Cara Mengatasi Cucak Ijo Makan Jangkrik Hanya Di Emut Sambil Loncat Dan Bunyi

 


    Master Kicauan - Halo sobat kicau mania gimana kabarnya Semoga sehat selalu, di tulisan kali ini saya ingin berbagi pengalaman yaitu cara mengatasi burung cucak ijo yang kalau makan jangkrik itu hanya diemut saja sambil loncat-loncat dan sambil berbunyi. buat teman-teman pecinta burung cucak ijo pasti sudah pernah mengalami hal tersebut sebenarnya itu bukanlah suatu masalah teman-teman karena hampir semua burung cucak ijo mengalami hal tersebut. Nah jadi Kenapa burung tersebut bisa seperti itu dan kenapa tiba-tiba cucak ijo kita setiap makan jangkrik tidak langsung dimakan melainkan dimainkan dulu sambil berbunyi? salah satu penyebabnya adalah over birahi atau birahi dari burung cucak ijo kita sedang naik kebetulan hal ini terjadi pada burung cucak ijo Saya yang masih trotol ya teman-teman jadi saya memiliki burung cucak ijo bahan yang masih trotol dan sekarang kondisinya sedang birahinya naik atau tinggi.

    Setiap saya berikan jangkrik di cepuknya dibuat mainan dan loncat-loncat sambil berbunyi Tidak seperti biasanya atau sebelumnya yang setiap saya berikan jangkrik langsung dimakan habis banyak dan tidak dimainkan. Sebenarnya ada beberapa faktor penyebab kenapa burung cucak ijo kita bisa seperti itu yang pertama adalah penjemuran yang terlalu lama, penjemuran terlalu lama dapat mengakibatkan burung cucak ijo kita naik birahinya. Kemudian yang kedua adalah pemberian extra fooding yang tidak konsisten misalkan kita biasa berikan cucak ijo kita jangkrik pada pukul tujuh pagi namun pemberian jangkrik nya kita rubah menjadi 09.00 pagi atau hal itu dapat mengakibatkan burung cucak ijo kita tidak lahap makan jangkrik dan juga dimainkan. dan sekarang saya akan berikan sedikit tips ya ini berdasarkan pengalaman pribadi saya dalam mengatasi hal tersebut untuk cara mengatasinya sederhana saja sebagai berikut: 

  • Pertama adalah rutin embunkan burung cucak ijo kita jadi setiap hari teman-teman bisa lakukan pengembunan pada burung cucak ijo yang makan jangkriknya hanya diemut atau tidak Lahab yang berikutnya adalah stop penjemuran dulu ketika burung cucak ijo kita birahinya sedang naik maka untuk penjemuran bisa kita stop dulu atau tidak diberikan.
  • Kemudian berikutnya adalah berikan mandi pada burung cucak ijo kita secara rutin untuk mandi sendiri bisa kita lakukan pagi dan juga sore hari kita berikan dua kali dalam satu hari, untuk mandinya sendiri bebas teman-teman bisa sediakan cepuk atau keramba seperti ini tergantung dari kebiasaan dari burung kita yang terpenting disini adalah kita lakukan mandi secara rutin.
  • Kemudian berikutnya adalah pemberian buah untuk buah sebaiknya buah pisang kita hindari dulu dan kita berikan buah pepaya atau pun buah pir dan juga buah tomat. pilih salah satu buah tersebut yang gampang kita dapatkan dan berikan pada burung cucak ijo kita dan untuk burung saya ini saya memakai buah pepaya, karena buah pepaya mudah didapatkan dan cukup efektif juga untuk menurunkan birahi dari burung cucak ijo.
  • Berikutnya untuk harian sendiri burung cucak ijo tidak perlu dikerodong jadi mulai pagi sampai dengan sore burung kita ablak saja tidak perlu dikerodong, pengerodongan hanya kita lakukan pada saat burung akan istirahat atau saat burungnya akan tidur. jadi untuk harianya full kita ablak tidak dikerodong.
  • Kemudian yang terakhir adalah pemberian extra fooding, untuk extra fooding sendiri kita berikan dua ekor jangkrik dan diberikan pada saat sore hari saja. jadi ketika pagi hari teman-teman tidak perlu memberikan extra fooding hanya kita berikan satu kali yaitu sore hari saja sebanyak dua ekor jangkrik.
    Jadi itulah beberapa cara yang bisa kita lakukan untuk mengatasi burung cucak ijo yang setiap makan jangkrik hanya diemut saja sambil loncat-loncat dan berbunyi. buat teman-teman yang mengalami hal tersebut maka teman-teman lakukan saja perawatan seperti yang sudah saya jelaskan tadi agar cucak ijo kita dapat memakan jangkrik dengan normal kembali dan tidak dimainkan lagi.

    Oke teman-teman jadi kurang lebih seperti itulah tips cara mengatasi burung cucak ijo yang makan jangkriknya hanya diemut sambil loncat-loncat dan berbunyi mungkin segini dulu tulisan kali ini Terima kasih Yang udah membaca sampai habis semoga tulisan ini dapat memberikan manfaat edukasi dan juga informasi. untuk teman-teman semuanya sampai jumpa di tulisan selanjutnya dan salam kicau mania.