Cara Melatih Burung Sogon Agar Memiliki Mental Bagus Dan Fighter.



    Halo sobat kicau Gimana kabarnya Semoga sehat selalu  kali ini saya ingin berbagi tips cara melatih burung sogon agar memiliki mental yang bagus dan juga Fighter cara ini bisa teman-teman terapkan pada burung bahan yang masih hijauan atau kepada burung sogon yang sudah dewasa atau sudah keluar metaliknya. namun sebelum ke proses perawatannya disini perlu saya ingatkan bahwa perawatan Ini Membutuhkan kesabaran yang ekstra jadi hasilnya tidak instan karena merawat burung itu membutuhkan proses itu. namun disini lebih saya sarankan kepada teman-teman agar memilih burung sogon dari ijoan atau dari yang masih muda Karena sogon ijoan burungnya itu lebih mudah beradaptasi dan nantinya ketika dewasa akan memiliki mental yang jauh lebih bagus Namun demikian bukan berarti burung sogon yang kita rawat dari dewasa tidak memiliki mental yang bagus, karena setiap burung itu memiliki karakter yang berbeda-beda namun tetap saja baik dari hijauan ataupun dewasa teman-teman harus melewati proses dan butuh kesabaran.

    Oke dan sekarang langsung saja ke tipsnya cara melatih burung sogon agar memiliki mental yang bagus sebagai berikut :

  • pertama adalah pengembunan pengembunan ini adalah wajib karena proses pengembunan ini untuk merangsang burung agar lebih cepat birahi teman-teman bisa lakukan pengembunan mulai pukul lima pagi.
  • Kemudian yang kedua adalah penjemuran untuk penjemuran ini saya rekomendasikan pada burung yang baru saja teman-teman dapatkan baik hijauan maupun dewasa ketika mendapatkan burung pertama kali seperti ini maka teman-teman lakukan penjemuran secara bertahap dua hari pertama lakukan penjemuran 30 menit kemudian di hari kedua naikkan penjemuran menjadi satu jam di hari keempat dan seterusnya teman-teman naikkan lagi durasi penjemuran menjadi dua jam lakukan setiap hari. kemudian untuk penjemuran sendiri bisa dilakukan mulai pukul tujuh pagi sampai dengan 9 pagi Jadi penjemuran cukup menggunakan matahari pagi.
  • kemudian yang ketiga adalah penempatan gantungan untuk gantungan sendiri usahakan burung sogon digantung berdekatan dengan burung yang lain, seperti burung sogon saya ini dari kecil atau dari hijauan sudah saya tempel dengan burung burung besar yang lainnya mulai dari burung ocehan hingga burung anggungan jadi teman-teman tidak usah khawatir karena ini adalah proses pembentukan mental apalagi burung masih muda teman-teman bisa tempel saja dengan burung yang ada di rumah baik burung kecil maupun besar. mulai dari burung Fighter seperti murai burung kacer cucak ijo sampai burung jalak dan juga burung anggungan seperti tekukur dan juga perkutut. tidak ada masalah teman-teman tempel saja pokoknya ini nantinya akan membuat burung beradaptasi dan akhirnya terbiasa dengan burung-burung besar dan ketika berbunyi juga tidak akan takut.
  • kemudian yang keempat ajak jalan-jalan untuk merangsang burung sogon ini agar mental fighternya keluar. teman-teman bisa ajak burung sogon nya jalan-jalan Contohnya seperti di kebun teman-teman bisa ajak di belakang rumah atau di kebun tetangga teman-teman enggak papa Intinya kita latih Sogon agar keluar dari zona nyamannya jika hariannya hanya dirumah saja maka kita bisa latih keluar rumah di sini sangat saya sarankan temen-temen pilih tempatnya itu yang banyak pohonnya apalagi jika di tempat tersebut masih terdapat Sogon liar itu sangat bagus untuk melatih mental nya teman-teman. bisa taruh saja burung sogon nya dibawah pohon kemudian setelah itu teman-teman bisa pancing menggunakan suara panggilan Sogon dengan jarak yang agak jauh dan volumenya tidak terlalu kencang ini sangat efektif untuk merangsang birahi burung sogon agar lebih cepat keluar fighternya. Kemudian untuk jalan-jalan ini bisa lakukan seminggu 2 atau 3 kali. 
  • kemudian yang kelima adalah dari faktor pakan faktor pakan ini juga sangat penting sekali untuk menunjang birahi dari burung sogon karena mental Burung sogon itu akan terbentuk jika dirinya sudah mencapai titik yang pas. untuk pakan harian sendiri teman-teman Bisa berikan nektar susu Dancow, nektar susu Dancow ini bisa dijadikan pakan hariannya jadi tidak perlu dirubah-rubah teman-teman bisa kasih ini setiap hari kemudian untuk cara pembuatannya nanti kita bahas di lain tulisan. Kemudian yang kedua adalah extra fooding untuk extra fooding ini usahakan wajib tersedia setiap hari untuk extra fooding sendiri teman-teman Bisa berikan ulat kandang ataupun kroto untuk latihan teman-teman bisa berikan satu sendok kecil kita berikan setiap hari namun jika burung tidak doyan ulat kandang maka teman-teman bisa berikan kroto. untuk kroto sendiri berikan 1 sendok teh setiap hari sampai burungnya sudah keluar birahi dan aktif berbunyi nanti teman-teman bisa turunkan porsi pemberian kroto nya menjadi satu minggu Dua kali atau tiga kali saja namun jika burung teman-teman belum mau makan kroto dan juga ulat kandang maka teman-teman bisa latih dulu untuk cara melatihnya sedikit-sedikit .
    Oke teman-teman jadi kurang lebih seperti itulah lima tahapan untuk melatih burung sogon semua proses tadi harus dilakukan secara konsisten dan juga membutuhkan kesabaran jadi memang tidak ada yang instan ya teman-teman apalagi merawat burung bahan itu harus ekstra sabar seperti punya saya ini sekitar 7-8 bulan. barulah burungnya memiliki mental yang sangat bagus seperti ini maka dari itu buat teman-teman silakan lakukan secara konsisten dan juga sabar tidak usah terburu-buru dan tidak usah diganti-ganti setelanya usahakan seperti itu saja setiap harinya sampai burungnya nanti memiliki mental yang bagus.

    oke teman-teman mungkin segini dulu Terima kasih ya udah membaca sampai habis semoga tulisan ini dapat memberikan manfaat edukasi dan juga informasi untuk teman-teman semuanya sampai jumpa di tulisan selanjutnya dan salam kicau mania.