Perawatan Burung Pleci Cepat Ngeplong Tanpa Doping

 

Burung Pleci dakun dan dabu


     Master Kicauan - Cara perawatan burung pleci buat teman-teman yang sudah merawat lama burung pleci tapi tidak ngeplong ngeplong atau buka paruh, tapi teman-teman takut untuk browsing atau nggak suka doping. kali ini saya akan berbagi perawatan harian burung pleci, semoga bermanfaat buat teman-teman yang kita langsung saja.

Halo berjumpa lagi dengan master kicauan kali ini saya akan membahas tentang burung pleci, perawatan burung pleci kita tahu sendiri burung Pulau ini adalah burung kecil mungil yang dulu itu sangat banyak dijumpai di sekitar kita ya, Tapi sekarang sudah langka di sekitar Jakarta banyak yang menangkap Karena harganya yang lumayan mahal dan tinggi, apalagi untuk yang Pleci Dada Kuning seperti ini karena untuk dada kuning atau putih lokal akan relatif lebih mahal karena tembakannya lebih nyaring dan biasanya kerap juara di perlombaan. bagaimana rawatan burung pleci ini untuk hariannya Ya saya akan berbagi pengalaman saya dalam merawat burung pleci tapi untuk saat ini tanpa doping dulu untuk perawatan standar belum pricing langsung saja.

pertama saat belum merawat burung pleci ini yaitu kebersihan kandang karena kebersihan itu sesangat penting ya untuk burung apalagi yang dari didalam sangkar agar burung itu merasa nyaman, didalam sangkar untuk tangkringannya sebagian besar bahwa bercinta pleci itu lebih menyukai tampilan yang seperti tangkringan lampu Cina karena burung akan lebih cengkraman itu lebih kuat karena ini agak licin ya. biasanya dia burung akan cengkramannya itu akan lebih kuat.

kedua pakan voer ini bisa macam-macam kalau saya sudah cuma pakai SKM itu harga 5000an ya dan yang ini untuk airnya saya berikan yang besar biar dia bisa mandi sendiri, ini untuk perawatan harian dan buah jangan lupa agar burung pleci bisa memakan buah karena sejatinya belum begitu makan buah Walaupun dia juga memakan serangga. terus untuk hariannya kalau saya pagi itu saya kasih dua ulat Hongkong yang putih ya untuk yang putih2 saja itu disini biar buat proteinnya lebih tinggi, Terus bagaimana sih kalau belum begitu ngeplong cuma ngriwik saja atau Ada hal sudah dirawat lama tapi dia tidak buka paruh yang tanpa dopping, yang pertama untuk membuat burung pleci buka paruh yang pertama yaitu coba burung itu dikerodong dulu, burung itu dikerodong dulu istilahnya itu full krodong dibuka hanya pas saat pengembunan. dan Kalau bisa pas pengembunan itu ditempatkan yang agak tinggi ya biar burung begitu suaranya tetap Los tidak pelan tuh. tidak ditempat yang rendah tapi di tempat yang agak tinggi agar burung pleci itu suaranya lebih los.

setelah pengembunan kita krodong lagi dan dijemur sebentar dengan krodong paling cuma 15 menit untuk teman yang bekerja itu juga bisa dilakukan di malamnya kita bersihkan malam atau sore ya kalau kita pulang kerja kita bersihkan tapi kalau sempat pas sorenya itu kita buka sekitar 15 menit sampai 30 menit ditempatkan yang agak tinggi Kalau ada suara terapi pleci itu juga bagus diputarkan saat kita menggantung pleci di sore hari,  jangan untuk malamnya malamnya bisa dikrodong tapi kalau biasa masteran ya tetep dimasteri biar belum begitu emosinya terkontrol dan dia menangkap masteran itu.

saat pagi hari kita buka buat mengeluarkan emosinya yang tadi dan biasanya akan cepat ngeplong tetapi itu yang tanpa dopping kalo ada yang pengen doping nanti saya akan buatkan tulisan yang selanjutnya untuk pemandian sendiri belum bersih, Kalau saya sendiri cuma pas waktu luang saja ya Coba sering mandi di Cepuk ini bukan burung lomba jadi saya cuma Biarkan saja di mandi disemprot kalau belum lomba biasanya dikasih cepuk kecil jadi kita bisa mengatur mandinya dan mengatur emosinya agar  tetap toperform. 

nah udah itu adalah tips untuk merawat burung pleci harian ya jangan lupa untuk tetap mengganti  setiap hari dan membersihkan kandang dan kalau buah kau bisa dua hari sekali walaupun masih tetap diganti biar fresh kalau bisa ya diselang seling seperti pepaya, pisang, jeruk, apel tapi kalau pepaya pisang juga sudah bagus untuk itu perawatan. saya akhiri sampai disini kalau ada yang perlu ditanyakan langsung bisa isi form pertanyaan. nanti saya akan membahasnya semoga bermanfaat salam pleci mania.