Cara Penanganan Murai Batu Sedang Mabung


    Master Kicauan - Asalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh Halo murai batu mania, kicau mania di seluruh Nusantara dimanapun anda berada kita bertemu kembali ya Pada kesempatan kali ini kita akan membahas seputar Murai Batu yang sedang mabungyaitu khususnya kita akan membahas extra fooding itu bagusnya dinaikin atau diturunkan atau pun dikasih standar aja gitu ya, Jadi sebenarnya lain tentang burung Murai Batu yang ketika dia itu mau mabung apa yang dia butuhkan. Jadi Murai Batu yang mabung itu normalnya adalah suatu kebutuhan dia siklus alami dia. ya jadi dia itu akan mabung normalnya itu dalam satu satu tahun sekali ya jadi di alam liar sana ketika dia itu mau mabung tentunya dia itu sudah mempunyai insting alami dia bahwa dia ketika mabung itu merasa lemah ya entah itu dia itu apa mengkarantina diri mencari tempat yang sepi.

Karena insting dia ketika dia mabung dia itu agar tidak bisa di mangsa oleh Predator lain gitu mungkin Elang mungkin, ular mungkin apalah yang makan murai batu. Nah itu dia itu sudah punya insting disitu dia sudah berjaga-jaga maka Ya wajar ketika dia itu mengasingkan diri mencari tempat yang tenang mencari tempat yang nyaman tentunya ya karena bulu-bulu dia itu tentunya akan enggak lengkap, ya kalaupun ada Predator dia nggak bisa terbang jauh dia nggak bisa terbang tinggi Nah itu dia kemudian ini sering juga dia akan memunculkan banyak makanan di situ karena untuk berkarantina selama mabung seperti tadi bahwa dia ketika lapar Dia mungkin tidak bisa terbang jauh ya karena bulunya tidak komplit.

disitu ya di sangat wajar ketika dia itu mau mabung dia akan banyak mencari makanan di situ nah dan ketika dia hidup di alam liar dia bisa semau dia sebelum mabung dia itu bisa mencari tempat sendiri bisa mencari makanan seberapa banyak dia mau, tetapi karena Murai Batu yang akan kita bahas itu adalah yang kita rawat yaitu cuman di kandang ya di kandang mungkin bulet itu diameter 60 mungkin ataupun di kandang kotak yang mungkin panjangnya atau lebarnya cuman 50 / 40. Nah seperti itu Jadi kita harus sesuaikan ya nggak bisa disamakan dengan Murai Batu yang hidupnya di alam liar sana Jadi kita yang harus mengetahui dia, mengetahui kebutuhan Dia, bukan cuman kemauan dia itu jadi faktor murai batu itu dia mabung itu.

  • yang pertama faktor memang ini adalah apa waktunya dia mabung dalam siklus alam satu tahun sekali ya walaupun ada yang lebih nah itu yang pertama.
  • yang kedua itu karena dia itu stress loh kok stress Om ya karena mungkin kita dalam merawat itu bukan kebutuhan dia, Ya kita merawat mungkin tidak Dengan pemahaman Nah itu bisa bikin stress nah ini akan kita bahas satu persatu ya dari dua faktor ini.

1. Mabung Oleh Faktor Alami

    Oke tadi yang pertama adalah faktor alami dia jadi yang seperti saya Kemukakan tadi bahwa ini adalah siklus alami dia dalam waktu satu tahun sekali dan ini Tentunya murai dulu yang ketika dia itu mau mabung adalah ketika dia mendapat semua kebutuhan dia, bukan kemauan dia gitu ya kebutuhan dalam hal apa ya tidak jauhlah ya yang namanya extra puding. ada yang ketika mabung dia dibawa diberikan banyak extra fooding mungkin hongkong, Nah itu dia mungkin kroto, Nah itu dia mungkin ulet kandang, mungkin jangkrik, Nah itu beda-beda.

beda saat EF kebutuhannya Iya kemudian ada yang murai batu ketika dia itu mau mabung dia itu butuhnya penjemuran. penjemuran Iya mungkin dia itu  alami yang namanya minus suhu tubuh mungkin yang pertama yang. kedua Mungkin dia itu lagi obesitas disitu ya Jadi wajar ketika dia dalam kondisi seperti ini yang dia butuhkan adalah penjemuran dan disitu nah makanya ada kan Murai Batu yang diberikan banyak ekstra puding, dia itu mau makan banyak tetapi dia itu enggak mabung mabung padahal apa bulunya kita panto itu sudah nyerit nyerit sudah kelihatan coklat-coklat gitu ya kusam gitu ya. Tapi kok gak mau mabung katanya suruh di Jor full ulet hongkong Nah ini kan berarti kita harus memiliki pemahaman. kemudian ada juga yang murai batu ketika dia itu mau mabung dia itu pas di mandikan di karamba ya nah ini juga berarti dalam kondisi seperti ini dia sedang mengalami yang namanya adalah ob suhu tubuhnya bisa panas kemudian over emosi juga bisa. Makanya juga ketika dia dia berikan pemandian terpenuhi kebutuhan dia.

kemudian ada juga Murai Batu yang ketika dia mabung itu dia itu diasingkan gitu ya Jadi mungkin murai batu kalian itu mungkin dalam satu rumah itu banyak dengan masteran ya banyak dengan burung burung Murai Batu yang lain gitu ya. disitu juga mungkin terlalu bising gitu  Jadi wajar ketika dia itu merasa tidak nyaman di situ dia tidak akan mau mabung disitu ya yang dia butuhkan adalah tentunya adalah karantina pengasingan diri di ditempatkan di tempat yang sepi, yang nyaman gitu jangan terlalu banyak burung termasuk juga adalah masteran disitu ya. tapi kalian Mungkin sudah pernah mendengar  ada yang diberikan daun pandan bawahnya. Nah itu temen saya punya murai batu ketika enggak mau mabung kemudian dikasihkan daun pandan kok ternyata mabung Om. ya prosesnya apa bisa disebabkan karena ya kalian daun pandan itu dia itu pasti basah ya yang dikasihkan di bawah ataupun di bagian bawah itu di diatas karpet. 

dan disitu basah kemudian waktu mengering mengeluarkan yang sehingga sedikit uap disitu ya sedikit uap dan dia itu ketika mengalami yang namanya penurunan suhu tubuh nah ketika dibawahnya dikasih daun pandan maka uap ini akan mengakibatkan penaikan suhu tubuh maka wajar ketika suhunya turun murai batu ini dan diberikan daun pandan yang itu sifatnya adalah mengeluarkan sedikit uap ya ,Nah itu bisa menaikkan suhu tubuh maka inilah yang dibutuhkan si murai batu. wajar ketika murai batu dikasih  daun pandan itu akan mabung disitu kemudian ada juga lo om yang di dimandiin dengan apa air sisa perasan beras itu nah itu juga bisa diartikan bahwa murai batu tersebut ketika mabung pas diberikan air cucian beras tadi dia itu mungkin mengalami yang namanya penaikan suhu tubuh. Lho kok bisa om ya karena perasan air dari beras ini tadi kan si sifatnya agak lengket ya di situ ya lengket dalam sifatnya dia itu menyimpan lebih banyak apa Suhu dinginnya gitu ya. Jadi wajar ketika Murai Batu yang Suka suhu badannya ini naik mungkin ketinggian nah diberikan air bekas cucian beras ini di apa mabung nah disitu ya temen-temen ya.

intinya adalah murai batu dia mau mabung ketika dapat kebutuhannya ya Kalian cari itu ya kalian cari dari mungkin mandinya ya mungkin kalau mandinya Kok belum mampu mabung mungkin dijemur. kemudian kok ini dijemur dan di apa mandikan Kok belum juga mabung Ya kalianlah cari lagi dengan  extra puding barangkali yang dibutuhkan itu ya. Nah dari situ nanti akan ketemu nah disitu akan ketemu salah satunya Kalian cari Carilah ya maksimal itu satu minggu upaya ekstra puding joor satu minggu kemudian enggak mabung, ternyata bisa di rubah ke pemandian satu minggu kalau nggak mabung juga bisa dipindah ke penjemuran nah disitu kalau dari ketika poin ini juga belum mau mabung kalian asingkan disitu jauhkan dari masteran jauhkan dari burung murai batu dan mungkin burung-burung besar nah di situ nanti pasti akan ketemu ya. oke ya jadi itu faktor pertama bahwa ini alami bahwa ini natural bahwa ini siklus alami.

2. Mabung Disebabkan Oleh Stress

    Kemudian untuk Faktor yang kedua ini adalah karena dia mabung disebabkan oleh stress, jadi Mungkin kalian ada yang pernah mengalami ketika beli burung murai ya, beli burung padahal itu kalian pantau adalah bulu baru ataupun belum kusam belum nyerit banget dan Itu bisa diartikan bahwa dia itu sebenarnya belum mau mabung gitu ya. tetapi ketika dibawa ke rumah itu di sampainya rumah itu kok tahu-tahu ada lepas bulu ada yang jatuh sayapnya mungkin, bulu lembutnya mungkin, mungkin ekornya Mungkin. nah itu bisa disebabkan karena stres dalam perjalanan yang mungkin dia itu belum pernah melakukan yang namanya perjalanan yaitu kalau dari stress di perjalanan, kemudian ada juga yang murai batu stress karena di umbar, ada lo ini karena saya pernah mengalami juga jadi ketika dia itu diumbar dia itu menjatuhkan bulu Padahal dia itu belum waktunya mabung dan disitu juga bisa diartikan bahwa dia itu stress. ya stres jadi dia itu mabungnya ya tidak sesuai dengan jadwal dia gitu ya kemudian ada yang stress karena mungkin ini belum siap digantangkan.

 kemudian digantangkan nah ini sampai rumah tahu-tahu lepas bulu Nah itu juga ada. oke ya Jadi ada dua faktor itu kemudian sesuai dengan pertanyaan yang kita baca yaitu seperti ini, Assalamualaikum om mau tanya Murai Batu yang lagi ngurak untuk efeknya ditambah atau dikurangi apa standart harian Terima kasih sebelumnya? oke ya Jadi ini yang ditanyakan adalah extruding ya, jadi extra fooding ketika kita berikan jor-joran itu tidak akan mengenai katanya tadi ada yang pilihannya untuk nol ef  Itu kan untuk memulai ya memulai dalam arti kita mungkin dia itu butuhnya extra fooding, Nah di situ kita bisa Jor disitu setelah jor kemudian dia jatuh Bulu Ya sudah normal lagi lo kenapa Om gak boleh di JORR ya ini. Saya menyarankan untuk di standarin aja jangan terlalu banyak.  karena apa ini punya alasan juga kena kalian tahu ya untuk murai batu yang mabung ini Tentunya dia itu aktivitas dia itu cuman sedikit ya dan dia tidak ada menjemur .

Apa jadinya ketika dia itu aktivitas dia itu minim dia enggak ada penjemuran dia enggak ada pengumbaran kemudian kalian kerodong itu ya terus untuk extra fooding ini nantinya juga akan dicerna oleh tubuh dia karena enggak ada aktivitas di dalam sistem metabolisme dia, enggak ada penjemuran enggak ada pengumbaran, nah ketika diberikan di jor extra fooding nantinya ketika dia selesai mabung dia akan bisa ob yang namanya adalah mengalami over birahi, disitu mungkin malah diam-diam ngembangin bulu Mungkin gitu. mungkin ada yang cabul, Mungkin ada yang ngelowonan disitu juga akan sangat wajar baiknya itu minim ekstra puding. disitu ya walaupun nanti aku mulai memanjangkan dorong ekor dorong sayap timbul bulu dan disitu juga membutuhkan banyak protein tetapi kita juga tidak harus ataupun wajib memberikan ekstra puding dalam ke dalam porsi yang banyak. Nah ini kan untuk kesehatan dia jadi ya ada alasannya lah Kenapa extra pudingnya di standarin aja gitu ya.

Nah ini kan juga mungkin masuk akal Ya oke Ya temen-temen Yah mungkin cukup itu dulu kalaupun apa belum jelas bisa dikomentari lagi gitu ya, jadi dalam setiap perawatan tentunya sebelum kita memulainya harus memahaminya dulu Ini fungsinya apa, ini manfaatnya apa, ini akibatnya apa, kita harus memahami disitu ya Oke semoga pembahasan kali ini bermanfaat kalaupun ada salah-salah kata  Mohon dimaafkan cukup itu dulu wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.