Cara Perawatan Cucak Ijo Tipe Panas Agar Tidak Cepat Over Birahi




    Master Kicauan - Halo semua sahabat kicau mania kali ini saya akan membahas tentang setingan cucak ijo tipe panas atau hyper. untuk setingan cucak ijo tipe panas harus lakukan pengembunan secara rutin, pengembunan secara rutin dapat memulihkan kondisi burung yang mengalami drop mental termasuk burung yang kurang Vit akibat belum siap mental. 

saat pengembunan Anda bisa memberinya buah pisang yang telah diolesi dengan multivitamin atau madu serta beberapa ekor jangkrik untuk membuatnya menjadi lebih aktif di pagi hari dan juga mandi air dingin air es setelah Matahari mulai terbit. mandikan cucak hijau dengan menggunakan air dingin air es, cara memandikannya bisa dilakukan dengan semprot atau menggunakan karamba. 

mandi perlu diperhatikan saat memandikan dengan air dingin air es sebaiknya tak dilakukan hingga basah kuyup lakukan terapi mandi tersebut Setiap beberapa hari sekali selanjutnya mandi sauna atau terapi sauna mandi sauna adalah istilah Kicau mania ketika menjemur cucak hijau dengan kondisi sangkar full krodong. 

biasanya setiap beberapa menit sekali kerodong disemprot halus dengan menggunakan sprayer hal ini dimaksudkan untuk menjaga suasana didalam sangkar agar tetap lembab, banyak kicau Mania yang menganggap terapi ini sebagai langkah kontroversial, tetapi tak sedikit yang mengakui kalau mental Burung yang makin meningkat setelah melakukan terapi sauna. 

Namun perlu diperhatikan bahwa pengkrodongan dengan suhu panas dalam waktu yang lama justru akan membuat masa perontokan menjadi lebih cepat. Selain itu, burung juga cenderung mengalami sakit tenggorokan, serak, dll. jadi kalaupun Anda tetap ingin mencoba terapi sauna lakukanlah dalam waktu tidak terlalu lama jangan pada saat sinar matahari sedang terik teriknya atau pada siang hari bolong. 

tempat terapi petak umpet ucing Sumput terapi petak umpet atau dalam bahasa Sunda disebut ucing Sumput bukan berarti mengajak burung anda untuk bermain kucing-kucingan ini adalah teknik untuk membangkitkan menumbuhkan mental dan sifat Fighter burung cucak hijau. caranya sangkar berisi cucak hijau yang rajin bunyi didekatkan dengan sangkar cucak hijau yang mau dilatih mentalnya jika burung merespon dengan gaya ngentrok atau mengeluarkan suaranya segera jauhkan keduanya agar tak bisa lagi saling melihat. terapi ini bisa dilakukan setiap beberapa hari sekali dalam satu minggu. 

rawatan selanjutnya berikan pakan full EFnya Kicaumania yang lebih memperhatikan pemberian pakan tambahan extra fooding berupa buah-buahan dan serangga, ketimbang voer Hal ini dilakukan untuk menjaga kualitas suara dan mental burungnya nya agar tidak mudah ngedrop ketika dilombakan. Berbeda dengan perawatan burung pemakan serangga seperti kacer atau murai batu, perawatan tanpa voer yang dilakukan pada cucak ijo lebih mudah dilakukan dalam keseharian, kita hanya membutuhkan pisang kepok ekstra fooding seperti jangkrik terus ulat hongkong.

Nah pisang kepok yang diberikan ini biasanya tidak habis dalam waktu sehari Jadi cukup aman jika Anda tak bisa menjaga burung sepanjang hari lantaran harus bekerja atau beraktivitas lainnya selanjutnya kerodong pada malam hari pengerodongan sangkar cucak hijau pada malam hari sangat penting untuk menjaga kondisi burung agar tetap segar dengan stamina Prima pada keesokan harinya.

namun tidak sedikit kicau Mania yang mengerodong burung ya karena cucak hijau selalu ketakutan Grabag grubug saat dikerodong rasa takut ini muncul lantaran cucak hijau tak terbiasa dikerodong atau karena burung memang belum berumur mapan. sekian tips kali ini semoga bermanfaat apa bila ada salah - salah kata atau pengetikan dalam penulisan mohon maaf terimakasih salam kicau mania.