Perawatan Dan Setingan Cucak Ijo Tipe Dingin


    Master Kicauan - Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh, sobat jamtrok mania dimanapun anda berada selamat berjumpa lagi bersama media kicau, aku kali ini aku akan membahas masalah cucak ijo tipe dingin. jadi aku akan tunjukkan bagaimana mensetting cucak ijo yang tipe dingin tapi sebelumnya sobat jangan lupa follow dan komen agar berkembang website saya, agar aku bisa memberikan tip-tip yang terbaik buat para jamtrok mania

  •     Hai semuanya yang pertama-tama yaitu pengembunan untuk burung tipe dingin ini pengembunan itu sangat penting karena berguna untuk meningkatkan stamina dan juga untuk menyegarkan tubuhnya dengan embun pagi, burung bisa merasakan kembali ke alamnya dan membantu membakar melancarkan sirkulasi darah. untuk pengembunan nya di kandang umbaran ya, ini akan lebih baik lagi sobat karena dengan di umbar dan juga sekaligus berolahraga untuk melatih otot-ototnya.
  •         Kedua yaitu pengumbaran disini sangat-sangat bagus berfungsi sekali buat burung cucak ijo karena membuat lebih bagus burung cucak ijo sobat, itu paling tidak harus dilakukan dalam satu minggu itu diumbar 2-3 kali, ini bertujuan untuk meningkatkan setamina serta pernafasan dari burung sobat. dengan aktif bergerak kesana-kemari seperti di alam liarnya maka akan menguatkan otot-otot dari burung sobat dan burung tidak mudah stress.
  •      selanjutnya yaitu masalah settingan ff untuk cucak ijo tipe dingin itu settingan ef nya itu biasanya agak tinggi sobat jadi tipe dingin ini sulit untuk ngentrok, jadi untuk bisa ngentok sobat perlu diberikan tambahan ef seperti kroto jangkrik dan bisa juga ditambahin makanan yang bervariasi seperti ulat hongkong kelabang dan lain-lain. agar dia kembali seperti di alamnya dengan begitu birahinya akan cepat keluar.
  •       selanjutnya yaitu pola mandi, burung cucak ijo tipe dingin ini biasanya mandinya itu tidak begitu suka sobat biasanya mandinya itu cuma kepalanya aja, kenapa dia tidak suka mandi karena dia itu tipenya dingin suhu tubuhnya masih kurang. jadi enggak papa kita ikutin karakter cucak ijo kita, jadi dikurangi porsi mandinya sobat paling tidak dua hari sekali atau paling terutama itu h-2 sebelum lomba itu jangan dimandikan. agar suhunya suhu tubuhnya tetap panas sehingga nantinya bisa jamtrok.
  •       selanjutnya yaitu masalah penjemuran, coba penjemuran untuk burung cucak ijo tipe dingin ini alangkah baiknya penjemurannya itu ditambahin sebab kenapa dengan penjemuran yang tinggi akan meningkatkan emosi dari burung cucak ijo dan untuk makanannya yang seperti tadi saya sampaikan itu, ini bertujuan untuk meningkatkan birahinya setelan jadi birahinya sudah tinggi tapi kalau emosinya sendiri kurang nanti hasilnya juga tidak akan bagus.  jadi kejar juga emosinya dengan porsi penjemuran yang agak kuat minimal 2jam sampai burung mangangap baru kita angin-anginkan.
  •       selanjutnya yaitu masalah settingan lomba untuk settingan lomba tipe dingin. cucak ijo tipe dingin sobat paling tidak h-2 atau h-3. untuk h-3 itu sobat harus diberi ef yang cukup banyak atau semaunya, untuk burung d abak dalam artian yaitu prasmanan tepat agar burung sobat ini birahinya bisa terjaga dan juga emosinya jadi perawatan utamanya itu di h-3 sampai h-1 itu. sesampai di lapangan burung di kondisiin di buka separo agar terbiasa liat situasi, sambil kita pantau burung nembak-nembak, kl masih kurang panas kita sodok lagi sama UH satu-satu sampai keliatan semi ngetrok, kalau mau naik kita kasih satu lagi UHnya biar full ngetrok.
    cukup segitu yang perlu saya sampaikan mudah-mudahan tulisan kali ini yang membahas masalah cucak ijo tipe dingin ini bisa bermanfaat buat sobat jamtrok mania sehingga nantinya tidak salah atau keliru dalam mensetting untuk cucak ijo nya sobat ya. kl masih ada yang kurang bisa komen di bawah ya terimaksih. wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh