Tips Perawatan Burung Pelatuk Beras Simpel Dan Mudah

 



    Master Kicauan - Halo sobat Master kicauan gimana kabarnya Semoga sehat selalu di tulisan kali ini saya ingin membahas burung masteran lagi yang mengenai perawatan burung pelatuk Sampit atau pelatuk beras. tulisan ini juga saya tujukan kepada teman-teman yang masih pemula dan masih bingung dalam cara merawat burung pelatuk Sampit atau pelatuk beras, nah sebelum kalian membeli atau memelihara burung pelatuk Sampit ada beberapa hal yang harus teman-teman persiapkan dahulu kemudian teman-teman juga harus tahu untuk makanan pokoknya apa dan bagaimana untuk perawatan hariannya. maka dari itu master kicauan kali ini saya ingin Jelaskan step by stepnya agar temen yang masih pemula dapat memahami dengan mudah.

    Oke kita ke tahap yang pertama sebelum teman-teman membeli burung pelatuk Sampit usahakan teman-teman sudah memiliki sangkarnya untuk sangkarnya teman-teman harus gunakan sangkar besi untuk ukurannya bebas boleh yang sedang atau yang besar namun disini saya menggunakan sangkar lovebird yang ukuran agak besar. sangkar besi ini wajib karena burung Pelatuk itu suka sekali mematuki kayu-kayu disekitarnya maka dari itu jika teman-teman hanya menggunakan sangkar kayu Saya jamin tidak ada satu hari burungnya pasti sudah lepas, karena pelatuknya akan mematuki setiap ruji sangkar nya hingga akhirnya nanti rujinya akan patah dan dia akan kabur.

    Jadi yang pertama kita siapkan sangkar kapsul atau sangkar besi Kemudian yang kedua adalah setingan tangkringan untuk burung Pelatuk ini setingan tangkringannya berbeda dengan burung-burung yang lainnya teman-teman. jika burung yang lain hanya menggunakan tangkringan dengan bentuk lurus sejajar atau horizontal maka untuk burung Pelatuk ini agak berbeda jadi teman-teman harus sediakan dua jenis tangkringan yang pertama berikan tangkringan kayu besar. Kemudian untuk panjang kayunya kurang lebih seperti ini Pokoknya bisa masuk ke dalam sangkarnya teman-teman bisa ukur sendiri nanti. Kemudian untuk diameter kayaknya bebas yang terpenting kayunya tidak terlalu kecil teman-teman bisa gunakan agak besar kemudian nanti bisa kalian masukkan ke dalam sangkarnya dengan posisi vertikal atau ke atas ya teman-teman kemudian tangkringan yang kedua adalah tangkringan biasa yang horizontal atau hanya sejajar lurus Ini gunanya untuk si burung nanti agar mudah mengambil makanan dan minumnya. 

    Kemudian yang berikutnya lagi adalah pakan jika teman-teman baru mendapatkan burung pelatuk Sampit dari ombyokan Tentu saja dia belum mau makan voer, Nah untuk pakan hariannya teman-teman bisa berikan ulat kandang atau teman-teman juga bisa mencampurkan ulat kandang dengan voer yang halus sebenarnya burung pelatuk Sampit ini juga bisa kita latih makan voer namun itu nanti ketika burungnya sudah beradaptasi dan juga dirawat cukup lama. Setelah itu barulah kita bisa lakukan pengevoeran.

    Kemudian untuk perawatan yang lainnya Saya rasa cukup mudah sekali temen-temen jadi untuk burung pelatuk ini berbeda dengan burung-burung yang lain dia tidak membutuhkan mandi, jadi buat temen-temen jangan mandikan burung pelatuk nya jadi Biarkan saja atau jika dia akan mandi biarkan dia mandi sendiri jangan dimandikan. 

    Kemudian berikutnya adalah penjemuran untuk penjemuran sendiri tidak usah terlalu lama kurang lebih sekitar 15 atau 20 menit itu sudah sangat cukup sekali. yang terpenting Dia terkena sinar matahari setiap harinya, berikutnya tinggal penempatan gantungan usahakan untuk penempatan gantungan tidak dipindah-pindah ya teman-teman hanya Biarkan di satu titik saja Kemudian untuk ketinggian sendiri teman-teman bisa atur tidak usah terlalu tinggi jadi buat agar rendah agar si burung tersebut terbiasa dengan keadaan di sekitarnya. sebenarnya perawatan pelatuk adalah salah satu perawatan yang paling mudah menurut saya yang terpenting adalah jaga kualitas pakannya. untuk pakan selalu dicek setiap hari dan jika habis diganti air minum juga pakanya kalau tinggal sedikit kita bisa di tambah. 

    Kurang lebih seperti itu saja teman-teman tidak ada mandi tidak ada makanan tambahan yang lain dan burungnya nanti juga pasti akan bunyi karena burung pelatuk ini saya rasa salah satu burung yang sangat mudah sekali berbunyi. buat teman-teman yang masih pemula dan awam mengenai burung pelatuk kalian bisa coba tips perawatan ini. Jadi jika kita bahas mengenai poin-poinnya yang pertama adalah wajib menggunakan sangkar besi, Kemudian yang kedua adalah pemberian tangkringan besar dan juga kecil dengan posisi yang sudah saya jelaskan tadi, kemudian yang ketiga udah berikan pakan voer ulat kandang jika nanti burungnya akan dilatih makan voer mungkin the next tulisan akan saya buatkan caranya. namun disini saya sarankan gunakan ulat kandang dulu agar burungnya itu Fit sehat dan berbunyi dulu, kemudian yang keempat adalah penempatan posisi gantungan usahakan tidak dipindah-pindah dan biarkan hanya satu tempat saja.

    Oke teman-teman jadi kurang lebih seperti itulah sedikit pembahasan mengenai perawatan burung pelatuk Sampit atau pelatuk beras semoga tulisan ini dapat memberikan manfaat edukasi dan juga informasi untuk teman-teman semuanya sampai jumpa di perawatan dan setingan selanjutnya dan salam kicau mania.