Cara Mengatasi Murai Batu Mabung Tidak Tuntas Mabung Kering



    Master Kicauan - Halo apa kabar sahabatku kicau mania jumpa bersama master kicauan oke di kesempatan kali ini saya akan membahas bagaimana cara penanganan yang tepat untuk murai batu mabung yang tidak tuntas. burung Murai Batu yang sedang mengalami atau melewati masa mabungnya tentunya butuh ketenangan jadi cara mudah untuk menganalisa si Burung ini ingin mabung atau tidaknya teman-teman sahabat Kicau mania bisa melihat kondisi bulu pada lingkar mata di atas alisnya itu yang agak kotak dan kusam ya teman-teman. memang secara langsung apabila burung ini mabung juga bisa dilihat dari bulu-bulunya bulu sayap atau ekornya yang tampak jelek dan kusam bukan berarti bulu yang terlihat jelek pasti akan rontok bulu, belum tentu banyak faktor yang membuat bulu burung murai batu terlihat rusak atau jelek ya mungkin akibat dari penjemuran yang terlalu lama Namun bisa juga akibat burung sehabis mandi langsung dijemur di panas matahari tanpa langsung dikeringkan terlebih dahulu itu juga bisa. 

jadi salah satu faktor penyebabnya bisa juga dari kotoran yang ada didalam sangkar burung teman-teman kurang rajin untuk membersihkannya Kita juga bisa jadi kebanyakan bulu ekor yang sering rusak dikarenakan terkena kotoran burung itu sendiri. lalu apa Penanganannya untuk burung Murai Batu yang sedang rontok bulu? jadi Disini yang jelas burung murai batu itu butuh ketenangan dan jangan terusik dan terganggu baik itu dari faktor lingkungan hewan predator yang dapat membahayakan dan mengganggu proses rontok bulu tersebut Jadi intinya kondisikan burung murai batu anda di tempat yang nyaman sepi tenang jauhkan terlebih dahulu dari burung ocehan lainnya yang gacor yang dapat memancing suara aktivitas burung murai tersebut terus. Apa masalah yang ditimbulkan apabila burung Murai Batu yang sedang mabung itu terganggu atau sering diganggu pada umumnya maka burung murai batu akan berhenti mabung dikarenakan stress dan bisa menurunnya penampilan kicauan baik itu mental dan suara yang membuat masalah besar bagi teman-teman burungnya tidak bisa tampil top perform nantinya tidak seperti sebelumnya yang menyebabkan burung ini tidak total mabung atau mentas. 

langkah yang tepat dan melakukan perawatan murai batu saat mabung adalah setop pemberian extra fooding begitu jangkrik kroto maupun ulat Hongkong dan hanya diberikan pakan voer harian saja atau bisa diberikan voer khusus ayam atau yang sering digunakan untuk pakan ayam dalam membersihkan kotoran cukup 2-3 hari saja. biasanya saya juga sambil mengecek dan memberikan Pangan dan minumnya serta sangkar burung wajib full dikerodong setiap hari dan ada beberapa teman-teman sahabat Kicaumania mengalami masalah mabung pada burungnya yang bertanya burung sudah jelek bulunya terlihat usang akan tetapi bulu-bulu lainnya sangat lama sekali rontoknya atau tidak rontok atau istilahnya mabung kering dan mabung yang macet ini bisa disebabkan karena apa mungkin settingan yang teman-teman berikan pada burung murainya masih settingan lomba Anda masih mengupayakan  untuk dilombakan ini juga bisa penyebabnya. namun ada juga yang berbeda karakter dari setiap bisnis burung tersebut memang ada yang disetting menggunakan extra fooding Yang intinya untuk mendongkrak lomba terlebih dahulu kemudian burung dilombakan dengan kondisi yang tidak memungkinkan, dengan harapan setelah pulang dari lomba tersebut akan kita druopkan porsi pakan ekstra pudingnya yang nantinya burung akan kaget dan akhirnya proses rontok bulu akan berlangsung dengan lancar. 

memang juga ada dari beberapa teman-teman kicau lainnya yang menggunakan cara ini namun jika masih sulit untuk rontok bulu teman-teman juga bisa memberikannya dengan aroma-aroma yang sangat menyengat pada sangkarnya yaitu dengan menggunakan potongan daun pandan yang wangi letakkan di dasar sangkar nya dan kemudian kembali dikerodong cara ini juga sangat ampuh untuk digunakan Oke teman-teman dari pengalaman kami yang paling ampuh adalah kita berikan daun dan lalu kita gantung di atas. jadi kondisikan burung ini di dalam ruangan yang sangat dingin ya teman-teman atau lembab jadi cara itu sangat mudah untuk membuat burung murai batu menjadi rontok bulu lebih cepat atau menyelesaikan masa mabung lebih cepat. 

oke teman-teman demikian informasi yang dapat kami berikan tentang murai batu mabung tidak tuntas yang kiranya dapat bermanfaat bagi teman-teman Kicau mania, Terima kasih semangat selalu selam sukses untuk kita semua salam kicau mania.