Makna Filosofi Dan Tuah Perkutut Katuranggan Surung Drajat



Master Kicauan - Assalamualaikum Rahayu salam sejahtera, Pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang makna dan tuah perkutut katuranggan surung drajat. perkutut katuranggan surung drajat memiliki ciri khusus terdapat sehelai bulu berwarna putih pada bagian ekornya, bulu putih ini akan tetap tumbuh jika dicabut atau rontok karena mabung. Jadi jika setelah dicabut atau setelah mabung ternyata tubuhnya Normal atau berwarna coklat abu-abu berarti bulu putih tersebut adalah bulu palsu atau disemir.

perkutut katuranggan surung derajat dinilai baik untuk dipelihara karena dipercaya memiliki Tuah untuk menaikkan derajat atau status sosial pemiliknya, tuahnya hampir sama dengan pamor Keris junjung drajat yaitu untuk meningkatkan derajat pemiliknya. surung artinya dorong atau mendorong sedangkan derajat artinya pangkat atau kedudukan jadi surung derajat dapat diartikan mendorong derajat. jika diartikan dari namanya perkutut katuranggan surung derajat memiliki tuah untuk mendorong derajat atau kedudukan pemiliknya sehingga status sosialnya di masyarakat akan meningkat. 

tapi sebetulnya perkutut katuranggan surung derajat atau memiliki makna yang dalam tentang kehidupan dan spiritual filosofinya jika ingin memiliki pangkat atau kedudukan tinggi maka kita harus lebih menonjol dari yang lain tentunya menonjol dalam hal yang positif seperti berlaku yang baik prestasi dan dedikasi pada pekerjaan, dan jika kita ingin memiliki nama baik di masyarakat maka kita harus menjadi orang yang baik di sekitar lingkungan kita. seperti yang disimbolkan Dengan sehelai bulu putih diantara bulu-bulu yang lain. sedangkan dari sisi spiritual perkutut katuranggan surung derajat memiliki makna sebagai nasehat atau tutur jika ingin memiliki derajat yang tinggi di sisi Tuhan maka kita harus menjadi orang yang berhati bersih dan tidak terpengaruh dengan nafsu duniawi yang disimbolkan Dengan sehelai bulu berwarna putih di antara bulu bulu lainnya. 

jika kita memelihara burung perkutut sebaiknya jangan terlalu mengharapkan tuahnya karena bisa jadi kita akan kecewa ketika apa yang kita harapkan tidak kunjung datang dalam memelihara burung perkutut baik yang berkaturanggan atau yang tidak berkaturanggan sebaiknya tetap dirawat dengan baik dan ikhlas jangan sampai burung tersebut kelaparan dan kehausan. jika kita merawatnya dengan baik tentunya burung akan menjadi sehat aktif dan rajin manggung setelah perkutut rajin manggung atau ini tentunya akan membuat kita merasa bahagia ketika mendengarkan, suara anggunganya yang merdu. sehingga akan membawa energi positif dalam kehidupan kita jika setiap hari kita selalu merasa bahagia dan selalu berpikir positif maka akan lahir ide-ide Cemerlang sehingga dapat menciptakan peluang-peluang baru yang akan memperbaiki kehidupan kita. 

Itulah sebetulnya inti dari memelihara burung perkutut katuranggan yang baik akan mengarahkan pikiran kita pada hal-hal yang baik sehingga ia akan terjadi dalam kehidupan kita adalah hal-hal yang positif, sedangkan katuranggan yang dianggap buruk akan mengganggu pikiran kita dan mengarahkan pikiran kita menjadi negatif sehingga ia akan terjadi adalah hal-hal yang negatif. Jadi intinya rawatlah burung perkutut yang kita pelihara dengan baik dan ikhlas. karena kebaikan yang kita lakukan akan kembali pada kita sebagai kebaikan, soal Tuah pada perkutut surung derajat akan dapat dirasakan jika sudah ada kecocokan dan keselarasan dengan pemilik. jika kita sudah memahami makna dan pesan dari katuranggan tersebut kemudian menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari. 

demikian sedikit informasi tentang makna dan Tuah perkutut katuranggan surung derajat yang dapat saya sampaikan pada tulisan kali ini semoga bermanfaat terima kasih. assalamualaikum Rahayu salam sejahtera.