Makna Dan Tuah Perkutut Katuranggan Jogo Boyo



    Master Kicauan - Hai assalamualaikum salam sejahtera, pada tulisan kali ini saya akan membahas tentang perkutut katuranggan jogo Boyo.  perkutut katuranggan jogo boyo adalah burung perkutut yang memiliki kebiasaan tidur di dasar kandang.

biasanya tidurnya juga selalu dibawah pintu kandang dan tidak pernah berpindah-pindah tempat meskipun juga ganti kandang, mengingat tidak semua burung perkutut yang tidurnya di bawah termasuk katuranggan jogo Boyo.

karena seringkali burung perkutut yang tidurnya didasarkan kandang disebabkan karena merasa tidak nyaman dengan tangkringan atau tenggeran yang bisa, karena tangkringannya terlalu kecil atau terlalu besar bisa juga.

karena tangkringannya terlalu kecil sehingga burung perkutut tersebut merasa tidak nyaman untuk tidur di tangkringan dan lebih nyaman untuk tidur dibawah, untuk mengetahui apakah perkutut yang hidup dasar kandang tersebut benar-benar berkaturanggan jogo boyo atau bukan.

caranya dengan mengganti tangkringan dengan beberapa kali, dengan ukuran yang berbeda-beda kita liat sampai beberapa hari, kalau burung tersebut masih tetap tidur didasarkan kandang tepat dibawah pintu kandang.

berarti perkutut tersebut memang berkaturanggan jogo boyo tapi jika perkutut tersebut tidur diatas tangkringan berarti perkutut tersebut bukan berkaturanggan jogo boyo tapi hanya bentuk palngkringan biasa yang tidak nyaman dengan tangkringannya sehingga lebih memilih untuk tidur didasarkan kandang. 

perkutut katuranggan jogo Boyo dipercaya memiliki Tuah untuk menjaga dan melindungi pemiliknya serta keluarganya dari mara bahaya terutama yang sifatnya gaib Jogo artinya menjaga, boyo artinya bahaya.

Jadi jogo boyo bisa diartikan menjaga atau melindungi dari marabahaya, kebiasaan perkutut katuranggan jogo boyo yang selalu tidur di bawah pintu kandang merupakan perlambang.

bahwa perkutut tersebut akan selalu siaga menjaga pintu rumah pemiliknya dan siap menjadi palang pintu jika ada mara bahaya yang datang menyerang pemilik rumah.

perkutut katuranggan jogo boyo merupakan pitutur daripada leluhur untuk mengingatkan pemilik ya agar selalu waspada karena kita tidak pernah tahu lihat saat orang lain, dan salah satu cara yang diajarkan oleh para leluhur jawa agar terhindar dari serangan ilmu hitam seperti santet guna-guna teluh dan sejenisnya adalah dengan tidur dibawah atau di lantai tanpa menggunakan ranjang.

itulah makna dan Tuah perkutut katuranggan jogo boyo yang dapat saya sampaikan pada tulisan kali ini semoga bermanfaat terima kasih assalamualaikum salam Sejahtera.