Perawatan Harian Pleci Bahan Agar Cepat Ngalas




    Master Kicauan - Halo sobat kicau gimana kabarnya Semoga sehat selalu di artikel kali ini saya akan memberikan tips mengenai perawatan harian burung pleci. ya mungkin sebagian besar Para kicau mania sudah mengetahui burung ini dan saya rasa banyak sekali dari teman-teman yang sudah memelihara burung ini tipe ini. seperti biasa saya khususkan untuk para pemula yang masih bingung dalam perawatan burung pleci ini namun tidak usah bingung lagi karena kali ini saya akan memberikan tips mengenai perawatan burung pleci ini.

    Oke tidak perlu berlama-lama lagi langsung saja kita ke langkah yang pertama tahap yang pertama kita mulai dari pengembunan, pengembunan bisa dilakukan pada pukul 5 atau setengah enam pagi. pengembunan ini sangat bermanfaat sekali untuk burung pleci yang masih bahan maupun sudah jadi untuk merangsang dia agar lebih cepat lagi untuk berbunyi.

    Tahap kedua setelah pengembunan sekitar pukul tujuh pagi dan Matahari mulai naik dan panas saatnya kita untuk memandikan si burung. pertama-tama kita keluarkan dulu pakan dan juga minumannya jangan lupa juga untuk selalu kita bersihkan, Awas dari sangkar agar kotorannya hilang dan sangkar selalu bersih untuk memandikan burung pleci sendiri. Kita bisa menggunakan semprotan Jangan lupa untuk menyetel semprotan pada tekanan yang halus agar tidak melukai ataupun merusak pada bulu pleci. untuk memandikan burung pleci sendiri tidak perlu sampai basah kuyup, lakukan pemandian hanya setengah basah kuyup saja pemandian ini sangat banyak sekali manfaatnya untuk burung pleci salah satunya adalah menstabilkan birahi burung pleci membuat dia nyaman dengan bulu-bulunya yang bersih dan halus dan juga bisa bermanfaat untuk merangsang burung pleci agar lebih cepat berbunyi.

     Setelah pemandian tadi dirasa cukup tahap berikutnya adalah penjemuran nah pada saat penjemuran ini Jika teman-teman punya lebih dari satu burung pleci kita bisa menggunakan sistem koloni saat penjemuran karena burung pleci ini bersifat koloni atau bergerombol maka saya anjurkan buat teman-teman untuk memelihara burung pleci ini lebih dari satu ekor yang sangat berguna untuk lebih cepat lagi merangsang burung pleci ini untuk berbunyi jadi kita bisa lakukan koloni atau tempel sangkar pada saat burung kita mandi kan kita bisa menempelnya. kemudian ketika burung berada di dalam rumah pun kita juga bisa saling didekatkan sangkarnya atau kita tempel jadi agar dia merasa punya grup atau punya gerombolan koloni dan ketika dipisah nantinya biasanya dia akan saling sahut-sahutan.

    Oke teman-teman sambil menunggu burungnya yang kita jemur tadi, kalau sudah kering bulunya saatnya kita siapkan untuk pakanya. untuk pakanya sendiri disini saya biasa menggunakan ekstrak puding berupa ulat Hongkong. teman-teman bisa gunakan ulat Hongkong yang sedang berganti kulit seperti ini yang berwarna putih cukup kita berikan dua ekor saja. Kemudian untuk pakan pendamping lainnya seperti makanan pokoknya berupa voer dan juga pisang selalu saya berikan untuk pisang sendiri terserah teman-teman bisa menggunakan Pisang apa saja kalau saya biasa menggunakan pisang kepok karena awet. kemudian kasih voer juga untuk berjaga-jaga jika mungkin nanti pisangnya habis jadi paginya bisa makan voer.

    Oke Setelah semua pakan tadi sudah kita siapkan Sekarang saatnya untuk kita masukkan kedalam sangkar buat teman-teman jangan lupa juga ya untuk mengganti air minumnya setiap hari ini wajib agar air minum selalu bersih dan burung selalu sehat. oke saya masukkan dulu satu persatu ya Mulai dari pisang kemudian juga voernya Kemudian untuk ulat Hongkong tadi juga bisa berikan dua ya. teman-teman ini hanya untuk mendongkrak birahinya saja agar burung lebih cepat berbunyi Kemudian untuk pemberian ulat Hongkong sendiri bisa dilakukan setiap hari dengan porsi dua ekor ulat Hongkong kita ambil yang berwarna putih saja.

    Teman-teman setelah selesai jadi kita lakukan treatment atau langkah mulai dari pengembunan mandi dan juga pemberian pakan setelah itu sudah kita lakukan terakhir adalah tinggal kita gantung sangkarnya di depan atau di teras rumah, Usahakan dalam kondisi yang teduh dan juga sekitarnya ramai dikarenakan burung pleci ini sangat suka sekali dengan keadaan yang ramai dan dalam keadaan ini biasanya burung pleci akan mulai ngeriwik Mulai dari ngeriwik halus kasar kemudian Ngalas namun untuk mencapai ke tahap burung pleci mau Ngalas itu butuh waktu dan juga kesabaran yang terpenting bagi kita adalah kita lakukan perawatan yang rutin dan konsisten. setidaknya burung sudah mau ngeriwik halus dan kasar dan tidak lama pasti nanti akan ngalas dengan sendirinya.

    Kemudian sore hari saat burung sedang beristirahat di dalam rumah kita bisa melakukan tempel sangkar atau kita mendekatkan sangkar pleci yang satu dengan yang satunya yang bertujuan untuk membentuk suatu koloni nah ini nanti ketika kita sudah salah satunya atau kita bisa pisah burung akan saling memanggil dan itu akan memancing si pleci agar lebih cepat untuk berbunyi.

    Oke teman-teman mungkin segini dulu tips kali ini dan semoga tips ini dapat memberikan manfaat buat teman-teman semuanya Terima kasih sudah membaca sampai habis sampai jumpa di artikel selanjutnya dan salam kicau mania.