam kicau mania.