4 Perkutut Katuranggan Yang Ciri-Cirinya Terdapat Di Mata




Master Kicauan - Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh, Alhamdulillah saya bisa berjumpa lagi dengan dulur yang setia sedang membaca artikel saya. Terima kasih semoga kita semuanya diberi kesehatan jiwa dan raga oleh Allah subhanahuwata'ala diberi rezeki yang banyak alohuma Amin. langsung saja Pada kesempatan kali ini saya akan membahas 4 katuranggan yang ciri-cirinya terdapat di mata, ini ciri-ciri dominan ada di mata yaitu apa saja perkututnya sebagai berikut : 

1.  Purnomo Sidi

kalau purnomo sidi itu terlihat kalau sekilas terlihat hitam tetapi untuk ketika sinar matahari itu semu kemerahan dan ules pun otomatis kemerahan itu untuk purnomosidi bagus dipelihara dan jarang orang yang punya.

2. Mercu Jiwo 

kalau mercu jiwa itu matanya itu kuning Kuning cerah ya tetapi tidak pucat kalau pucat itu beda lagi apalagi kuningnya hanya disebelah entah itu di mata kanan atau kiri itu belum masuk gitu ya. Apa itu tadi mercu jiwa juga kalau tembusan yang lain juga itu kekuningan juga untuk Bulu, dan bagus dipelihara ini jarang banget orang yang mempunyai. 

3. Condro Mowo

Terus yang selanjutnya ini yang jarang diketahui sedulur sedulur ya terutama yang awam itu yaitu perkutut Condromowo ini sangat langka, karena gimana lagi saya sampai sekarang itu belum pernah melihat yang namanya perkutut Condro mowo baik di dunia maya, Dunia metsos atau dunia nyata. perkutut ini tuh kalau dilihat itu matanya merah-merahnya yah seperti mata perkutut albino gitu ya Kalau salah mohon dikoreksi karena saya belum pernah melihat langsung gitu ya sekilas Ia memang langsung merah seperti perkutut albino. itu kan merah perkutut putih albino itulah merah. berbeda-beda sepintas melihat perkutut purnomosidi kalau purnomo sidi Itu sekilas nampak hitam. condromowo bagus ulesnya juga otomatis ngikut mata kemerahan.

4. Wisnu Murti

Selanjutnya adalah perkutut Wisnu Murti, kalau wisnumurti itu hitam matanya hitam hitam semua, ini juga sangat langka kalau hanya hitam itu banyak tetapi untuk tembusannya itu sangat sulit karena palaan hitam Terus ules hitam dan sebagainya identik dengan hitam untuk Ciri fisiknya yang lain selain makanya untuk ini untuk wisnumurti bagus dipelihara. 

Terus mungkin ada yang tanya rondo semoyo bagaimana? Nah kalau rondo semoyo kan hanya di luar luar mata yaitu di area apa namanya Genta itu rondo semoyo itu kan kuning, dan untuk rondo semoyo cirinya sebenarnya enggak hanya kuning saja karena masih ada ciri fisik yang lain. mungkin kalau biasanya untuk rondo semoyo kalau jalan itu geal-geol seperti bebek. kalau hanya kuning-kuning saja Maksudnya di pinggir atau tentang kalau kentalnya kuning itu jangan langsung dianggap itu rondo semoyo karena saya pernah melihat itu bagian dekat mata atau genta nya itu kuning semua. satu obyokan dan ada puluhan Apakah itu juga katurangganya rondo semoyo semua kan tidak.

 karena gimana kalau membahas itu otomatis kita membahas endemik dan juga tangguh jadi saya stop untuk yang rondo semoyo. intinya 4 katuranggan yang ciri-cirinya dominan terdapat di mata yaitu tadi  punomo sidi, mercu jiwa, Condromowo dan wisnumurti. kiranya cukup Umpama saya ada kekurangan mohon ditambahi kalau ada kelebihan mungkin dikurangi, kalau ada salah dibenarkan kita sama-sama belajar saya master kicauan Semoga apa yang saya sampaikan bermanfaat salam terang salam budaya salam Lestari wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh.