Jangan Pernah Lakukan Kesalahan Ini Pada Cucak Hijau

 


    Master Kicauan - Asalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh bertemu lagi bersama kami Master Kicauan mengupas tentang seputar burung dan penangkaran. di pertemuan kali ini ini bersama akan membahas 10 pantangan untuk burung cucak hijau ya teman-teman, artinya 10 kategori yang tidak seharusnya dilakukan untuk merawat burung cucak hijau teman-teman. Oke Langsung saja hal yang perlu dihindari untuk merawat burung cucak hijau sebagai berikut: 

  • pertama adalah menempel atau menggandeng burung cucak ijo dengan burung kenari yang berwarna cerah atau mencolok Ya teman-teman, seperti ada warna kuning, warna lain merah ya teman-teman seperti ada warna sankis dan sebagainya. punya warna-warna yang cerah ya temen-temen. Nah burung cucak ijo ini jika ditempel dengan warna-warna cerah ini bisa menimbulkan tingkah laku yang kurang baik teman-teman bisa menimbulkan ob yang sangat parah teman-teman, tidak semuanya burung cucak ijo ditempel dengan kenari yang warna cerah itu bisa menimbulkan ob tidak ya teman-teman tapi mayoritas burung cucak hijau itu jika ditempel dengan burung kenari berwarna cerah ini bisa menimbulkan ob yang sangat parah teman-teman. ini yang sering terjadi di rawatan burung cucak hijau.
  • Kedua Jangan pernah kita menempel burung cucak hijau dengan burung yang karakternya salto ya temen-temen Ini juga sangat berbahaya untuk berkelanjutan burung tersebut karena burung cucak ijo adalah salah satu burung yang gampang sekali untuk meniru burung-burung yang lain ya teman-teman. Jadi kita menghindari menempelnya burung cucak hijau dengan burung yang sering salto seperti ada burung sirtu, burung ciblek pokoknya burung-burung yang karakternya sering sekali untuk atau gampang untuk salto ya teman-teman.
  • Ketiga hindari kita membawa cucak hijau berkendara pada malam hari teman-teman ini banyak sekali kasus yang seperti ini ya teman teman, kita membawa cucak hijau pada malam hari ujung-ujungnya Grabagan dan akhirnya burung ini menjadi rusak teman-teman bahkan bisa menyebabkan kematian pada burung tersebut ini banyak sekali kasus yang terjadi ya teman-teman. memang karakteristik daripada burung cucak hijau ini itu sangat sekali takut dengan gelap teman-teman dan mudah sekali untuk kaget Jadi kalau burung cucak ijo dibawa udah malam hari Apalagi kita membawanya dengan motor ini sangat berbahaya sekali untuk burung cucak hijau tersebut teman-teman, yang pastinya kalau kita bawah pastinya Grabagan ya teman-teman apalagi kalau kita bawa dengan kendaraan bermotor ini sangat merusak daripada burung cucak ijo.
  • Keempat hindari kita bersiul alias kita Sering menancing burung teman-teman ini juga bakal berefek pada burung tersebut nantinya bisa-bisa ya teman-teman karena burung ini jadi mudah sekali untuk meniru, mudah sekali untuk merekam dalam otaknya ya temen-temen Jadi kalau kita menyiul, sering menyiul ya sering meniru tersebut Apalagi kita sambil menggoda ini akan berefek pada burung ini nantinya akan bersiul dengan seperti yang dia dengar ya teman-teman ya juga sangat berbahaya akhirnya ujung-ujungnya burung ini bisa meniru dengan siulan kita yang tidak bagus Nah akhirnya ujung-ujungnya burung ini menjadi jelek ya teman-teman.
  • Kelima jangan sekali-kali kita menggoda burung tersebut teman-teman ini juga bakal berefek pada kurang baiknya burung tersebut nantinya temen-temen, contohnya jikalau kita sering menggoda jadi bisa berakibat manja pada burung teman-teman jikalau tidak digoda Dia terkadang tidak mau berbunyi. bunyinya kalau kita goda saja nah efek yang terparah kalau kita sering menggoda jadi efek yang terparah adalah jika burung ini dilombakan teman-teman jikalau tidak digoda ini tidak bakalan bunyi nantinya. Walaupun dia melihat banyak lawan apalagi kalau settingnya kurang pas teman-teman akhirnya ujung-ujungnya Walaupun dia di dalam arena dalam gantangan akhirnya Kitalah yang berbunyi nantinya teman-teman. nah bagaimana kalau Setiap aturan lomba diterapkan non triak pasti kita sendiri yang bingung teman-teman karena kita tidak bisa menggoda lagi, harus diam ditempat biar burung yang akan bekerja nah ini repotnya kalau sering kita menggoda burung ya teman-teman.
  • Keenam jangan sekali-kali kita menyemprot atau memandikan burung itu di mukanya teman-teman dengan volume yang kencang Ini juga sangat berbahaya karena air yang kita semprotkan masuk ke dalam hidung ini bisa menyebabkan sakit atau perilakunya burung tersebut teman-teman karena burung cucak ijo ini termasuk salah satu burung yang rentan dengan penyakit teman-teman penyakit pilek, penyakit batuk juga serak ya temen-temen. ini rentan sekali kalau untuk burung cucak hijau kalau kita mau menyemprot dengan cara yang benar itu semprot lah dari atas dan dari samping temen-temen jangan disemprot dari bawah ya temen-temen kalau dari bawah ini juga bisa beresiko menimbulkan salto burung tersebut teman-teman, jadi kita menyemprotnya dari samping juga dari atas saja untuk bisa menghindari burung ini akan  saltonya.
  • Ketujuh kita berusaha menghindari minuman yang terlalu manis dan bersifat panas teman-teman ini memang kalau kita berikan minuman yang manis ini bisa burung ini bisa cepat gacor ya teman-teman karena burung ini memang salah satu burung yang suka manis dan asam ya temen-temen. Jadi kalau terlalu manis ini juga sangat mudah sekali yang pertama bisa rontok bulu bisa cepat sekali menimbulkan ob teman-teman dan kasus yang terparah ini bisa cepat serak burung tersebut tentu jikalau kita memberikan terlalu seringnya memberikan minuman Terlalu Manis temen-temen. Nah kalau untuk minuman yang bersifat panas kita yang memberikan madu murni ataupun madu-madu yang lain yang bersifat manisnya sangat berasa teman-teman karena madu ini bersifat manisnya sangat berasa dan yang jelas pasti itu bersifat manastorm teman. kalau kita cukup memberikan madu saja ini sangat berbahaya apalagi madu yang murni teman ini sangat tidak dianjurkan untuk burung cucak hijau ya teman-teman karena ini akan berakibat rontoknya bulu pada burung tersebut, Kalau burung ini sempat rontok Mestinya Kita akan repot sendiri ya teman-teman.
  • Kedelapan Jangan pernah kita membangunkan burung cucak ijo yang sedang tidur dengan cara dadakan temen-temen jadi kalau kita membangunkan ini cukup kita ketuk-ketuk dulu ya sangkarnya biar dia tidak terlalu kaget kalau kita dengan cara dadakan alias dikagetkan ini sangat berbahaya teman-teman karena burung ini akan kaget bahkan bahkan kasus yang sering terjadi burung mati mendadak. pemantik ini pastinya sangat tidak dianjurkan dan sangat berbahaya bagi keselamatan burung tersebut teman-teman. 
  • Kesembilan Jangan pernah kita menaruh burung cucak ijo di depan lampu pada Malam hari tanpa krodong temen-temen ini juga sangat berbahaya bagi keselamatan burung tersebut karena burung ini sangat lincah sekali untuk menangkap daripada kleper serangga yang bersifat racun teman-teman kalau sudah makan pastinya dia akan mati ya teman-teman, rata-rata dan Selain itu dia juga bisa terkena retina daripada matanya ya temen-temen kalau melihat lampu terlalu dekat dan tanpa krodong ini juga sangat tidak dianjurkan untuk perawatan burung cucak hijau teman jadi kalau malam hari lebih baik kita kerodong ya jangan yang terlalu tebal teman-teman kalau terlalu tebal tanpa cahaya sekali kaget dia akan nabrak bahkan teman-teman dan akan menjadikan burung ini rusak temen-temen apalagi kalau mati lampu ya temen-temen. kalau mati lampu biasanya dia kalau belum tidur dia akan kaget ya teman-teman. inilah karakteristik burung cucak hijau seperti itu teman-teman.
  • Nah untuk yang terakhir Jangan pernah kita menenteng wadah yang berisi jangkrik dan burung tersebut sering melihat temen-temen ataupun kita menenteng jangkrik dengan cara di tangan seperti ini dilihatkan ke burung tersebut ini yang terjadi burung ini akan mengejar daripada orang yang bawah jangkrik tersebut teman-teman karena sudah terbiasa seperti itu. ini efeknya di kedepannya nanti jikalau burung ini dilombakan seandai kata Ya terus buat harian pun itu akan bermasalah kalau kita sering memberikan jangkrik itu dia sering melihat bahkan pakai tangani sangat berbahaya bawahnya itu tadi Kalau kita menentang jangkrik dari kejauhan saja dia sudah mengejar kita apalagi kalau dia diikutkan lomba pasti dia akan melihat pemiliknya saja bahwa jangkrik dia akan turun ke bawah sangkar teman-teman akhirnya ujung-ujungnya menjadi dis ya teman-teman.
    Kurang baik pastinya nah terkecuali burung ini dalam keadaan masih giras kelabakan teman-teman baru kita jinakan dengan cara kita menenteng jangkrik lewat tangan teman-teman ini berbeda lagi dengan burung yang perawatan harian yang sudah jinak ya teman-teman Nah itulah 10 pantangan burung cucak ijo yang perlu kita hindari ya teman-teman dan pastinya kita juga menyertakan daripada rawatan yang baik teman, sehingga burung ini lepas dari berbagai problem alias masalah teman-teman Nah mungkin itu yang bisa kami sampaikan semoga bermanfaat buat Kicaumania seluruh Nusantara salamkicau mania asalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh