Filosofi Dan Tuah Perkutut Katuranggan Borok Sono


    Master Kicauan - Assalamualaikum Rahayu salam sejahtera Pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang filosofi dan Tuah perkutut katuranggan borok sono. perkutut katuranggan borok sono memiliki ciri khusus terdapat bulu-bulu berwarna coklat muda diantara bulu-bulunya yang berwarna normal sehingga terlihat lebih menarik dibanding perkutut lain.

pada umumnya selain memiliki warna bulu yang bagus perkutut blorok Sono juga dinilai baik untuk dipelihara karena dipercaya memiliki Tuah untuk kerejekian Dan meletakkan tercapainya cita-cita,  perkutut merupakan salah satu media yang digunakan oleh para leluhur terdahulu untuk menyampaikan pesan secara tersirat.

Jadi sebetulnya dibalik kepercayaan akan tuah berkaturanggan ada petuah-petuah bijak yang bisa dijadikan sebagai tuntunan hidup. Sono yang dimaksud adalah pohon sono atau Angsana sebagai simbol kekuatan yang membumi.

pohon sono merupakan penghasil kayu berkualitas tinggi karena selain keras dan ulet warna kayu sono juga sangat khas yaitu coklat kemerahan dengan serat kayu yang indah. pohon sono memiliki batang dan akar yang kokoh serta tahan terhadap perubahan iklim bahkan perubahan cuaca yang ekstrem justru akan membuat tekstur kayu sono menjadi semakin keras dan warnanya menjadi lebih indah.

hal itu menggambarkan bahwa masa-masa sulit tidak membuat pohon sono berhenti berkembang atau bahkan mati tapi justru membuatnya menjadi semakin berkualitas nantinya, ranting pohon sono pangkal yang tumbuh di dekat batangnya kebanyakan muncul bertambah seakan menggambarkan kerendahan hati sebagai manusia.

darinya kita bisa bersikap rendah hati meskipun sudah berada di posisi yang tinggi hendaknya tetap melihat kebawah agar selalu bersyukur dan tidak bersikap angkuh itulah pesan yang hendak disampaikan dari perkutut katuranggan blorok sono. 

Bahwa untuk menjadi besar dan kuat maka kita harus bisa melewati berbagai macam rintangan dan bisa bertahan dalam berbagai kondisi karena semua kesulitan dalam hidup ini akan membentuk kita menjadi manusia berkualitas yang tahan banting. 

demikian sedikit informasi tentang filosofi dan tuah perkutut blorok sono yang dapat saya sampaikan pada artikel kali ini semoga bermanfaat terima kasih assalamualaikum Rahayu salam sejahtera.