Membedakan Murai Batu Gembung Dan Non Gembung Untuk Pemula


     Master Kicauan - Halo assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh Apa kabar teman-teman kicau Semoga teman-teman selalu diberikan kesehatan oleh Allah subhanahuwata'ala Amin ya Allah ya Rabbal Alamin.

     Nah teman-teman kali ini saya akan membahas Bagaimana cara membedakan murai batu kembung dan murai batu non kembung jadi simak terus sampai habis Hehehe, oke teman-teman hal membedakan murai batu kembung dan murai batu non kembung sebenarnya susah-susah gampang mungkin sangat gampang untuk para pemain murai batu. tapi bagaimana buat yang baru mau memulai pelihara murai batu bisa saja kena tipu oleh oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab misalkan murai batu kembung katakan murai batu non kembung, jika kita tidak tahu mungkin sangat sulit sekali untuk membedakan mana murai batu kembung dan mana murai batu non kembung.

 Nah sebenarnya murai batu terbagi dari beberapa jenis misalkan murai batu dari pulau Kalimantan dan murai batu dari pulau Sumatera, sedangkan buat dari Kalimantan sendiri terbagi dari beberapa spesies disahkan murai batu borneo, murai batu Samarinda dan masih banyak jenis murai batu yang lain. nah sedangkan buat murai batu dari pulau Sumatera sendiri terbagi beberapa spesies juga seperti murai batu Medan, murai batu lampung, murai batu jambi, murai batu Aceh dan masih banyak lagi jenis-jenis Murai Batu yang tidak saya ketahui.

     Jadi untuk membedakan mana murai batu kembung dan mana murai batu non kembung bisa dilihat dari pola ekor burung murai batu tersebut, Lantas apa yang dinamakan pola buat murai batu non kembung bisa kita lihat dari bagian ekor yang berwarna putih yang delapan helay tersebut biasanya buntut murai batu non kembung warnanya terbagi dua yaitu warna hitam dan warna putih dari pangkal berwarna hitam kurang lebih 40-50 persen sedangkan dari Tengah sampai ke ujung ekor berwarna putih kurang lebih 60-70 persen. buat delapan helai yang berwarna putih yang sebut pola tadi adalah bagian yang ini adalah yang disebut pola bagian ini berbentuk W dan juga U ini adalah yang disebut pola ekor Jadi yang memisahkan antara garis hitam dan garis putih pada helaian burung murai batu tersebut buat pola ekor seperti ini menandakan burung murai batu tersebut adalah burung murai batu non kembung dan dijamin 100% non kembung. lihat gambar.

Murai Batu Non Gembung

    Terus bagaimana pola ekor dari burung murai borneo atau murai batu kembung nah buat burung murai batu kembung yang delapan helai ini tidak berbentuk pola atau ada juga yang 100% warnanya putih semua kadang-kadang ada juga yang sebelah putih sebelah hitam sampai ke tengah saja jadi buat burung murai batu Tumbuh ekornya hampir putih semua dan tidak separuh putih separuh hitam sedangkan buat burung murai batu kembung separuh hitam separuh putih lantas Bagaimana dengan burung murai batu bordan dan adalah hasil dari kawin silang antara burung murai batu Medan dan murai batu borneo jadi bordan artinya tidak ada burung murai batu bordan muda hutan semua burung murai batu bordan hasil dari penangkaran jika ada seseorang yang mengatakan murai batu bordan muda hutan itu tadi nah bohong menurut pengetahuan saya kurang lebih seperti itu bordan hasil silangan dari Borneo Medan artinya tidak ada bordan muda hutan cek gambar pola ekor kembung.

Murai Batu Gembung

     Nah teman-teman itu dia penjelasan saya Bagaimana cara membedakan murai batu kembung dan murai batu non kembung mohon maaf jika masih banyak kesalahan Karena saya juga masih belajar dalam hal dunia burung semoga bermanfaat untuk teman-teman sampai ketemu lagi selanjutnya wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh Salam Satu hobi.