Filosofi Dan Tuah Perkutut Katuranggan Lurah




    Master Kicauan - Rahayu Rahayu salam sejahtera semoga para pemirsa yang berada di dalam negeri dan luar negeri selalu mendapatkan keselamatan, kesehatan, ketentraman dan rezeki yang melimpah ruah.

menurut keyakinan kuno tradisi budaya adat Jawa burung perkutut dipercaya memiliki kekuatan gaib yang bisa mempengaruhi kehidupan sehari-hari pada pemilik maupun pemeliharaannya. 

dan juga diyakini akan mempengaruhi kehidupan dalam satu keluarga dalam tradisi budaya suku Jawa burung perkutut yang berkaturanggan dianggap burung istimewa, perkutut katuranggan juga dibuat ikon bagi suku tanah Jawa selain dinikmati suara anggungan nya.

burung perkutut juga diambil manfaat dari kekuatan gaib yang dipercaya bisa merubah keadaan bagi yang memeliharanya dalam dunia, perkutut juga terkandung makna filosofi yang mengajarkan tentang tata cara hidup yang berbudi pekerti luhur. 

ilmu katuranggan ini itu suatu ajaran budi pekerti yang luhur dari sifat burung perkutut maupun suara bentuk warna serta jumlah sisik kaki yang jadi simbol hidup bagi manusia belajar dengan perkutut.

 katuranggan Lurah, perkutut katuranggan Lurah itu memiliki ciri mati yang dilihat dari ules dan sifat burung perkutut Lurah memiliki ciri mati pada ules bulu bagian dada berwarna keputih-putihan sedangkan lurik bulu, luriknya menyerupai Sisik ular. 

ciri mati sifat yang berada pada katuranggan Lurah mempunyai kebiasaan yang berbeda dengan burung perkutut lainnya, jenis katuranggan Lurah tidak pernah turun ketanah jika mencari makan dan minum ada perkutut lain yang menyuapinya. 

ini konon ceritanya kalau yang katuranggan Lurah itu yang jantan biasanya yang betina yang menyuapi apabila yang yang berkaturanggan Lurah itu betina biasanya yang jantan yang menyuapi. 

burung katuranggan Lurah cocok dipelihara oleh para pemimpin dan para kepala kepala instansi dalam pemerintahan, mitos memelihara katuranggan burung perkutut Lurah akan mendapatkan kekuatan gaib yang bisa menambah kewibawaan dan mendatangkan rezeki yang melimpah ruah. 

isi makna katuranggan Lurah, manusia untuk mendapatkan rezeki yang melimpah ruah dan berwibawa manusia dasarkan untuk konsisten dengan apa yang sudah diucapkan seperti perkutut yang memiliki suara yang indah khas dan tidak terpengaruh oleh suara-suara burung yang lain. 

belajar dari lurik yang seperti sisik ular dan bagian dada berwarna putih itu penggambaran bahwa manusia senantiasa untuk menjaga ucapan dan menjaga hati agar tercipta ketentraman pada diri sendiri dan bisa menciptakan ketentraman untuk orang lain. 

hal yang paling sulit bagi manusia adalah menyembunyikan dirinya karena harus meninggalkan kesombongannya kemampuannya dan bisa menerima kehadiran orang lain. 

Demikian hal yang Pernah saya dengar dan saya ketahui Semoga semua makhluk yang kelihatan dan tidak kelihatan terbebas dari buka dan menetap. mohon maaf apa bila dalam ucapan dan tulisan saya ada yang salah. Rahayu Rahayu salam kung mania.