Settingan Murai Batu Di Lapangan Saat Sesi A Dan B

    


    Jika sobat Kicaumania sudah mendapatkan settingan atau takaran jangkrik pada season pertama dan murai batu terlihat bagus apa sih langkah selanjutnya. untuk saya yang kedua jika sobat Kicaumania memberikan jangkrik tiga ekor dan ulat Hongkong dua ekor pada saat lomba dan murai batu berhasil mendapatkan juara maka pada season B Apa yang harus kita lakukan ketika season B sudah selesai. maka kita ingin mengikuti season B maka murai batu Setelah turun itu harus kita full krodong Kenapa? harus kita full krodong agar si murai batu menyimpan tenaga dan tidak bongkar isian terus-menerus.

    Nah untuk ekstra pudingnya kita kurangi dari takaran di Season A Kenapa Karena pada saat pertandingan di Season A murai batu itu birahi dan emosinya sudah naik jadi kita hanya memberikan Cukup dua ekor jangkrik atau hanya cukup satu ekor jangkrik hanya perlu mengurangi takaran jangkrik dari season A Kenapa? Karena pada saat pertandingan disesen A. birahi dan emosi si murai batu sudah pasti akan naik ketika berhadapan dengan lawannya dan untuk ulat Hongkong pun itu ada yang kita kurangi misal yang tadinya kita berikan tiga hanya kita berikan dua bahkan ada juga murai batu pada saat sesi B itu tidak saya berikan ulat Hongkong sama sekali.

    Pada saat pertandingan lah kita harus benar-benar mengamati kerja dari si murai batu itu pada saat sesi B ini murai batu harus dalam keadaan kondisi di kerodong agar si murai batu menyimpan tenaga dan tidak bongkar isian terus-menerus. Karena pada saat sesi A murai batu sudah banyak mengeluarkan tenaga jadi kita harus membuat murai batu itu tenang dan nyaman. pada saat dilapangan memang kita harus benar-benar mengamati dari si murai batu yang kita rawat ada Murai Batu yang pas ketika kita sampai ke lapangan itu harus kita ablak lalu kita kerodong kembali, pada saat 1 sesi sebelum kita naikkan ada Murai Batu yang ketika di lapangan itu harus kondisinya benar-benar kita perlu krodong dan kita mencari posisi tempat yang tenang agar birahi dan emosi si murai batu itu tidak terpancing.

    Sehingga membuat murai batu itu bongkar pada saat dibawa terus-menerus Jadi pas ketika kita naikkan murai batu akan ngempos atau bahkan banyak jeda karena kehabisan tenaga pada saat posisi sebelum kita naikkan, jadi di sini kita harus benar-benar mengamati Apakah murai batu enak pada saat kita ablak di lapangan atau kita full krodong. pada saat di lapangan semua itu perlu kita coba dan kita pelajari agar kita mengenal karakter dari si murai batu yang kita rawat. untuk sobat Kicaumania yang masih bingung ketika ingin berangkat sekitar jam satu atau jam 02.00 Apakah kita harus memberikan ekstra puding lagi? saya hanya memberikan ekstra puding lagi ketika sampai lapangan dan saya ablak saya lihat apakah emosi bidan birahi si murai batu itu sudah pas atau belum itulah fungsi pemberian extra fooding lagi pada saat di lapangan. Apakah pada saat hari H itu murai batu harus mandi atau tidak Saya pernah merasakan ketika baru pertama kali memelihara murai Saya juga merasa bingung yang selalu ada di pikiran saya apa yang harus saya lakuin? Apakah mandi atau tidak Dan apakah pas pada saat berangkat harus saya berikan jangkrik atau tidak.

    Itu sudah pasti ada di pemikiran bagi sobat Kicaumania yang baru bermain murai saya tidak pernah memandikan murai batu pada saat hari H  pagi ataupun mau berangkat terkecuali kita sudah benar-benar mengenali karakter dari si murai batu itu. dan posisi murai batu tersebut memiliki jiwa tempur yang sangat tinggi alias benar-benar galak itu baru saya mandi kan pas hari H karena kenapa karena agar bisa meredam emosi dan birahi dari si murai batu tersebut. untuk pemberian kroto pada saat hari H itu saya berikan kroto pada saat pagi hari setelah saya memberikan jangkrik. Saya tidak pernah memberikan kroto pada saat posisi di lapangan, di lapangan itu saya cukup memainkan jangkrik dan ulat Hongkong jadi untuk jangkrik dan ulat Hongkong ini jangan salah persepsi ada Murai Batu yang pada saat di lapangan itu saya berikan jangkrik dan ulat Hongkong, ada yang hanya saya berikan jangkrik aja semua itu berdasarkan dari pengamatan setelah kita mengenali karakter dari si murai batu tersebut .

    Apakah ulat Hongkong diperlukan atau tidak karena setiap murai batu memiliki karakter yang berbeda-beda ada juga Murai Batu yang pada hari H itu tidak saya berikan kroto Itulah kenapa pentingnya pemahaman pada saat setingan harian itu kita dapat harus mengenali karakter dari si murai batu yang kita rawat karena extra puding itu ada yang cocok dan ada yang tidak bagi si murai batu yang kita rawat. memang untuk mengenali sebuah karakter dari murai batu itu harus perlu kesabaran dan proses ada Murai Batu yang gampang untuk di-setting dan memang ada Murai Batu yang sedikit agak bandel untuk kita setting.

     Saya sendiri pun pernah mengalami yang namanya Mengenali satu karakter murai batu itu sampai satu tahun ada juga yang sampai lima bulan, saya setiap minggu saya ikutkan latihan bersama atau sebutnya latber agar saya lebih mengenali dari karakter tersebut tetapi Ketika saya telah mengenali karakter si murai batu tersebut dan si murai batu itu akhirnya membanggakan dan selalu stabil di jalur juara.

    Oke sobat Kicaumania mungkin ini saja yang bisa saya sampaikan semoga Tulisan ini bermanfaat bagi kita semua setiap perawat burung mempunyai trik dan caranya masing-masing untuk menjadikan burungnya berprestasi Selamat mencoba dan selamat mencetak burung juara salam kicau mania.

Posting Komentar

0 Komentar