Rawatan Bahan Burung Sikatan Rimba Dada Coklat / SRDC Untuk Pemula


    Master Kicauan - Halo sobat Master Kicauan Gimana kabarnya Semoga sehat selalu tulisan kali ini saya akan memberikan tips langkah awal memelihara burung srcc atau sikatan Rimba dada coklat tulisan ini saya khususkan bagi para pemula yang masih bingung dalam pemeliharaan burung yang baru saja kita dapatkan dari ombyokan. khususnya yaitu burung srdc atau sikatan Rimba dada coklat terkadang setelah kita mendapatkan burung srdc yang masih ombyokan kita pasti bingung langkah awal atau Apa yang harus kita lakukan untuk memelihara burung ini, maka dari itu Pada kesempatan kali ini saya akan memberikan tips agar teman-teman pemula bisa untuk memelihara burung srdc yang masih bahan. 

    Pertama kali kita baru mendapatkan burung srdc ini maka kita berikan burung ini full ulat kandang atau kita kasih makan yang enak-enak dulu yaitu berupa ulat kandang kita kasih full selama satu hari penuh, ini bertujuan untuk mengkondisikan si burung agar lebih mudah beradaptasi dan memiliki badan yang lebih sehat karena pada burung ombyokan kita tahu sendiri disana sangat tersiksa sekali dia bertubrukan dengan burung-burung yang lain. kemudian suasananya juga membuat burung takut dan burung menjadi stress maka dari itu pertama kali saat kita mendapatkan burung ini kita kasih full ulat kandang untuk mengkondisikan burung agar lebih tenang dan untuk memulihkan tenaganya yang hilang Selama ada di ombyokan.

    Setelah kita berikan pakan ulat kandang maka Setelah itu kita tempatkan burung pada ruangan yang tenang dan terhindar dari burung burung ocehan yang lain dan usahakan untuk menyendirikan burung ini. seperti yang teman-teman lihat di sini sayanya menggantung SRDC saja tanpa berdekatan dengan burung lain, ini bertujuan untuk membuat si burung agar lebih mudah dan cepat mengenali lingkungan barunya.

    Setelah hari pertama kita mengkondisikan burung dengan memberikan full ulat kandang maka dari kedua ini kita akan melatih burung untuk memakan veor karena burung kita dapatkan dari ombyokan maka tentu saja burung tersebut belum mau makan voer, dan untuk membuat burung ini mau makan voer yang pertama kita siapkan voer halus kemudian Yang kedua kita siapkan 1 Cepuk kroto ini adalah media yang paling gampang untuk melatih burung srbc ini agar mau makan voer dan caranya cukup gampang yang pertama kita campurkan 1 Cepuk kroto ke dalam voer halus kita tuangkan saja semuanya, kemudian setelah itu kita aduk-aduk agar kroto dan voernya menyampur atau menempel menjadi satu. dengan tujuan agar si burung ketika memakan kroto maka secara tidak langsung burung akan merasakan voer itu sendiri.

    Oke setelah bahannya siap, sekarang tinggal kita berikan kepada si burung Oke teman teman sekarang Saya mau masukkan dulu voer nya ke dalam sangkar setelah voer kita masukkan ke dalam sangkarnya langkah berikutnya adalah kita kerodong burung namun pengerodongan ini tidak dilakukan full namun hanya separuh saja, jadi yang bagian bawah masih terbuka kemudian setelah ini kita tempatkan di ruangan atau tempat yang nyaman dan sepi agar si burung bisa fokus untuk memakan voer, mungkin pada tanya kenapa pengerodongan ini hanya dilakukan separuh saja? karena begini teman-teman jadi ketika burung ini akan berlatih makan voer jika kita mengkrodong dia full maka keadaan didalam sangkar akan gelap dan burung akan cenderung Diam tidak melakukan aktivitas apa-apa. sedangkan jika kita melakukan pengerodongan separuh seperti ini maka kondisi didalam sangkar pun tidak akan terlalu gelap dan memungkinkan si burung untuk beraktivitas, setelah itu dia akan merasa lapar dan secara tidak sengaja dia akan memakan for yang sudah kita campur kroto tadi proses pengevoeran ini biasanya memakan waktu sekitar 1-2 hari. Namun ada juga burungnya bandel yang hingga berhari-hari.

    Namun Saran saya jangan pantang menyerah untuk mencobanya kemudian jangan lupa juga ketika melakukan pengevoeran ini Kita juga harus selalu mengecek keadaan Si burung kita bisa mencoba mengeceknya pada siang hari kita lihat pada kotorannya, sudah seperti warna voer atau belum. jika belum kita biarkan sampai sore hari kemudian Sore harinya kita cek lagi keadaan Si burung jika burung masih belum mau makan voer maka berikan lagi ulat kandang agar burung tidak kehabisan tenaga dan kita bisa melakukan tahap pengevoeran lagi pada keesokan harinya setelah burung sudah berhasil makan voer.

    Maka tahap yang terakhir adalah kita lakukan perawatan-perawatan ini bisa dimulai pada pagi hari sedikit sekitar 05.30 pagi kita keluarkan si burung untuk melakukan pengembunan ini bertujuan agar burung merasakan kembali keadaan seperti di alam liar dan jika kita rutin melakukan ini setiap pagi maka burung akan lebih cepat untuk berkicau. setelah pengembunan sudah selesai sekitar pukul setengah tujuh atau 07.00 matahari sudah mulai terbit kita bisa memandikan si burung untuk cara pemandian sendiri bisa dilakukan dengan keramba ataupun disemprot halus, saat menyemprot pun kita harus hati-hati hindari untuk menyemprot bagian kepala agar air tidak masuk ke hidung atau mulut burung yang dapat mengakibatkan burung pilek atau sakit.

    Lakukan pemandian sampai burung basah kuyup ini bertujuan untuk membatasi pergerakan si burung agar si burung lebih banyak diam dan lebih mengenali lingkungan disekitarnya dan ini juga bertujuan untuk membuat si burung agar lebih cepat jinak. setelah pemandian sudah dirasa cukup dan selesai selanjutnya kita jemur si burung lakukan penjemuran ini selama 15 sampai dengan 30 menit dan usahakan untuk menjemur burung dengan meletakkannya di bawah, agar dia terbiasa dengan lalu lalang orang disekitarnya Dan ini juga menjadi salah satu tahap untuk menjinakkan si burung. telah burung srdc nya sudah kering, sekarang kita masukkan lagi tempat minumnya kemudian setelah ini kita akan berikan dia extra fooding atau jangkrik untuk pemberian jangkrik ini cukup 2-3 ekor saja dan biasakan memberikan jangkrik menggunakan tangan kita sendiri agar si burung lebih cepat beradaptasi dan juga lebih cepat jinak.

    Kemudian setelah kita berikan extra fooding atau jangkrik sekarang kita bisa masukkan kembali untuk tempat pakannya lainnya kita bisa angin-anginkan burung di teras depan rumah atau di bawah pohon yang sejuk dan Rindang Kemudian pada sore hari sekitar pukul 03.00 kita bisa memasukkan burung ke dalam rumah dengan keadaan kita krodong dan setelah itu kita lakukan pemasteran untuk pemasteran sendiri pilihan suaranya teman-teman bisa menggunakan suara dari sikatan londo dan lakukan pemasteran mulai 03.00 sore Hingga jam 6.00 tepat.

    Keesokan harinya kita bisa melakukan perawatan ini lagi secara berulang-ulang dan terus-menerus jadi usahakan untuk tidak mengganti rawatan ini agar burung cepat beradaptasi dengan rawatan yang sudah kita berikan seperti tadi, oke teman teman jadi seperti itulah perawatan srdc yang baru saja kita dapatkan dari ombyokan semoga tips ini dapat memberikan manfaat buat temen-temen kicau semuanya dan video ini saya khususkan bagi para pemula yang biasanya masih bingung dalam merawat burung yang baru saja didapatkannya dari ombyokan. Oke teman-teman mungkin segini dulu Terima kasih ya udah menyimak sampai habis sampai jumpa di tulisan selanjutnya dan salam kicau mania.