Memahami Karakter Cucak Ijo


     Salam Jamtrok Mania Semua yang ada di nusantara dan belahan dunia hehehe, gimana kabarnya admin harap sehat selalu walau dengan kondisi apapun. mungkin para suhu-suhu sudah paham cara memahami karakter cucak ijo miliknya dan sudah paham bagai mana mengatasi kalau cucak ijo miliknya itu lagi ngadat dan lagi kurang on.

    Mungkin Untuk para pemula agak bingung dan agak susah dalam melihat karakter burung, burung maunya apa dan harus di apain? mungkin banyak para pemula banyak yang menanyakan orang kesana kemari segala hal sudah di coba dan tetep gagal terus, tanya lagi ke orang lain masih sama gagal juga.

Dalam hal ini memang agak sulit admin pun pernah mengalami seperti itu, sampe pusing sudah di kasih ini itu tapi hasilnya tetep nihil yang ada burung malah tambah drop dan ga mau bunyi :D

ini lah pentingnya para jamtrok mania untuk melihat karakter burung agar selalu on saat di bawa ke tempat lomba dan membanggakan pemiliknya hehehe, kata orang dulu mah kuncinya sabar tlaten sama konsisten :D
sudah curhatnya admin malah baper kaya gini hehe langsung aja simak penjelasanya.

  • Mungkin untuk pertama para jamtrok mania harus melihat tingkah laku burung dulu dari satu minggu sampe satu bulan agar kita liat kebiasaan burung berkicau tingkahnya seperti apa,agar kalau ada ganjalan biar kita bisa mengatasi solusinya.
  • Burung berkicau akan tetapi sering lompat-lompat atau tidak tenang naik turun saat berkicau ada dua kemungkinan, yang pertama bawaan atau karakter, yang kedua plangkringan yang di gunakan tidak pas atau tidak sesuai dengan kaki. untuk mengatasi karakter bawaan lahir sedikit susah, yang penting saat di lomba tidak ngeruji cuma naik plangkringan biasanya harian sering di krodong. untuk solusi yang kedua mungkin jamtrok mania tinggal ganti plangkringan yang lebih kecil agar di kaki burung lebih nyaman dan nagen saat di lomba.
  • Terus karakter burung yang suka turun di karpet solusinya mungkin kita harus ganti warna karpet itu. karpet burungkan ada dua warna tuh hitam sama merah, untuk kebiasaan yang hitam kita tinggal balik jadi warna merah jika masih sering turun juga cari karpet yang bergambar biasanya bergambar bola-bola. tinggal kita liat gerak gerik burung setiap hari.
  • Berikutnya burung yang suka nabrak ruji mungkin burung overbirahi atau burung tidak sesuai dengan warna kadang yang dia pakai, untuk yang pertama mungkin solusinya kita turunkan birahinya seperti sering mandi, ef di pangkas, dan buah cuma pepaya. untuk solusi yang kedua tidak sesuai kandang anda bisa mengganti warna kandang dan besar kecilnya kandang agar burung nyaman dan on saat di lombakan kerjanya tidak nakal.

    Mungkin tips dari saya seperti itu bila anda mempunyai masalah karakter lain yang tidak saya sebutkan bisa komen di kolom komentar. kalau bisa saya jawab nanti saya jawab, kalau tidak bisa saya jawab mungkin kita berdoa bareng hehehe tapi tetep akan saya usahakan jawab banyak suhu-suhu yang penting kita yakin. salam satu hobi.