Filosofi Dan Tuah Perkutut Katuranggan Raja Wana



    Master Kicauan - Assalamualaikum Rahayu salam sejahtera, Pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang filosofi dan buah perkutut katuranggan rojowono.

katuranggan pada burung perkutut adalah tanda berupa ciri fisik tertentu yang berbeda dengan burung perkutut pada umumnya, mulai dari kelainan pada paruh, mata, bulu sampai pada sisik kakinya.

salah satunya yang akan saya bahas pada artikel kali ini adalah perkutut katuranggan rojowono yang memiliki ciri khusus pada sisik kakinya. 

perkutut ini memiliki sisik di kedua kakinya yang terbelah atau menyilang penuh dari atas sampai ke bawah dengan susunan sisik yang rapih, sekilas bentuk sisik kakinya mirip dengan perkutut rejeki bedanya Sisik dikedua kakinya terbelah. 

meski tidak terbelah seluruhnya Selain itu kaki perkutut juga berwarna hitam mengkilap jadi yang termasuk perkutut katuranggan rojowono belahan sisi pada kedua kakinya harus penuh dan rapi tidak terputus dari atas sampai bawah.

perkutut rojowono dinilai baik untuk dipelihara karena dipercaya memiliki Tuah untuk kewibawaan dan kepemimpinan yang akan membuat pemiliknya di segani dan di hormati oleh banyak orang. 

seperti halnya perkutut katuranggan yang lain perkutut rojowono juga memiliki filosofi yang berkaitan dengan tuanya rojowono, bisa diartikan raja atau penguasa hutan jadi kata Rojo yang artinya raja atau  Wono yang artinya hutan.

perkutut katuranggan rojowono memiliki makna sebagai pitutur atau wejangan tersirat untuk para pemimpin. 

tidak disampaikan dari aturan rojowono yaitu Jika seorang pemimpin yang disegani dan dihormati maka dia harus dapat bersikap adil mengayomi dan bisa mensejahterakan orang-orang yang dipimpinnya. 

bukan malah menindas dan memanfaatkannya untuk kepentingan pribadi dan golongannya, begitu disimbolkan dengan bentuk sisik kakinya yang terbelah seimbang dari atas sampai ke bawah yang melambangkan keseimbangan dan keadilan untuk semua golongan. 

baik kalangan atas maupun kalangan bawah Jika seorang pemimpin dapat mengayomi dan bersikap adil kepada orang-orang yang dipimpinnya tanpa terkecuali maka dia akan memiliki Wibawa dan Kharisma serta akan dihormati dan dicintai oleh rakyatnya atau orang-orang yang dipimpinnya. 

demikian sedikit informasi tentang filosofi dan Tuah perkutut keturunan rojowono yang dapat saya sampaikan pada artikel kali ini semoga bermanfaat terima kasih assalamualaikum waramatuallahi wabarakatuh.