Cara Simpel Perawatan Cucak Jenggot Bahan

 


    Master Kicauan - Halo sobat master kicauan gimana kabarnya Semoga sehat selalu, Hari ini saya mau update burung cucak jenggot yang kemarin baru saja saya beli dari ombyokan sekaligus saya ingin berbagi tips perawatan burung cucak jenggot untuk hariannya. Oke teman-teman jadi ini adalah burungnya yang kemarin baru saja saya beli dari ombyokan kebetulan Hari ini cuaca cukup cerah mataharinya juga sudah keluar dan sekarang kita bisa langsung melakukan perawatan. untuk perawatan kali ini sangat simpel sekali khususnya untuk burung masteran atau burung cucak jenggot ini.

    Pertama yang wajib harus kita perhatikan adalah kebersihan baik kebersihan sangkarnya dan juga kebersihan pakan dan air minumnya, untuk pakan harian sendiri saya gunakan full buah jadi disini saya menggunakan pisang kepok. Kemudian untuk makan khususnya untuk pisang ini kita bisa ganti setiap hari teman-teman jadi usahakan satu hari itu meskipun besoknya habis tidak habis pisangnya harus kita ganti yang baru.

    Kemudian untuk perawatan selanjutnya setelah teman-teman bersihkan sangkarnya teman-teman bisa jemur burung cucak jenggot nya, saat masa penjemuran ini usahakan pakan kita ambil jadi kita Sisakan air minum saja tujuannya agar nanti ketika pemberian extra fooding nya atau pemberian jangkrik nya bisa optimal atau makanya bisa rakus. untuk penjemuran sendiri kita lakukan tidak usah terlalu lama mungkin sekitar 15 sampai dengan 30 menit saja, memang setelah kita jemur kurang lebih selama 15/30 menit sekarang burungnya bisa kita angin-anginkan dulu ya teman-teman. burungnya akan saya taruh di tempat yang teduh kemudian selanjutnya tinggal kita berikan extra fooding, untuk EF sendiri saya menggunakan jangkrik sebanyak lima ekor kita berikan pagi dan juga sore hari. untuk pemberian jangkrik sendiri usahakan untuk membuang Bagian kepala dan juga bagian kaki-kakinya ini untuk mengoptimalkan pemberian jangkrik nya agar si burung Makanya lebih banyak banget.

    Jadi perawatan burung pemakan buah seperti ini memang tidak terlalu sulit temen-temen dari penjemuran sendiri tidak membutuhkan waktu yang lama 30 menit sudah sangat cukup sekali kemudian yang terpenting adalah kebersihan sangkarnya dan juga asupan makanannya. kebetulan di sini burung cucak jenggot yang saya dapatkan kemarin sedang dorong ekor dan juga dorong sayapnya jadi untuk pemberian extra fooding bisa kita maksimalkan, Mungkin bisa kita tambah lagi dari porsinya lima ekor kita buat sekencangnya, ini untuk membantu pertumbuhan bulunya agar lebih cepat.

    Kemudian setelah kita berikan extra fooding kita bisa masukkan kembali makanan pokoknya yaitu berupa buah pisang, setelah itu burung tinggal kita angin-anginkan teman-teman bisa angin-anginkan di depan rumah di teras atau di tempat yang teduh dengan begini perawatannya sudah selesai sangat simpel sekali dan tidak membutuhkan waktu yang lama.

    Kemudian Untuk perawatan selanjutnya Mungkin bisa kita lanjut pada sore hari sekitar pukul 03.00 kita bisa tambahkan extra fooding lagi berupa jangkrik kita bisa berikan lima ekor lagi atau sekenyangnya. kemudian setelah itu burung bisa kita krodong kita masukkan kembali kedalam rumah dan keesokan harinya kita lakukan perawatan seperti tadi, oke teman teman jadi kurang lebih seperti itu untuk perawatan burung cucak jenggot ini adalah perawatan yang sangat simpel sekali.

    Sebenarnya untuk tulisan kali ini saya ingin update saja yaitu perawatan untuk perkembangan burung cucak jenggot nya. jadi kondisinya Memang sekarang masih sedang pertumbuhan bulu ekor dan juga bulu sayap Sedangkan untuk bunyinya masih jarang-jarang atau masih bunyi semaunya dan nanti kita akan Coba lakukan perawatan lagi agar burungnya bisa berbunyi gacor atau rajin bunyi setiap harinya Oke teman-teman terima kasih Yang udah membaca sampai selesai sampai jumpa di tulisan master kicauan selanjutnya dan salam kicau mania.