Cara Mudah Merawat Perkutut Agar Rajin Bunyi



    Master Kicauan - Halo Para Kung Mania tahukah anda pada dasarnya perkutut menyukai panas, burung perkutut jarang bunyi kalau berada di cuaca dingin oleh karena itu banyak kalangan kicau mania selalu menyempatkan diri untuk menjemur perkutut setiap hari soalnya ini berkaitan dengan perawatan harian  selain jemur menjemur ada juga yang harus diperhatikan dalam merawat perkutut setiap harinya. berikut rawatan harian perkutut agar rajin bunyi.  

    Makanan utama burung perkutut walaupun banyak pilihan biji-bijian yang bagus untuk perkutut tapi lebih baik anda membeli pakan burung kemasan bermerek yang sudah jadi, maaf kami tidak menyebut merek tapi beli saja di toko burung salah satu bahkan bermerek untuk perkutut alasannya, bermerek sudah dicampur dengan vitamin madu dan rempah-rempah lain untuk menjaga kondisi burung perkutut. anda jangan membeli pakan kiloan atau pakan campuran kiloan biasanya murni biji-bijian dan masih kotor tanpa ada campuran vitamin atau rempah-rempah di dalamnya. perkutut termasuk burung yang paling mudah dipelihara karena makanan perkutut sangat awet pakan perkutut bisa diberikan sekali untuk tiga hari bahkan anda memberikan enam hari sekali biasanya pakan masih tersisa.

    Jadwal mandi di dalam hal mandi yang paling bagus adalah memandikan perkutut langsung menggunakan tangan mengapa harus menggunakan tangan selain membuat perkutut lebih jinak burung menjadi semakin kenal dengan pemiliknya alasan lain mandi dengan diusapkan tangan lebih nyaman dan sambil disiram air dari pancuran tubuh perkutut dipijat pelan. oh ya memandikan perkutut jangan sampai akhirnya masuk lubang hidung jadi, air pancuran jangan diarahkan langsung ke bagian dada cukup arahkan air ke tubuhnya kemudian khusus dikepala diusap-usap saja dengan sedikit air. yang lebih bagus lagi memandikan burung perkutut dengan air bekas cucian beras fungsinya untuk membuat bulu lebih sehat dan mencegah adanya kutu, waktu mandi perkutut yang paling tepat saat sore hari menjelang sholat magrib atau malam hari mandi. perkutut cukup satu minggu sekali atau dua hari sekali burung giras atau tidak kalau burung galak atau giras mandikan burung lebih sering penjemuran,  burung perkutut sangat menyukai cuaca panas sehingga penjemuran rutin sangat penting setiap hari perkutut harus dijemur dibawah sinar matahari nah karena kebanyakan sangkar perkutut ada kubahnya atau penutup.

    Sebaiknya pindahkan perkutut ke sangkar jemur agar sinar matahari bisa mengenai tubuhnya durasi jemur pada burung perkutut bisa dari pagi sampai sore yang penting jam 07.00 sampai jam 09.00 burung bisa dijemur lalu dibawah sinar matahari kemudian burung dipindahkan ke tempat agak teduh setelah 2.00 burung bisa dijemur lagi sampai sore.

    Kebersihan kandang perkutut anda tidak perlu membersihkan sangkar setiap hari kotoran perkutut tidak bau tapi kalau burung kurang fit atau sedang sakit kotorannya menjadi bau. pembersihan kotoran perkutut bisa tiga hari sekali tujuannya burung akan semakin nyaman bila dia mencium aroma kotorannya sendiri ini menandakan bahwa dia berada di daerah kekuasaannya burung menjadi percaya diri untuk manggung dan akhirnya rajin bunyi. ada juga kotoran perkutut yang sengaja tidak dibersihkan karena menumpuk dan berbentuk seperti gunung konon katanya perkutut yang hobi menumpuk kotoran dinamakan perkutut sitompul / sri tumpuk perkutut ini bisa mendatangkan rezeki menumpuk bagi pemiliknya. yang membuat kotoran di satu tempat sampai menumpuk seperti gunung meski nanti pemiliknya dikira jorok karena jarang membersihkan sama sekali tapi aslinya hal tersebut adalah letak keunikannya.

    Menjaga kesehatan perkutut agar stamina tetap terjaga beri vitamin pada burung perkutut, nah vitamin perkutut bisa berupa vitamin anak-anak atau vitamin cair bayi, pemberian vitamin ini cukup 1-2 minggu sekali nah untuk membuat perkutut rajin bunyi lolohan biji kacang hijau yang sudah direndam air panas. tujuan kacang hijau direndam air panas agar lebih lunak dan mengembang porsi pemberian kacang hijau bisa tiga biji setiap hari atau tiga hari sekali ini bagus banget.

    Demikian perawatan harian perkutut agar rajin bunyi sebenarnya simpel sekali perawatan burung perkutut karena burung ini tidak membutuhkan settingan ekstra seperti burung kicauan lainnya untuk makanan cukup diberi makan bermerek tambahkan tulang sotong lalu bisa seminggu sekali jemur burung bisa setiap hari dan kotoran perkutut tidak perlu dibersihkan setiap hari karena tidak menimbulkan bau, kemudian jangan lupa perkutut juga diberi multivitamin agar sehat dan rajin bunyi. sekian semoga bermanfaat dan terima kasih salam Master kicauan.