Cara Mengatasi Murai Batu Ngelowo Di Gantangan


    


    Master Kicauan - Halo selamat pagi sahabat Master Kicauan kali ini kita mau membahas burung yang nglowo pada saat ditrek ya Om, jadi banyak faktor burung nglowo dalam hal ini bisa saat ditrek karena birahi atau nglowo matok tangan bisa karena jinak. nah di sini ini kita akan bahas pola rawatan nya seperti apa?

    Pola rawatan kita mulai dari pagi om kita selalu rutin dan konsisten jaga kebersihan sangkar ya Om karena menyangkut kesehatan burung,kotoran agar tidak menumpuk banyak di karpet itu bisa memicu virus virus tetelo atau yang sering kita kenal dengan virus ND. bisa menyebabkan kematian burung secara mendadak. nah Pagi ini kita buka untuk kita bersihkan karpet sangkarnya dan cepuk efeknya karena biasanya cepuk EF itu suka ada kotoran bekas kaya seperti jangkrik ataupun kroto nah ini setelah kita bersihkan kita pasang kembali, karpet yang udah kita cuci kita pasang. jangkriknya itu yang sudah kita campur oxivoice energi serbuk. kita biarkan dibuka sebentar untuk memberi waktu burung menghabiskan jangkrik yang kita kasih pagi ini.

    Nah di kasus ngelowo ini kan burung ngelowo pada saat ditrek ya Om Bos bukan karena birahi atau bukan karena jinak jadi porsi jangkrik nya saya kasih itu 10 nah ini kenapa pakai satu tangkringan nanti di konten berikutnya kita bahas Alasan saya memasang atau menggunakan hanya satu tangkringan nah ini kita biarkan burung makan dan menghabiskan jangkriknya temen-temen. Ayo kita chek Nah sekarang kita cek di cepuk pakannya ini si burung udah menghabiskan jangkrik nih temen-temen Selesai ini burung kita kembali tutup dikerodong untuk kita keluarkan dari rumah. nah Apa yang akan kita lakukan pada kasus ngelowo pada saat ditrek? kita tutup kita keluarkan ke rumah untuk kita semprot atau basahi kerodongnya temen-temen, karena pagi ini akan kita lakukan terapi sauna Nah jadi semprot secara merata krodong sampai basah ya temen-temen atau kalau teman-teman nggak mau ribet krodongnya itu bisa rendam pakai air kemudian peras tapi jangan sampai kering ya Nah diperas baru dikerodong kan kembali ke burung. Lalu setelah kerodong basah burung kering ya temen-temen dalam hal sauna ini ke kondisi burung itu kering jadi yang basah itu hanya kerodongnya kita  jemur nah proses penjemuran ini dilakukan antara durasi 30 menit sampai dengan 1 jam sambil kita pantau sambil ngopi ya teman-teman.

    Karena dalam terapi ini sauna ini kita pastikan bahwa kesehatan burung betul-betul Fit tidak sedang sakit nah ini setelah penjemuran 30 menit atau 1 jam karena panasnya terik ya ini dipegang udah kering kita turunkan. kita turunkan untuk buka krodong lanjut penjemuran kembali antara 10-15 menit atau misalkan burungnya doyan jemur bisa selama 30 menit atau 1 jam jemur kembali tapi dalam posisi dia fit temen-temen. nah ini burungnya Jadi kenapa setelah sauna kita tetap jemur dan dia ablak karena ventilasi udara itu akan terganti ya yang tadinya dalam krodong dalam kondisi panas di ini udah angin-angin nah selesai proses jemur ini kita lanjut burung dibawa untuk diangin-anginkan sebentar.

    Nah pertanyaannya pada saat proses jemur air minumnya ada opsinya enggak ini saya gunakan air matang biasa tanpa option nah selesai diangin-anginkan ya biasanya saya masteri burung dikerodong rapet selalu saya berikan EF itu 2-3 jangkrik kembali artinya lebih dari 10 ini. saya kerodong saya masterin Nah kita tes ya temen-temen. seperti apa terapi ini saya praktekkan itu selama tiga sampai empat hari untuk ngetes kita langsung bawa ke gantangan nah buat temen-temen. kita lihat kerja burungnya masalah menang kalah itu udah biasa temen-temen kalau menang ya bonus.

    Mungkin itu saja yang bisa berikan informasi mengenai burung murai yang ngelowo saat di trek atau saat di gantangan, intinya di sini harus konsisten dan coba terus sampai ketemu setingan burung kita, oke cukup sekian salam kicau mania.