5 Fakta Unik Dan Menarik Tentang Burung Robin



Master Kicauan - Halo assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh, robing adalah salah satu spesies burung yang sangat populer di benua Amerika maupun di Eropa terkenal lincah dan energik burung ini biasanya akan berkicau sepanjang tahun terlebih saat Natal tiba, tidak hanya itu burung robin bahkan telah dijadikan burung Nasional oleh salah satu negara di kawasan Eropa nama robin sendiri menjadi lebih dikenal setelah ditempatkan jadi salah satu karakter manusia super di dunia.

Bukan Tanpa Alasan burung yang satu ini memang memiliki keunikan yang tidak dimiliki spesies burung lainnya penasaran apa saja yuk simak 5 fakta menarik dan unik burung robin sebagai berikut :

  1. memiliki kepekaan yang tinggi terhadap perubahan lingkungan burung robin merupakan salah satu jenis burung yang sangat peka terhadap perubahan lingkungan Salah satu perubahan lingkungan yang sangat terdampak terhadap usia hidup. burung yang satu ini adalah faktor cuaca dan suhu tempat yang sejuk dan Teduh merupakan habitat favorit burung berbulu indah ini oleh karena itu jika kamu berniat pemeliharaannya di rumah disarankan untuk menyediakan sebuah bak air di dalam kandang atau memandikannya setiap hari.
  2. burung robin dapat bersarang di berbagai lokasi tak biasa seperti burung pada umumnya, Robin juga biasanya membangun sarang di tempat tertutup dan jauh dari jangkauan Predator namun yang jadi pembeda adalah Robin bisa besaran di beberapa tempat tidak biasa. seperti gudang, rak sepatu, bot, ranjang gantung, saku mantel, di bawah kap mobil, di mesin pertanian bahkan di atas kapal yang digunakan sehari-hari. meski terkesan tidak mengutamakan keamanan dalam memilih lokasi sarang spesies burung ini dikenal sangat peka jika sarang tersembunyi hanya diketahui oleh Predator termasuk manusia. dengan asumsi bahwa ini terjadi robin sebagian besar segera pindah dan menetap di tempat lain. 
  3. cangkang telur burung robin berwarna biru mirip seperti warna telur bebek jika biasanya telur burung pewarna putih ke jingga jinggaan. burung robin memiliki cangkang berwarna biru cerah dan berukuran sedang warna kulit telur tersebut berasal dari pigmen dalam darah Robin betina hemoglobin dari sel-sel darah yang pecah berubah menjadi pigmen empedu yang dibawa oleh darah Robin betina ke tempat cangkang telur hingga berbentuk. 
  4. memiliki umur yang relatif singkat. rata-rata burung robin hanya mampu bertahan hingga tahun pertama hingga mereka jumlah burung robin yang usaha hidup melebihi tahun pertama biasanya hanya berkisar 5-6 ekor saja pada Februari 2001 labortorium Beat banding di pusat penelitian satwa liar protection menemukan seekor Robin liar yang memiliki usia terpanjang saat ditemukan tercatat. bahwa Robin tersebut sebut telah bertahan hidup selama 13 tahun 11 bulan setelah penemuan tersebut Robin liar tersebut dipelihara dalam penangkaran dan telah bertahan lebih dari 17 tahun.
  5. Robin tandan betina terlihat identik dan sulit dibedakan memiliki ukuran tubuh yang sama-sama mungil Robin dan betina secara kasat mata tampak mirip dan identik meski terkesan diciptakan ternyata cara membedakan jenis kelamin burung yang satu ini hanya cukup melihat warna paruh dan bulunya Robin jantan biasanya memiliki paruh berwarna jingga sementara betina memiliki paruh kuning pucat. Demikian pula, bulu betina umumnya terlihat lebih pucat tanpa belang merah, sedangkan bulu jantan sebaliknya.
Nah itulah Kicaumania beberapa fakta unik dan menarik seputar burung robin spesies burung yang namanya dijadikan karakter superhero semoga informasi ini bermanfaat untuk Kicaumania semua Terima kasih Sekian wasalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.