Tips Cucak Hijau Gagal Bongkar Isian Di Lapangan

    


    Halo teman-teman Jumpa lagi bersama saya di Master kicauan yang khusus membahas Seputar Dunia burung kali ini kita akan membahas tentang 5 tips penanganan settingan lapangan untuk burung cucak hijau lomba. salah satu problem yang sering dihadapi pemilik cucak hijau ketika lomba adalah burung gagal atau jarang bongkar lagu-lagu isiannya. kalian pernah mengalami hal ini dan bingung solusi Apa yang harus dilakukan padahal dalam kesehariannya burung cucak hijau selalu mampu membawakan lagu-lagu isiannya seperti cucak jenggot, lovebird, kenari, kapas tembak dan lain sebagainya. Kalian pasti bingung dan pusing sendiri banyak faktor penyebab sehingga cucak hijau kalian gagal bongkar isian Saat lomba.

    Faktor-faktor lain yang membuat cucak hijau gagal membongkar isiannya Saat lomba adalah birahinya sangat rendah atau justru birahinya terlalu tinggi biasanya hal ini dipengaruhi setelan extra fooding khususnya jangkrik dan ulat Hongkong serta kroto atau perawatan yang tidak tepat sesuai dengan kebutuhan cucak hijau. terus kondisi emosi burung juga sangat berpengaruh pada tahapan ini dan ini terkait pula dengan tidak terpenuhinya kebutuhan atau keinginan burung agar cucak hijau mampu mengeluarkan isiannya. ini diperlukan pengenalan karakter secara teliti pada burung tersebut termasuk mengamati kondisi emosinya atau fighternya.

    Jika cucak ijo kalian ini terlalu emosi atau terlalu Fighter maka yang keluar biasanya hanya gaya ngentrok dan jabrik saja serta bunyinya cuma pendek-pendek disertai tonjolan yang juga pendek-pendek saja, meskipun cucak hijau kalian full ngentrok dan full jambul akan tetapi suara yang dikeluarkannya pendek-pendek dan cuma tonjolan yang pendek-pendek juga hal tersebut akan mengurangi ini penilaian dari penjurian yang diharapkan. disini adalah cucak hijau kalian full ngetrok dan jambul disertai tembakan yang keluar panjang-panjang dan juga keras. cucak hijau merupakan burung cerdas pintar meniru suara burung lain dalam waktu singkat dan fasih melakukannya karena kepintaran tersebut sudah hijau kerap dijuluki burung latah.

Burung ini bahkan bisa menirukan suara burung lain yang didengarnya sengaja atau tidak, hanya dalam waktu satu hari Tetapi karakter cucak hijau tak selalu sama antara individu yang satu dan individu yang lainnya. ada cucak hijau yang tak hanya berdampak negatif Saat lomba misalnya dia malah menirukan suara cucak hijau yang menjadi musuhnya sehingga lupa dengan isiannya. selama ini cucak hijau memang pintar meniru suara burung master tetapi juga Mudah Melupakan isiannya hal yang perlu diperhatikan disini adalah settingan lapangan atau pengkondisian burung cucak hijau sebelum dilombakan di arena. kebanyakan para Kicaumania cuma mengutak-atik jenis F dan porsi Extra Fooding tersebut. mereka melupakan ritual-ritual atau treatment-treatment ketika burung sebelum naik di arena gantangan berikut ini lima settingan lapangan sebelum cucak hijau naik di arena gantangan sebagai berikut:

  1. pertama adalah perdengarkan suara masteran di hp, cucak hijau memiliki kecenderungan latah yang tinggi sebagian pemain melakukan ritual tertentu sebelum menggantang burung nya misalnya ditempel dengan suara burung masteran yang selama ini digunakan baik dalam bentuk burung asli maupun audio MP3, yang disetel dari HP Upaya ini dilakukan terus-menerus sampai tiba waktu menggantang burung. jika menggunakan burung asli sebaiknya dibawa salah satu saja yang memiliki besetan atau tembakan. Berdasarkan pengalaman beberapa teman-teman pemain cucak hijau yang diperlakukan seperti itu akan langsung meniru suara-suara burung masteran yang baru didengarnya dan akan terus dibawakannya sejak dari awal digantang sampai akhir lomba, apabila memakai video atau MP3 dari HP  Carilah kualitas suara yang sangat bagus atau menyerupai suara burung asli. 
  2. kedua adalah dicas dengan burung betina sebelum naik gantangan cucak hijau juga bisa dicas sebentar dengan burung betina biasanya cucak hijau jantan akan langsung bongkar lagu namun tidak semua cucak hijau mau dicas dengan betina. jadi Silakan dicoba dulu apakah cara ini bisa menjadi solusi untuk gacoan kalian.
  3. ketiga adalah dicas dengan burung jantan ada juga cucak hijau yang di trek dengan burung jantan yang dibawa pemain dari rumah hal ini bisa dilakukan sebelum burung cucak hijau gacoan mau digantangkan di arena biasanya ada pemain yang membawa cucak hijau dua ekor ke arena yang satu adalah gacoan untuk dilombakan yang kedua adalah untulan atau casan. sebelum burung gacoan dinaikkan ke arena Hal ini dilakukan karena tidak semua pemain cucak hijau mau untuk mengecas burungnya tujuan utama pengecasan dengan jantan ini adalah untuk memancing semangat tempur dari cucak hijau gacoan. Selain itu biasanya sebelum naik diberi sedikit kroto untuk mendongkrak birahinya Saat lomba.
  4. keempat adalah dicas dengan peserta lainnya metode ini sebenarnya merupakan pengembangan dari pengecasan menggunakan burung jantan saja Anda tak perlu membawa cucak hijau jantan dari rumah cukup di trek bareng-bareng dengan beberapa peserta lainnya. di trek bareng peserta lain sering dilakukan para ijo mania saat berada di perlombaan hal ini juga bertujuan mendongkrak semangat tempur burung sehingga tak melempem Saat lomba. metode ini juga sangat membantu cucak hijau saat tampil dalam suasana mendung, cuaca mendung apalagi kalau sudah gerimis dan hujan kerap membuat burung cucak hijau tidak bisa tampil maksimal dengan ngecas barang ini burung bisa menjadi lebih panas dan diharapkan dapat tampil lebih maksimal. yang menjadi persoalan adalah tidak semua pemilik burung mau diajak ngecas bareng jadi Silahkan pantau dulu kebiasaan para pemain di lapangan di tempat Anda jika mereka tidak mau diajak ngecas atau mau tidak mau anda kembali ke metode nomor tiga yaitu harus membawa sendiri burung jantan dari rumah.
  5. kelima adalah dijemur sebelum lomba metode ini bisa diterapkan untuk cucak hijau yang menyukai cuaca panas ada beberapa cucak ijo jawara dengan tipikal seperti ini cucak hijau yang senang sekali dengan cuaca panas sebelum digantang dia mesti dijemur dulu agar bisa menampilkan mutu suara terbaiknya. dengan cara seperti ini cucak hijau tersebut bisa mengeluarkan senjata isiannya.
Demikian 5 tips penanganan cucak hijau saat di arena sebelum naik gantangan semoga tips ini membantu kalian para ijo mania yang masih bermasalah dengan cucak hijau gacoan kalian terima kasih dan salam kicau mania mantap oke

Posting Komentar

0 Komentar