Setingan Kenari Biar Gak Cepet Birahi

 


    Halo assalamualaikum kicau mania kali ini saya mau membagi tips buat teman-teman semuanya  pola perawatan kenari yang biasa saya lakukan di pagi hari atau perawatan harian saya biar kenari saya enggak over birahi. karena sering dari temen-temen menanyakan seperti apa sih untuk perawatan kenari yang bagus biar nggak gampang Ob. Nah di sini saya mau kasih lihat teman-temanku Untuk perawatan harian kenari dari saya biar bisa jadi inspirasi buat temen. gimana biar kenari rajin bunyi dan Nggak gampang ob langsung kita simak.

     Pertama untuk penjemuran jadi Untuk penjemuran Saya biasanya saya keluarkan dari rumah itu sekitar 5.30 enam pagi, kalau misalnya Kenari udah mulai banyak sedikit tanda-tanda birahi saya jam lima lebih dikit dah mulai saya keluarkan jadi memang ini sering saya embunkan di pagi hari dan saat sudah hampir 7.30 karena cuaca cerah jadi jam segini udah cukup Panasnya ini jam 08.00 jam 09.00 saya Umbar satu persatu jadi nanti di masukan satu persatu kita umbar yang kita mandikan karena di trik memandikan pun biasanya saya pake ini tapi caranya jadi mandinya bareng-bareng terus sangkarnya kita jadiin satu. 

    Setelah itu kita mulai mandikan bareng kita semprot aja semprot embun seperti biasa, biar semuanya sampai basah kuyup tujuannya apa sih mandi harus di koloni kayak gini nah yang pertama selain pengenalan. dalam artian si burung biar lebih punya mental kalau ketika dia disatuin sama burung lainnya dalam jarak dekat dan dalam kondisi basah seperti ini kenari lebih cepat mapan makanya kenapa kalau memandikan burung alangkah baiknya di koloni yang punya banyak lebih dari satu. semprot seperti ini bareng-bareng di satu sangkar seperti ini dimandikan jadi dari awalnya yang begitu tadi disatuin pertama mereka saling tarung ya nanti lama-lama mereka lebih mapan dan enggak terlalu banyak berantem. jadi untuk proses kayak gini itu bisa berlangsung untuk akhirnya jadi setiap hari atau mungkin buat sekali temen-temen kenari di terapi seperti ini maka akan lebih cepat mapan dan enggak terlalu sering nebok, juga untuk terapi biar enggak terlalu banyak ngeruji juga bisa kalian Mandi sediain cepuk seperti ini ya jadi biar dia juga bisa mandi sendiri dan mau mandi sendiri di umbaran setidaknya minimal dua minggu sekali maksud saya dua kali satu minggu dari seminggu dua kali untuk melatih mental dan juga fisiknya atau kenari sering diumbar Nanti nafasnya juga lebih panjang durasinya lebih panjang volume juga bisa lebih bagus karena fisiknya bagus.

     Nah setelah di mandikan burung menjadi lebih anteng lebih tenang udah nggak nakal udah enggak saling berantem efeknya langsung kelihatan jadi buat temen-temen yang mau burungnya lebih cepat mapan seperti ini caranya Salah satunya cara dan tips mudah. setelah ini kita mau jemur tipis-tipis seperti ini di nanti digantung digantang jadi nggak usah disekap tapi jaraknya sekitar 1-2 meter.

     Selanjutnya untuk pemberian EF kita kasih timun karena ini cuacanya bagus cerah dan nggak ada ujan jadi saya berani ngasih Timur dan ke pemberian timun juga biasanya saya seminggu cuma satu kali atau dua kali tergantung Cuaca dan tergantung kondisi burung. kalau sekiranya ob kita kasih timun kalau kondisinya aman kita bisa kasih sawi, sawi sendok atau mungkin juga bisa jagung manis atau mungkin juga bisa daun gingseng. tergantung kondisi dari Cuaca dan juga kondisi burung. pemberian timun sudah wajib kita cuci bersih selain kita jemur kita gantung dulu biar sampai kering bulunya agak berjauhan tempatnya jadinya sekitar satu jam terus kita dekatan dengan yang lain sekarang tinggal kita  nikmati kicauannya jadi nggak usah disekat ya kayak gini dan setelah selesai semuanya dari mulai jemur diumbar dimandikan bareng kemudian dicatel, selesai Nanti sekitar jam 10.00 WIB nanti kalau sore hari jam 3.30 kita angin-anginkan lagi seperti ini enggak di sekat-sekat terus kita kerodong lagi untuk sampai malam.perawatan seperti ini sampai seterusnya buat perawatan harian. sampai ketemu di lain postingan lainya kalau ada yang kurang jelas bisa langsung komen di bawah Wassalam.