Cara Setingan Dan Perawatan Murai Batu Dubur Putih

 


    Master Kicauan - Bismillahirohmanirohim Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh kita ketemu lagi Masterkicauan.com gimana kabarnya hari ini Bosku mudah-mudahan kita semua masih diberi kesehatan jasmani dan rohani amin. Oh iya Pada kesempatan kali ini saya akan memberikan informasi tentang perawatan murai batu berdubur putih, apa sih murai batu dubur putih?adalah Murai Batu yang memiliki bulu warna putih pada bagian perut bagian bawah atau tepatnya itu disekitar anus ya atau disekitar dubur atau lubang pembuangan kotoran. Yah maksudnya itu yaitu yang sering kita namakan atau kita sebut dengan murai batu dubur putih.

    Oke untuk murai batu berdubur putih ini sepertinya udah banyak sekali yang ngebahas tentang Bagaimana kualitas kekurangan dan lain-lain.secara umum memang Murai Batu ini agak sedikit berbeda ya untuk perawatan dengan murai batu yang lain. ada juga yang mengatakan kalau murai batu dubur putih itu susah untuk stabil dan susah untuk ke naik birahi, kestabilan, mental, untuk mendapatkan titik kondisi dan lain-lain, kalo menurut saya itu tergantung dengan karakter masing-masing ya atau yang saya maksud itu ketika kita menemukan setelan yang pas entah itu murai batu dubur Putih, Dubur coklat, dubur kuning, dubur hijau, dubur hitam, dubur pink dan lain-lain itu pasti akan enak terkait dengan perawatan atau setelan yang pas kuncinya seperti itu menurut saya. 

    Kita lanjut untuk perawatan harian murai batu dubur putih itu menurut pengalaman saya seperti Murai Batu saya Alhamdulillah udah meraih prestasi ya dikelas pastol, kita lanjut aja bos sebagaimana rawatan harian untuk murai batu dubur putih, yang pertama saya akan bahas tentang pengembunan  menurut saya wajib Ya, wajib kita lakukan untuk murai batu jenis ini namun kita juga harus melihat Bagaimana cuaca yang terjadi di saat kita itu mau mengembunkan ketika cuaca sangat dingin itu sebaiknya kita tahan pengembunan, Nah setelah pengembunan kita lanjut dengan penjemuran nah disini menurut pengalaman saya untuk murai batu jenis dubur putih ini kita diusahakan untuk rutin ya. rutin kita jemur setiap hari dan untuk penjemuran ini kita lakukan itu setelah jadwal mandi jadi kita utamakan mandi dulu kemudian Murai Batu ini kita angin-anginkan setelah bulu agak kering baru kita jemur, untuk durasi penjemuran itu kita bisa tambah ya jadi penjemurannya itu bisa kita naikkan karena sepengalaman saya atau sepengetahuan saya untuk murai batu jenis ini itu untuk durasi penjemurannya itu dia lebih bertahan lebih lama, ya maksudnya jadi kita untuk penjemuran itu kita agar sedikit tambah durasinya ini untuk meningkatkan birahi dan juga yang pasti untuk mendapatkan asupan vitamin D.   

    Untuk waktu penjemuran ini kalau di tempat saya itu biasanya saya lakukan itu sampai jam 11.00 ke atas, itu udah saya tarik enggak dijemur nanti ini bisa disesuaikan dengan tingkat kepanasan di lokasi kalian masing-masing karena setiap daerah itu pastinya berbeda-beda ya. untuk pakan voer Kalau saya sendiri itu menggunakan voer coklat dengan merek terserah kalian, saya tulis dulu pengalaman saya itu pernah menggunakan voer rumput laut atau full hijau yang lebih rendah proteinnya itu hasilnya kurang maksimal bos jadi saya menggunakan full coklat yang lebih tinggi protein sedikit.

    Oh ya untuk jadwal pemandian untuk murai batu jenis dubur putih ini yang biasa saya lakukan itu ke satu minggu itu dua kali maksimal, kalian nanti sesuaikan ya satu kali atau dua kali maksimal dalam 1 minggu contoh Minggu ini kita lakukan di pagi hari jadi sebelum proses penjemuran sebaiknya kita mandikan dulu kemudian kita angin-anginkan baru lanjut untuk proses penjemuran. 

    Kemudian Bagaimana dengan pengumbaran? pengubaran untuk murai batu jenis seperti ini yang biasa saya lakukan dalam satu minggu itu dua kali pengumbaran dan pengumbaran tersebut ada dua metode untuk jadwal yang pertama misalkan kita umbar hari Minggu dan hari Kamis untuk pengumbaran di hari kamis kita umbar seperti biasa seperti layaknya perawatan umbaran ya kita biarkan burung kita itu bebas terbang bolak-balik di umbaran. namun untuk hari Minggunya itu kita harus geber jadi untuk pengumbaran Di Hari Minggu kita genjot murai batu kita agar terbang ke kanan ke kiri kita bisa kepar yaitu menggunakan batang sapulidi agar dia itu bisa terbang ke kanan kiri dengan cepat itu khusus untuk jadwal pengumbaran di hari Minggu.

    Kemudian untuk poin yang paling penting ini adalah poin  untuk murai batu jenis dubur putih ini adalah tentang extra fooding disini kita menggunakan extra fooding itu lebih tinggi daripada murai batu jenis lainnya atau murai batu jenis dubur coklat ya pada umumnya. jadi untuk jangkrik hariannya itu kalau saya bebas di itu menggunakan 10 pagi ke-10 sore jadi untuk murai batu ini itu biasanya itu mintanya rakus dengan extra fooding ya kita ikuti saja apa kemauan nya nanti kita bisa atur tingkat kebirahian nya misalkan dia birahi tinggi kita bisa atur dengan penjemuran dan juga pemandiannya itu untuk extra fooding jangkrik.untuk harian  kroto boleh kalian lakukan atau berikan satu minggu itu satu kali minimal.

    Inilah rawatan harian untuk khusus untuk murai batu jenis dubur putih menurut pengalaman saya silahkan kalian Mencoba Ya kali aja bermanfaat atau pas dengan burung kalian yang ada di rumah. oke silakan saling koreksi kalian tulis kolom komentar dibawah ini Tentunya pengalaman kalian masing-masing agar kita itu bisa saling belajar bersama di sini ya.

    Sekian dulu kita ketemu lagi di rawatan terbaru dari masterkicauan.com tentunya bila ada kata-kata saya yang kurang sopan saya mohon maaf, wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh Salam Kicaumania Nusantara.