Filosofi Dan Tuah Perkutut Katuranggan Talang Mas


 


    Master Kicauan - Assalamualaikum Rahayu salam sejahtera Pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang filosofi dan tuah perkutut katuranggan Talang Mas. perkutut lokal memang memiliki daya tarik tersendiri bagi penggemarnya karena selain memiliki suara anggungan yang Merdu, Burung ini juga dianggap memiliki Tuah atau manfaat tertentu sesuai jenis katuranggan atau ciri matinya. bagi para penggemar perkutut katuranggan biasanya tidak terlalu mementingkan kualitas suara perkutut yang dipeliharanya karena yang terpenting adalah tuah perkutut katuranggan yang paling banyak dicari adalah yang tuahnya untuk rezekian atau kemakmuran.

    Ada banyak sekali jenis katuranggan perkutut lokal yang dipercaya memiliki Tuah untuk kerejekian salah satunya adalah perkutut katuranggan Talang Mas. perkutut katuranggan Talang Mas memiliki ciri khusus terdapat sehelai bulu yang tumbuhnya terbalik dan bulu ini akan tetap tumbuh terbalik meskipun sudah dicabut atau Setelah mengalami proses mabung. perkutut katuranggan Talang Mas dipercaya memiliki Tuah untuk rezekian sesuai dengan filosofi namanya Talang adalah saluran air hujan sedangkan emas artinya adalah emas atau logam mulia, Talang Mas bisa dimaknai sebagai sebuah harapan agar pemilik perkutut ini dapat dialiri rezeki yang melimpah dan dapat menampungnya atau menyimpannya yang disimbolkan dengan Talang untuk menampung dan emas yang merupakan logam mulia bernilai tinggi yang menjadi lambang kemakmuran atau kekayaan.

    Jadi perkutut aturan tentang masa adalah sebagai sarana untuk memudahkan datangnya rezeki dan kekayaan bagi orang yang memeliharanya, perkutut katuranggan Talang Mas juga memiliki filosofi sebagai tutor atau jangan tersirat agar memilih perkutut ini bisa menampung hal-hal yang baik dan menjadi pribadi yang mulia. katuranggan Talang Mas juga merupakan pesan tersirat bagi pemiliknya agar menyisihkan sebagian rezekinya untuk orang lain yang membutuhkan seperti halnya Talang yang menampung air hujan untuk dialirkan ke tempat lain. karena dengan bersedekah maka harta yang dimilikinya akan menjadi berkah dan semakin bertambah, meskipun burung katuranggan dipercaya memiliki Tuah yang dapat mempengaruhi kehidupan pemiliknya Tapi sebaiknya jangan terlalu mengagungkan makhluk karena sebetulnya setiap nama katuranggan perkutut memiliki makna yang harus dipahami secara mendalam agar tidak salah pemahaman.

    Sebaiknya maknailah perkutut katuranggan sebagai harapan atau doa dan tetap melakukan usaha nyata untuk mencapai semua harapan dengan selalu berdoa bekerja dan berusaha semaksimal mungkin, keberuntungan dan nasib baik akan datang jika kita merasa senang atau bahagia memiliki perkutut. sebab jika kita merasa senang memiliki burung perkutut tersebut maka tanpa disadari hati kita akan selalu bersyukur setiap kali memandangnya atau setiap kali mendengar suara anggungan. dan lainnya jika kita selalu bahagia dan bersyukur maka Tuhan akan menambahkan nikmat dan karunianya kepada kita orang yang memelihara burung perkutut dan bisa menikmatinya pasti akan memiliki kehidupan yang tenteram dan damai.

    Karena burung perkutut memang cocok menjadi burung peliharaan bagi orang-orang yang ingin menikmati hidup jadi agar bisa merasakan tuah dari perkutut katuranggan secara maksimal Pahamilah makna dari katuranggannya kemudian terapkan dalam kehidupan sehari-hari. demikian sedikit informasi tentang filosofi dan tuah perkutut katuranggan Talang Mas yang dapat saya sampaikan kali ini semoga bermanfaat terima kasih assalamualaikum Rahayu salam sejahtera.